KOTA INI ISINYA CEWEK SEMUA!! 5 Kota Dan Desa Yang Hanya Dihuni Wanita

Pernah nggak terpikirkan bahwa ada tempat di bumi ini yang hanya di huni oleh wanita? Kayaknya gak mungkin ya? Tapi konon kabarnya memang ada loh. Penasaran dimana surga2 para pria ini? Haha. kali ini kita akan membahas tentang 5 kota dan desa yang hanya dihuni oleh wanita.
Kota Noiva do Cordeiro, Brazil 
Noiva do Cordeiro sangat populer dengan sebutan kota tanpa pria. Ada sekitar 600 wanita dengan rentan usia antara 20 hingga 35 tahun di kota di tenggara Brazil ini. Para pria dewasa (umur 18 tahun ke atas) diminta melakukan urusan mereka jauh dari rumah, hanya boleh kembali di akhir pekan saja. Semua urusan kota sepenuhnya dijalankan para wanita. mereka percaya dengan begitu, kota lebih teratur, cantik, dan lebih tentram. tak ada halangan bagi mereka untuk menikah, tetapi para pria harus siap dengan segala aturan mutlak yang berlaku.

Desa Umoja, kenya
Umoja adalah sebuah desa kecil yang terletak tidak jauh dari Kota Nairobi, Kenya. Di dalamnya hanya berisikan kaum wanita saja tanpa ada pria satu pun. Desa kecil ini didirikan oleh seorang wanita bernama Rebecca Lolosoli pada tahun 1990 yang sangat menentang keras dengan sistem patriarkal. Umoja benar-benar melarang kehadiran laki-laki. Bahkan tidak hanya sebagai tempat para wanita yang menghindari sistem patriarkal saja, Umoja juga menjadi desa yang sering digunakan sebagai pelarian para wanita yang hamil atau dipaksa menikah.

Sakaka, Arab Saudi
Mirip seperti kota tanpa pria di Brazil, sebuah desa kecil yang terletak di pinggiran Kota Skaka (Sakaka), Provinsi Al Jawf bagian barat arab saudi ini hanya ditinggali wanita saja guys. Pasalnya, Arab Saudi sangat tegas dalam menjaga wanita dan pria yang belum menikah. Aturannya juga lebih ketat, mereka harus menjaga aturan agama dan dilarang membawa masuk budaya asing. Bahkan perempuan dilarang berpakaian modis, berperilaku tomboi, menggunakan kamera, ponsel, dan internet. Setiap perempuan yang melanggar akan mendapat sanksi berat bahkan sampai diusir dari sakaka.

Suku Mosuo, Danau Lugu, China 
Sebuah wilayah terpencil di Cina tepatnya disekitar Danau Lagu, Ada sebuah desa yang dihuni oleh Suku Mosuo, dimana peran kaum wanita di desa tersebut berbanding terbalik dengan pria. Kawasan Danau Lugu di barat daya Cina didiami suku Mosuo yang terkenal dengan kekuasaan perempuan. Di sana perempuanlah yang bekerja mencari nafkah, sedangkan pria menjalankan tugas seperti ibu rumah tangga. Suku ini juga punya tradisi ‘Walking Marriage’, yakni ikatan tanpa status, tanpa pernikahan. Ini terjadi karena dulu wanita sakit hati ditinggal suaminya yang melakukan perjalanan jauh.

Suku Khasi, Meghalaya, India 
Di suatu kawasan terpencil di negara bagian Meghalaya, India, terdapat suatu desa yang ditinggali Suku Khasi. Meskipun diperbolehkan adanya pria, tapi perlakuannya akan sangat berbeda. Jika ada kelahiran perempuan akan ada perayaan khusus sedangkan jika bayinya laki-laki maka tidak ada perayaan apapun. Sebuah keluarga bahkan diharuskan mengadopsi anak perempuan jika mereka tak punya anak perempuan. Para pria di kota ini tidak diperbolehkan mewarisi harta kekayaan juga dalam hal kekuasaan. Justru sebaliknya, perempuan lah yang berhak atas harta, nama marga, serta kekuasaan. Nah itu tadi liputan tentang 5 kota dan desa yang hanya di huni oleh wanita. 

TAG