INILAH MERCUSUAR PALING BERBAHAYA DI DUNIA

Mercusuar atau disebut menara suar adalah sebuah bangunan menara dengan sumber cahaya di puncaknya untuk membantu navigasi kapal laut. Sumber cahaya yang digunakan pun beragam mulai dari lampu sampai lensa. Karena saat ini navigasi kapal laut telah berkembang pesat dengan bantuan GPS, jumlah mercusuar di dunia telah merosot menjadi berkurang. Akan tetapi bangunan kuno ini masih berdiri tegak di beberapa wilayah di dunia. Bahkan sejumlah mercusuar ini masuk dalam kategori mercusuar paling berbahaya di dunia. Ini dia 6 Deretan Mercusuar Paling Berbahaya di Dunia

1. Phare La Jument, Prancis 

Bagian garis pantai Brittany, Prancis, merupakan salah satu lautan yang paling berbahaya di Eropa. Badai sering terjadi disini, gelombang besar dan arus yang kuat selalu hadir hampir setiap hari. Antara tahun 1888 sampai 1904, lebih dari tiga puluh kapal hilang di wilayah ini. Akibatnya banyak pembangunan mercusuar untuk memberikan sinyal pada kapal-kapal di tahun itu.

Salah satu mercusuar yang berdiri kokoh ditengah amukan gelombang ganas yakni Phare La Jument. Mercusuar ini dibangun di abad 20 tepatnya pada 1904 dan diresmikan pada 1911. La Jument dibangun dengan tinggi 300 di atas pulau Ushant. Mercusuar ini kemudian tercatat sebagai mercusuar paling berbahaya di dunia.

Tidak hanya itu, Pada tanggal 21 Desember 1989 lalu, seorang fotografer bernama Jean Guichard secara tidak sengaja memotret Theodore Malgorn yang merupakan penjaga mercusuar. Sang fotografer saat itu datang menggunakan helikopter tepatnya pada saat gelombang besar terjadi yakni mencapai ketinggian dari 20 hingga 30 meter. Malgorn menyangka helikopter itu adalah helikopter tim penyelamat. Ia pun bergegas untuk membuka pintu. Tetapi dugaan ia itu salah dan membuat Malgorn terpaksa harus kembali bersembunyi di ruang lampu penyorot sembari menunggu datangnya kru penyelamat. Bayangkan saja bila kalian yang di posisi seperti itu, pasti serem banget yaa

 

2. Eddystone, Inggris

Mercusuar Eddystone adalah mercusuar yang terletak di lokasi berbahaya yakni Batu Eddystone. Bebatuan tempat berdirinya menara suar tersebut terendam di bawah permukaan laut. Mercusuar ini telah dibangun dan diperbaiki beberapa kali akibat lampu mercusuar yang terbakar dan fondasi yang longgar akibat terjangan ombak ganas. Pembangunan pertamanya pada 1699 silam sehingga menjadi mercusuar laut terbuka pertama di dunia. 

Pada 1703 silam, telah terjadi badai besar yang membuat penjaga Winstanley dan lima rekannya dikabarkan menghilang. Sebelumnya mercusuar ini dibangun tiga menara. Namun sayangnya, kedua menaranya harus dihancukan lantaran mengalami erosi.


3. Phare De Kereon, Prancis

Sama terkenalnya dengan mercusuar Le Jument, Phare De Kereon berada di Ushant, Prancis. Phare de Kereon terkenal bahkan ketika masih dibangun Tahun 1907 hingga 1916 dan dijuluki istana. Hal ini karena banyaknya hiasan interior yang memungkinkan penjaganya bisa hidup nyaman selama berada di sana.

Phare De Kereon juga tak lepas dari terjangan ombak ganas. Bahkan lokasi itu disebut sebagai "neraka" karena saking berbahayanya. Maka dari itu, sejak tahun 2004 mercusuar yang dibangun pada 1907 hingga 1916 ini sepenuhnya difungsikan secara otomatis karena mengingat risiko besar yang dapat membahayakan hidup penjaga bila ombak ganas terus menerjang.


4. La Corbiere, Channel Islands

Mercusuar La Corbière merupakan menara suar yang berada di Channel Islands, tepatnya berada paling selatan di Kepulauan Inggris. La Corbière berada di perairan yang kerap pasang surut secara ekstrem yakni di sekitar pantai Jersey. Pantai ini dikenal berbahaya untuk navigasi. Maka dari itu tak heran jika La Corbière telah menjadi tempat banyak bangkai kapal. 

Pasang surut yang ekstrem ini membuat lokasinya begitu berbahaya. Saat surut, beberapa orang bisa berjalan di tepian batu yang indah, namun saat pasang kenaikan air laut bisa sampai 12 meter. Tidak hanya itu saja, Di dekat mercusuar terdapat sebuah batu penghormatan seorang asisten penjaga mercusuar, Peter Larbalestier. Ia tenggelam ketika mencoba menyelamatkan seorang pengunjung yang terputus oleh arus pada 28 Mei 1946.


5. st. Joseph, Michigan, Amerika Serikat

Pada awal tahun 1830-an, lokasi Sungai St. Joseph membuat daerah ini penting untuk pengiriman barang. Awal kemunculan mercusuar ini adalah dari rumah seorang warga setempat yang menggantungkan lampu di jendela rumah mereka untuk pertanda bagi para kapal untuk menuju ke pelabuhan tersebut. Kemudian dibangunlah dermaga kayu memanjang ke Danau Michigan sebagai mercusuar pada 1832.

Alasan mengapa mercusuar ini dikatakan sebagai mercusuar paling berbahaya lantaran lokasinya yang kerap diterjang badai salju. Saat salju menerjang, mercusuar ini bisa tertutupi seluruhnya oleh salju yang membuatnya membeku. Meski terlihat begitu indah dan cantik bak istana di negeri dongeng, namun jika terperangkap di dalamnya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa keluar. Tidak hanya itu saja, suhu udara di mercusuar yang ada di Danau Michigan tersebut bisa mencapai jauh dibawah nol derajat. 


6. Frozen Cleveland Lighthouse, Ohio, Amerika 

Salah satu mercusuar di Ohio, Amerika ini masuk dalam kategori mercusuar paling berbahaya di dunia. Dibangun pada tahun 1911, mercusuar ini telah kosong sejak tahun 1965 dan sudah dipasang alat otomatis. Uniknya, selama 105 tahun berdiri, mercusuar ini sedikit semakin condong ke arah kanan. Para peneliti percaya hal itu lantaran Frozen Cleveland Lighthouse terlalu sering diterpa badai dari Danau Erie.

Mercusuar ini biasa disebut dengan Frozen Cleveland Lighthouse. Sesuai namanya, mercusuar yang berada di Danau Erie ini sangat sering membeku. Hal itu terjadi karena Danau Erie merupakan danau yang sering terjadi fenomena cuaca luar biasa extream. Kejadian itu dimulai selama musim dingin 2010 silam. Ketika mercusuar itu disembur berkali-kali dengan air dari danau yang sangat digin sehingga membeku menjadi patung raksasa. Bahkan penampakan mercusuar yang dibalut tebalnya lapisan es tersebut membuat banyak orang berkunjung dari seluruh dunia. Nah itu dia 6 deretan mercusuar paling berbahaya di dunia. kalian berani kesini gak guys haha? 

TAG