5 Ledakan Ujicoba Bom Nuklir Yang Berakhir Fatal

1. Starfish Prime
Starfish Prime adalah uji coba tes nuklir terbesar yang dilakukan di luar angkasa dan satu dari lima uji coba yang dilakukan oleh AS di luar angkasa.

Nuklir tersebut dibawa oleh Roket Thor dengan hulu ledak termonuklir dan sebuah Mk. 2 yang diluncurkan tanggal 9 juli dari Pulau Johnston di Samudra Pasifik. Ledakan terjadi di ketinggian 400 kmbarat daya Pulau Johnston. Yang  menghasilkan setara dengan ledakan 1,4 megaton TNT. Ledakan ini bahkan terlihat dari kejauhan sampai dengan jarak 1500 km 

Hasil ujicoba ini ternyata sangat jauh diluar dugaan, ledakan nuklir ini menghasilkan gelombang elektromagnetik yang jauh lebih besar dari yang diperkirakan yang menyebabkan pemadaman total diseluruh Hawaii, komunikasi di hawai lumpuh total, sirine pencuri berbunyi dan kerusakan parak di pabrik microwave.
Ledakan ini menyebabkan kerusakan hamper sepertiga satelit yang telah mengorbit. Efeklain dari ledakan ini menimbulkan muculnya sinar aurora dan awan tebal yang tiddak hilang dalam waktu lama.



2. Operation Plumbbob
Operasi Plumbbob merupakan serangkaian uji coba nuklir yang dilakukan antara 28 mei sampai dengan 7 oktober 1957. Uji nukli ini merupakan pengujian paling kontroversial didunia karena paling besar dan paling panjang yang pernah ada.
Peledakan bom dilakukan di Nevada amerika serikat.

Ledakan tes nuklir ini menghamburkan 58,300 kilocuries radioiodine ke atmosphere dan menyebabkan 120 juta orang terpapar radiasi.  Hasil paparan tersebut warga sipil terkena kanker tiroid dan menyebabkan 20 ribu orang meninggal dulia.

Tidak hanya itu, ledakan tersebut mengenai 3000 prajurit saat sedang bertugas menjaga uji coba tes nuklir ini. Para prajurit tersebut terpapar radiasi dalam jumlah tinggi dan sebagian besar dari mereka meninggal akibat terkena leukemia.

3. Chagan
Chagan merupakan uji coba nuklir yang dilakukan oleh unisoviel, uji coba ini dilakukan sebagai tujuan pemindahan bumi seperti pembuatan danau, pelabuhan atau kanal. 
Chagan adalah tes pertama yang dilakukan dengan menggunakan 140 kiloton TNT. Peledakan dilakukan di dareah kering di dekat sungai chagan.
Hasil dari ledakan ini dihasilkan danau dengan diameter 408 m dan kedalaman 100 m, akan tetapi uni soviet melupakan satu hal penting akibat efek nuklir yaitu radiasi. Hingga saat ini danau tersebut masih mengandung radiasi nuklir.
4. Storax Sedan
Storax sedan adalah ujicoba nuklir yang dilakukan di bawah tanah oleh amerika di daerah Nevada pada 6 juli tahun 1962. Tujuan dari peledakan nuklir ini adalah riset penggunaan nuklir untuk keperluan pertambangan, pembuatan kawah dan riset sipil lainnya.
Ledakan nukli ini setara dengan 104 Kiloton TNT yang menghasilkan ledakan didalam tanah setara dengan 4,7 skala richter gempa bumi. Ledakan ini mengangkat 11 ribu ton tanah dalam bumi. Ledakan ini menimbulkan 2 aliran gelobang sejauh 3 dan 4 kilometer. Ledakan ini menyebabkan terbentuknya awan yang mengandung radiasi yang terbang sejauh 1000 km yang menghantam iowa, Illinois, Nebraska dan Dakota.

Ledakan ini menghasilkan sebuat kawah raksasa dengan diameter 390 meter dan kedalaman 100 meter. Dan menjadikannya sebagai salah satu kawah terbesar didunia yang pernah diciptakan manusia sepanjang sejarah.

5. Trinity
 Trinity adalah uji coba nuklir bom atom selama Proyek Manhattan. Peledakan itu dilakukan di Alamogordo (New Mexico), pada tanggal 16 Juli 1945. Berat bom tersebut 19 kiloton (80 terajoule) dan merupakan peledakan bom atom pertama. Bom tersebut bermuatan plutonium. 
Yang  daya ledaknya setara dengan 19 kiloton TNT. Ledakan itu meninggalkan kawah sedalam 3 m dan selebar 330 m. Awan jamur membesar setinggi 16.000 m, dan gelombang kejutnya dapat dirasakan 160 kilometer jauhnya.

Kawah tersebut melumerkan pasir gurun dan mengubahnya menjadi lapisan kaca hijau tipis, yang disebut trinitit. Kawah tersebut segera terisi kembali, dan sekarang daerah ini dilindungi. Di tempat peledakan itu didirikan tugu setinggi 3,65 m. Kawasan ini masih mengandung unsur radioaktif.

Setelah uji coba dilaksanakan bomtersebut digunakan pada perang sesungguhnya yaitu untuk meledakan kota nagasaki dan Hiroshima pada bulan agustus 1945 yang menyebabkan 129 ribu jiwa meninggal dan tercatat sebagai penggunaan bom atom pertama kalinya dalam sejarah.

TAG