7 Seni Jalanan yang Mengagumkan

Membuat karya seni memang bisa dilakukan dalam media apapun. Oleh karena itu, banyak seniman terkenal di dunia kerap menciptakan karya seni dengan media yang tak terduga. Contohnya lukisan bergaya 3D yang dibuat di atas 'kanvas' jalan. Lukisan 3D Street merupakan seni melukis jalanan dengan gaya 3 dimensi sehingga terlihat sangat nyata. Meski medianya luas, para seniman ini membuat karya lukisan ilusi yang nyaris sempurna. Gambar yang dihasilkan seolah-olah tampak nyata dan mengagumkan. Selamat datang di channelterbaik.com dan kali ini kita akan membahas tentang 7 Seni Jalanan yang Mengagumkan.


1. The Crevasse
Proyek Street Art 3D berukuran besar ini dibuat pada saat Festival Budaya Dunia tanggal 21- 24 Agustus 2008 di Don Laoghaire Irlandia. Tema lukisan yang diusung adalah keadaan zaman es yang dramatis. Mereka membuat seolah-olah bongkahan es yang mereka pijak runtuh kebawah dan menjadi sebuah lubang yang besar. Tapi, tentu saja keadaan tersebut tidak benar-benar nyata. Mereka hanyal sebuah ilusi optik raksasa yang dibuat oleh seniman terkenal Jerman Edgar Mueller. Proyek ini juga didukung oleh Lembaga Jerman Goethe. Lukisan 3D Street ini membentang luas lebih dari 250 meter persegi.

2. Lava Burst
Lukisan jalanan yang sangat besar ini bertema ledakan lava yang dibuat pada saat ulang tahun ke 30 festival lukisan internasional di Geldern Jerman bulan Agustus 2008. Butuh tim seniman profesional untuk menyelesaikan lukisan ini. mereka bekerja selama 12 jam sehari, dan selesai dalam lima hari. Gambar ini seluas 250 meter persegi dan berbentuk seperti ceruk, jika dilihat dari sudut pandang yang benar. Mereka kemudian membujuk orang yang lewat untuk melakukan ilusi dengan berpura-pura lubang menganga itu nyata.

3. Where do I Go
Kali ini pelukis kenamaan Edgar diundang oleh pemerintah Nayarit untuk melukis di sebuah “City of Art” baru. Tema dari proyek seni ini adalah Unconditional Love atau Cinta Tanpa Syarat. Edgar Mueller kemudian membuat sebuah 3D Street Art yang diberinama “Where di I go?”. Lukisan ini menggambarkan perasaanya bahwa kemanakah Ia harus pergi. Lukisan ini terletak di daerah Tepic, Nayarit, Meksiko yang di buat pada bulan Desember tahun 2010 lalu.

4. Mysterious Caves in London
Lukisan ini juga di buat oleh Edgar Mueller. Edgar membuat lukisan tentang goa misterius di Eropa yang terinspirasi dari referensi Para ilmuwan telah bingung dengan munculnya sebuah gua misterius di West India Quay, London. Dipercaya bahwa sebuah gempa ringan menemukan gua yang diperkirakan berumur lebih dari 10 juta tahun, namun para ilmuwan tidak dapat menjelaskan teka-teki cahaya terang lampu hijau yang dipancarkan dari kedalaman goa tersebut. Dari hal itulah, Edgar terinspirasi untuk membuatnya menjadi sebuah lukisan mengagumkan di jalanan kota London. Ia menghabiskan waktu 60 jam bekerja untuk menyelesaikan lukisan ini.

5. Phoenix
Lukisan yang bertema air membentuk burung elang ini ditampilkan pada sebuah even ArtPrize di Amerika. Lukisan burung ilang ini dibuat seolah-olang burung tersebut muncul dari dalam air dan terbang keangsa dengan gagahnya. Semua lukisan-lukisan yang ada di ArtPrize adalah tentang transformasi Bumi, Kehidupan dan Konflik Dunia.

6.  The Tree
Lukisan bertema pohon ini dibuat pada akhir Agustus tahun 2011 pada even budaya terbesar Skandinavia, Aarhus di Denmark. Pembuatan lukisan ini banyak terkendala oleh cuaca yang berubah-ubah, apalagi saat hujan proses pembuatan jadi semangkin sulit. Proyek seni ini bertemakan 3D Pavement Art dan berslogan 'Beautiful Mistakes'. Maka di buatlah lukisan pohon ini yang sesuai dengan slogan tersebut.

7. Duality
Pembuatan lukisan di Moskow ini terjadi ada saat bencana kebakaran hutan dan gambut disana. Meski sulit dengan kondisi udaranya, Edgar tetap melukis yang bahkan awalnya Ia diminta untuk melukis di dalam pusat perbelanjaan namun Ia memilih untuk keluar karena Ia adalah pelukis jalanan. Seri proyek ini adalah Cinta Tanpa Syarat. Lukisan ini dibuat pada Agustus tahun 2010 di jalanan Teplistan Kota Moskow.

Demikianlah liputan tentang 7 Seni Jalanan yang Mengagumkan.
Bagaimana menurut anda? silahkan tinggalkan komentar di bawah.
Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa lagi.
TAG