6 Spesies Hewan Teraneh yang Baru di Temukan di Indonesia



Indonesia memang terkenal dengan flora dan faunanya yang melimpah. Hingga saat ini para peneliti dan ilmuan juga masih mencari spesies-spesies tumbuhan dan hewan baru yang ada di seluruh hutan Indonesia. Dan dari sekian banyak flora serta fauna tersebut, telah ditemukan beberapa jenis hewan baru yang aneh hidup di pedalaman hutan. Selamat datang di channelterbaik.com dan kali ini kita akan membahas tentang 6 Spesies Hewan Teraneh yang Baru di Temukan di Indonesia.


Hiu Berkaki
Penemuan hewan baru dari Indonesia yang pertama ditemukan di dekat Pulau Halmahera. Hewan ini adalah seekor ikan hiu dengan model sirip seperti kaki. Hiu berkaki ini pertama kali ditemukan oleh seorang penyelam asal Inggris bernama Graham Abbott pada tahun 2007. Hiu ini tidak berenang dengan mengayunkan siripnya, melainkan berjalan seperti hewan darat dengan sirip-kakinya. Hal lain yang membedakan hiu jenis ini dengan hiu biasa adalah warnanya. Hiu berkaki memiliki bintik warna hitam-putih, dan mereka juga lebih jinak. Penemuan hiu baru inipun diberi nama Hemiscyllium halmahera.

Katak Pinokio
Sesuai dengan namanya, penemuan jenis katak terbaru ini memiliki moncong panjang persis seperti hidung Pinokio. Katak aneh ini ditemukan di Pegunungan Foja, pulau Papua pada tahun 2008 silam. Namun hanya katak jantan sajalah yang memiliki keistimewaan ini, sedangkan katak betina tidak seperti itu. Moncong tersebut hanya akan memanjang saat katak ini mengeluarkan suara dan juga berfungsi sebagai kamuflase untuk menghindari pemangsa.

Burung Hantu dengan Kicauan Unik
Pada tahun 2003 ditemukan spesies baru dari jenis burung hantu di Pulau Lombok. Awalnya para ilmuwan tidak menyadari keunikan dari burung hantu ini. Namun saat burung tersebut berkicau, barulah mereka menyadari jika kicauannya terdengar tidak seperti burung hantu pada umumnya. Burung Hantu Lombok ini bernama ilmiah Otus magicus. Makhluk malam ini ditetapkan sebagai burung hantu dengan suara berbeda dari burung hantu manapun yang ada di dunia. 

Burung Honeyeater
Satu lagi jenis burung aneh yang baru ditemuka di Indonesia pada Desember 2005 di pegunungan Foja, yaitu burung Honeyeater. Burung ini adalah salah satu spesies burung pemakan madu. Yang membuatnya aneh dan lagkah yaitu cara berjalannya serta bagian kulit wajahnya yang berwarna merah keoranyean di sekitar mata. Burung honeyeater ini merupakan jenis dari wattled smoky. Keunikan lainnya dari burung ini Ialah, warna wajahnya yang dapat berubah-ubah dari merah ke kuning atau kuning ke merah.

Tawon Megalara Garuda (Rajanya Tawon)
Pada tahun 2011, para ilmuwan berhasil menemukan spesies tawon monster di kedalaman Pegunungan Mekongga, Sulawesi. Tawon ini memiliki panjang dua inci dengan sungut yang hampir sama besarnya dengan kaki depannya. Tidak hanya berpenampilan seram, jenis tawon ini juga sangat beracun dan terancam punah. Para lmuwan akhirnya mendeskripsikan tawon itu sebagai spesies baru, bernama Megalara garuda

Ular Serigala
Hewan terakhir yang baru ditemukan di Indonesia adalah ular serigala. Ular ini memiliki warna hitam-putih dan ditemukan di Aceh. Ular ini kemudian diberi nama ilmiah Lycodon sidiki. Nama Lycodon sidiki sendiri diambil dari nama peneliti reptil senior LIPI, yaitu Irvan Sidik. Ular ini termasuk ular yang tidak berbisa, namun tetap memiliki taring yang panjang dan juga tajam seperti ular berbisa. Panjang tubuhnya sekitar 71 sentimeter dengan kulit hitam dan lingkaran-lingkaran putih di sekujur badan.

Demikianlah liputan tentang 6 Spesies Hewan Teraneh yang Baru di Temukan di Indonesia.
Bagaimana menurut anda? silahkan tinggalkan komentar di bawah.
Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa lagi.
TAG