7 SUPERHERO PLAGIAT ATAU SERUPA

Sejak hampir satu abad yang lalu, DC comic dan marvel terus berlomba sebagai penguasa jagat comic maupun film. Kebanyakan karakter yang mereka ciptakan merupakan tokoh superhero yang disukai anak-anak. Rivalitas DC komik dan marvel begitu terasa, dimana ketika salah satu mengeluarkan seorang super hero, maka yang juga mengeluarkan karakter super hero tandingan. Namun terkadang karakter tersebut sangat mirip bahkan dibilang sama, baik dari penampilan maupun kemampuan super. Entah apakah kedua perusahaan tersebut memang saling plagiat untuk menjatuhkan lawan atau memang tidak sengaja memiliki kesamaan ide.

Deadpool VS Deathstroke.
Deadpool adalah superhero keluaran marvel yang pertama kali muncul tahun 1991. Sementara deathstroke merupakan superhero DC Comic yang komik pertamanya juga dirilis tahun 1991. Keduanya tercipta sama-sama dari hasil experiment rahasia. Deadpool dan death stroke memiliki kelebihan yang sama dalam hal kecepatan dan kemapuan menyembuhkan diri. Dan kedua tokoh ini memiliki desain kostum yang sangat mirip. Desain kostum meraka berupa baju ketat dan topeng yang menutupi muka. Yang membedakan kostum mereka adalah warna, deadpool merah hitam dan deathstroke kuning biru. Senjata merekapun sama yaitu senapan dan pedang

Aquaman VS Namor
Aquaman merupakan superhero andalan DC comic yang pertama dirils tahun 1941. Sementara Namor adalah tokoh andalan dari marvel superheroes yang pertama kali dirilis tahun 1939. Aquaman dan Namor keduanya merupakan manusia yang berasal dari atlantis atau negeri yang hilang. Mereka sama-sama memiliki kemampuan mampu hidup didalam air. Aquaman dan Namor sama-sama menggunakan sebuah tongkat sebagai senjata. Desain kostum kotum keduanya juga sangat mirip.

Dr. Fate vs Dr. Strange.
Dokter fate adalah tokoh keluaran DC Comic yang dirilis pertama kali tahun 1940. Sementara dr. strange adalah tokoh tandingan dari marvel superheroes yang pertama kali dirilis tahun 1968. Doctor fate merupakan seorang penyihir yang memperoleh kekuatan dari makhluk gaib. Dr. strange adalah seorang dokter bedah yang memiliki kekuatan sihir yang berasal dari seorang guru yang juga seorang penyihir. Doctor fate dan dotor strange sama sama mengenakan kostum berupa jubah panjang. Hanya saja doctor fate menggunakan helm semantara dr strange tidak. Kedua doctor tersebut sama-sama memiliki kemampuan telekinesis. Perbedaan kekuatannya adalah, doctor fate mampu terbang sementara doctor strange mampu memutar balikkan waktu.

Green Arrow VS Hawk Eye
Green arrow adalah superhero keluaran DC comic yang pertama dirilis tahun 1940. Hawkeye dirilis Marel comic pada tahun 1964. Baik Green arrow maupun hawk eye keduanya memiliki senjata yang sama yaitu panah. Mereka sama-sama tidak memiliki kekuatan super maupun bela diri yang baik. Keduanya sama-sama ahli panahan dengan kostum yang sama-sama mengenakan topeng. Keduanya juga sama sama tergabung dalam kelompok superheroes. Green arrows tergabung dalam juctice league sementara hawkeye di the avengers.

Antman vs Atom
Antman diciptakan oleh stan lee dan dirilis marvel pada tahun 1962,. Sementara atom diciptakan oleh Julius schawtrz pada tahun 1961. Kedua karakter ini memiliki kemampuan yang sama yaitu menyusutkan diri dengan ukuran mikroskopis. Antman menggunakan sebuah kostum untuk menyusutkan diri. Sementara atom menggunakan sebuah lensa dwarf star untuk mengecilkan tubuh hingga ukuran yang dinginkan. Keduanya sama-sama mengenakan kostum untuk dengan warna dasar yang sama yaitu merah kombinasi biru.

Captain America VS Citizen Steel
Captain amerika diciptakan oleh jack Kirby dan dirilis oleh marvel pada tahun 1941. Citizen steel atau dikenal juga dengan nama commander steel diciptakan Gerry Conway dan dirilis DC comic pada tahun 1939. Kedua karakter dikisahkan hidup pada jaman yang sama yaitu di era perang dunia ke 2. Captain America dengan tokoh steve roger merupakan seorang tentara angkatan darat yang disuntik serum yang menjadikannya sebagai manusia super . Sedangkan citizen steel dengan tokoh henry Heywood adalah seorang tentara angkatan laut. Sebagian tubuhnya hancur saat perang di operasi dengan penggantian bebarap bagian tubuh dengan teknologi metal yang menjadikannya tentara berkekuatan super. Keduanya memiliki kostum yang sama-sama bertema bendera amerika. Keduanya juga memiliki lambing bintang didada dan memiliki warna dasar kostum sama yaitu merah biru.

Ghost Rider VS Atomic Skull
Ghost rider atau dikenal juga dengan phantom rider pertama diteritkan oleh marvel tahun 1972. Sedangkan atomic skull pertama kali diril oleh DC comic pada tahun 1976. Ghost rider mendapatkan kekuatan super hasil dari perjanjiannya dengan setan. Sementara atomic skull mendapatkan kekuatan hasil dari ledakan bom dominator. Keduanya memiliku penampilan fisik yang sangat mirip dimana keduanya sama-sama memiliki kepala tengkorak yang menyala. Kepala ghost rider tengkorak dengan nyala api neraka sementara atomic skull memiliki kepala tengkorak karena nyala atomic. Keduanya memiliki kemampuan super berupa kebal senjata dan tidak dapat dihancurkan. Bahkan bisa dibilang keduanya immortal.

Itulah tadi 7 super hero yang serupa dari marvel dan DC comic. Apakah menurut kalian saling tiru atau hanya kebetulan? Silahkan komentar pendapat kalian dibawah. Terima kasih dan sampai jumpa lagi.
TAG