5 Alasan Manusia Pindah Mars

Pernah gak kalian berpikir tentang keberadaan tempat yang dapat di huni oleh manusia selain bumi? Menurut beberapa sumber, sebenarnya jika harus memilih planet pengganti bumi, mungkin jawabannya yang paling mungkin adalah di planet mars. Kok bisa ya? Biar gak penasaran yuk kita simak barangkali habis ini kalian bisa mutasi kesana ya haha. Selamat datang di channelterbaik.com dan kali ini kita akan membahas tentang 5 alasan manusia bisa pindah dan tinggal di planet mars.
Memiliki 4 musim
Seperti Bumi, Mars memiliki empat musim. Namun tidak seperti Bumi yang satu musim berdurasi 3 bulan, di Mars, durasinya bergantung belahan Mars mana. Satu tahun di Mars lamanya sekitar 687 hari. Di Mars bagian utara, musim semi berjalan 7 bulan, musim panas 6 bulan, musim gugur 5,3 bulan, serta musim dingin 4 bulan. Temperatur per musimnya pun berbeda di tiap belahan. Seperti di bagian utara, musim panas pun bisa sangat dingin hinga minum 20 derajat Celcius. Di Mars belahan bawah, temperatur sekitar 30 derajat Celcius layaknya di negara tropis seperti Tanah Air. Perbedaan temperatur ekstrem di Mars ini membuat sering ada badai di Planet Merah tersebut.

Memiliki kutub
Mars juga memiliki kutub putih. Tapi kutub di Mars jauh lebih kecil dan lebih tipis, sehingga kutub dapat tumbuh dengan cepat di musim dingin dan hampir menghilang di musim panas. Kutub di mars jauh lebih dingin dari kutub di Bumi, sehingga kutub di mars mengandung karbon dioksida beku ('es kering') serta air es.

Keberadaan Aurora
Cahaya warna-warni yang biasa kita lihat di belahan utara Bumi, aurora, ternyata tidak eksklusif hanya terdapat di Bumi. Ternyata, aurora bisa muncul di planet manapun jika kondisi alamnya pas. Begitu pun di Mars. Meski demikian, aurora di Mars terdiri dari cahaya ultraviolet yang tak bisa dinikmati indahnya oleh mata manusia.

Jumlah waktu yang hampir sama
Satu hari merupakan hitungan dari berapa lama sebuah planet berputar pada porosnya atau disebut rotasi. Secara teori, jika sebuah planet mengitari matahari (revolusi) lebih lama, waktu rotasinya pun lebih lama.Jika waktu rotasi Bumi adalah 24 jam, di Mars hanya sedikit lebih panjang yakni 24 jam lebih 40 menit.

Tumbuhan dapat hidup
NASA percaya bahwa tumbuhan bisa hidup di Mars. Dalam sebuah eksperimen yang diadakan oleh NASA dengan menggandeng International Potato Center di Peru, NASA berhasil menanam kentang di sebuah kotak dengan tanah dan iklim yang diserupakan dengan Planet Merah. Meski demikian, tanah yang diserupakan tersebut adalah tanah Bumi dan bukan tanah asli Mars.Hal serupa dilakukan para peneliti di Belanda pada 2016 lalu. Mereka berhasil memanen tomat di medium tanah Mars dan tanah Bulan. Tim dari Wageningen University and Reseach Centre tersebut mengungkapkan bahwa tanah ini adalah tanah buatan, yang sebenarnya hanya dibuat menyerupai struktur tanah di planet merah tersebut. Kita masih belum mengetahui secara pasti apakah tanaman bisa tumbuh di Mars, namun Mars juga memiliki potensi yang baik, asal dipersiapkan dan diberi air dengan baik. Nah, itu tadi liputan 6 alasan manusia bisa pindah dan tinggal di planet mars.

TAG