6 makanan jaman purbakala yang masih dikonsumsi hingga saat ini

Sebagai generasi milenial kalian pasti seneng ya hunting makanan-makanan yang kekinian di kafe-kafe? Begitu banyak inovasi dalam bidang kuliner yang menarik banyak orang untuk mencicipinya. Tapi kalo kita flashback ke masa lalu nih, kira-kira kalian tau gak makanan atau minuman apa aja yang sudah berumur sangat tua dan bahkan ada di jaman sebelum masehi? Wah Bagi yang belum tau yuk kepoin liputan kita yang satu ini. Selamat datang di channelterbaik.com dan kali ini kita akan membahas tentang 6  makanan jaman purbakala yang masih dikonsumsi hingga saat ini.
1. Wine
Anggur dikenal sebagai bagian penting dari gaya hidup masyarakat Romawi Kuno dan sudah sangat populer di kalangan manusia sebelum munculnya Roma. Bahkan Dalam mitologi Yunani kuno, ada seorang Dewa yang dianggap sebagai Dewa wine dan anggur loh gengs yakni dewa Dionysus. Bukti terbaru menyatakan bahwa ditemukan sebuah kendi wine berumur 8000 tahun di Georgia. Jejak dari wine juga terdapat di Iran setelah ditemukannya kendi wine berusia 7000 tahun. Tak hanya itu ditemukan juga kilang wine berusia 6100 tahun di Armenia yang mana dianggap sebagai kilang wine pertama sejauh ini. Di benua asia, minuman fermentasi anggur ini telah dikenal oleh masyarakat Cina dengan ditemukannya tembikar anggur berumur 9000 tahun di Cina bagian utara. Tuh kan wine ternyata udah sepuh banget ya umurnya.

2. Pancake
Pancake seringkali dijadikan sebagai menu makanan saat sarapan. Makanan ini sering disandingkan dengan buah-buahan, cokelat, sirup dan berbagai topping lainnya. Sejarah mencatat bahwa panekuk atau pancake ini sudah ada sejak 3.300 SM nih gengs. Penelitian ini didapat dari bukti ditemukannya mumi di Pegunungan Alpen. Otzi Iceman, laki-laki ini, ditemukan wafat dan mayatnya telah dimumikan secara alami dan ditemukan pada 1991 di Pegunungan Alpen Italia. Para peneliti yang meneliti mayat Otzi mengungkapkan bahwa makanan terakhir yang ia santap kemungkinana besar terdiri atas daging kambing hutan dan daging rusa merah bersama dengan panekuk gandum yang telah dimasak di atas api terbuka.

3. Roti
Menurut sejarawan, roti muncul di sepanjang sejarah dalam berbagai bentuk. Roti dipercaya sebagai makanan olahan tertua di dunia. Bukti dari 30.000 tahun lalu di Eropa memperlihatkan residu tepung di permukaan bebatuan yang digunakan untuk menumbuk makanan. Kemungkinan pada waktu itu tepung sudah mulai diekstraksi dari umbi-umbian. Tepung ini ditebarkan di atas batu yang datar, dibakar dengan api, menjadi flatbread primitif. Tak hanya itu guys, Para peneliti di Oxfordshire, Inggris, menemukan potongan-potongan kecil roti yang menghitam berumur 5.500 tahun. Menurut laporan, potongan roti tersebut masih ada dan bertahan selama bertahun-tahun karena dibakar dan berisi selai. Berarti dari dulu manusia purba juga udah makan roti ya.

4. Cokelat
Para arkeolog telah menemukan bukti bahwa produksi cokelat pertama kali dilakukan oleh orang-orang Olmec kuno di Meksiko. Cokelat dihasilkan dari kakao yang diperkirakan awalnya tumbuh di daerah Amazon utara sampai ke Amerika Tengah. Dan Mungkin juga sampai ke Chiapas, bagian paling selatan Meksiko guys. Orang-orang Olmec kuno di meksiko memanfaatkan pohon dan, mungkin juga, membuat “cokelat” di sepanjang pantai teluk di selatan Meksiko. Dokumentasi paling awal tentang cokelat ditemukan pada penggunaannya di sebuah situs pengolahan cokelat di Puerto Escondido, Honduras sekitar 1100 -1400 tahun SM ya gengs. Sedangkan Residu cokelat pertama yang ditemukan pada tembikar yang digunakan oleh suku Maya kuno di Río Azul, Guatemala Utara, menunjukkan bahwa Suku Maya meminum cokelat di sekitar tahun 400 SM. 

5. Madu
Menurut para ilmuwan, keberadaan madu sudah ada sejak zaman dahulu kala. Para peneliti menemukan botol di sebuah makam terlantar yang sudah lama di Georgia berisi madu dan dianggap sebagai madu tertua di dunia. Bogdanov dkk (menyatakan bahwa sekitar tahun 2000 SM, madu sudah digunakan sebagai salep dan obat infeksi. Memang terbukti ya gengs bahwa madu juga berfungsi sebagai antiseptik dan antibiotik. Namun menurut sebuah sumber, keberadaan madu ini sudah ada  bahkan 7000 tahun sebelum masehi. Hal ini disimpulkan dari penemuan relief Di gua Africa dan Spanyol dimana terdapat gambar orang yang mengumpulkan madu dari retakan batu dan pohon sementara lebah mengitari atas mereka. Wah wah udah ada dari jaman jadul purbakala nih ternyata.

6. Keju
Mitologi Yunani Kuno menyebutkan dewa Aristaeus sebagai penemu keju. Sedangkan dalam naskah kuno Odyssey yang di tulis oleh sastrawan Homer (800 SM) mengatakan bahwa Cyclops membuat keju dengan menggunakan dan menyimpan susu domba dan kambing.[4] Keju dari susu kambing merupakan komoditas yang penting di Yunani, dan mereka percaya bahwa keju dapat membuat perwira lebih kuat dan sebagai perangsang nafsu birahi.[4] Hippocrates yakni seorang dokter yunani kuno menggunakan keju untuk mengatasi peradangan, dan keju juga merupakan persembahan bagi dewa-dewa.[4] Kebudayaan Romawi lah yang kemudian diyakini mengembangkan berbagai jenis keju yang kita ketahui sekarang.[5] Bangsa Romawi dikenal sebagai bangsa pertama yang melakukan proses pematangan dan penyimpanan keju. Mereka membawa keju dan seni pembuatannya ketika mereka menaklukkan Gaul, yang kita ketahui sekarang sebagai Perancis dan Inggris, yang disambut dengan sangat baik.[5] Rumah-rumah besar pada zaman Romawi  juga memiliki dapur keju ya gengs. Nah itu tadi liputan tentang  6  makanan jaman purbakala yang masih dikonsumsi hingga saat ini.
TAG