ROBOT INI LEBIH PINTAR DARI MANUSIA, FILM TERMINATOR AKAN TERJADI!? ROBOT CANGGIH BUATAN MANUSIA

Mengingat bahwa sekarang kita telah memasuki Revolusi Industri 4.0, tidak diragukan lagi bahwa saat ini banyak ilmuwan di dunia yang sedang berlomba-lomba dalam menciptakan berbagai macam produk teknologi terkini dan tercanggih. Mulai dari mengembangkan ponsel pintar, komputer, alat-alat otomotif, hingga robot dan kecerdasan buatan. Bahkan terdapat berbagai macam inovasi yang mungkin tidak pernah kita pikirkan akan dapat terwujud. Contohnya seperti 6 robot tercanggih di bawah ini yang telah berhasil diciptakan oleh manusia.



Erica 

Diciptakan oleh seorang profesor ahli robot bernama Hiroshi Ishikuro bersama dengan rekan-rekannya dari Universitas Osaka, Jepang, Erica berhasil menjadi salah satu robot manusia tercanggih di dunia. Penampilannya cantik dengan rambut pendek dan mata lebar sehingga semakin mirip dengan manusia sungguhan. Ia juga dilengkapi dengan berbagai macam fitur pintar, salah satunya adalah penglihatan infrared dan sensor wajah manusia sehingga Erica dapat mendeteksi gerakan dan jumlah orang yang sedang berada di sekitarnya. Tidak hanya itu, Erica juga memiliki kehendak terhadap sesuatu, kemampuan berbicara dan mengobrol dengan manusia, serta dilengkapi dengan mikrofon dan analisis suara sehingga dapat mengingat suara dengan lebih tajam dibandingkan manusia. Mungkin kamu tertarik untuk berteman dan berkomunikasi dengan Erica?




Mindar

Mindar adalah salah satu robot manusia lainnya yang juga digadang-gadang menjadi salah satu penemuan robot tercanggih di dunia. Menariknya, robot ini juga merupakan proyek hasil besutan orang yang sama dengan yang menggarap pembuatan robot Erica. Yup, siapa lagi kalau bukan Profesor Hiroshi Ishikuro sebagai ahli robot dari Universitas Osaka, Jepang? Proyek seharga 14 miliar rupiah ini merupakan proyek kerja sama Hiroshi dan Kuil Zen. Tujuannya bukan hanya untuk membantu kehidupan manusia layaknya robot pada umumnya. Namun, Mindar dibuat secara khusus untuk menarik minat anak muda mengenai ajaran Buddha dan ibadah di kuil yang mulai memudar. Oleh karena itu, robot ini diletakkan di Kuil Kodaiji, Kyoto, Jepang dan mulai beroperasi sejak tahun 2019. Mindar dapat menggerakkan kepala, lengan, hingga badannya. Tidak cukup sampai di situ, Midar bahkan mampu memberikan berbagai macam wejangan dan nasehat kebijaksanaan berdasarkan ajaran Buddha kepada para pengunjung. Semoga dengan kehadiran Mindar, ajaran Buddha di Jepang dapat tetap lestari.




Lovot 

Kata siapa robot harus menyeramkan, terlihat canggih dan rumit, atau harus selalu mirip manusia? Nyatanya, ada sebuah robot lucu yang berhasil dikembangkan pada tahun 2018 lalu oleh GROOVE X sebagai salah satu perusahaan start-up di Jepang. Robot tersebut diberi nama Lovot yang merupakan singkatan dari “love” dan “robot”. Tujuan pembuatan LOVOT adalah untuk memanjakan para manusia dan membuat mereka menjadi lebih bahagia. Penampilannya pun sangat lucu dan menggemaskan, yakni seperti boneka pinguin bermata besar. LOVOT bahkan dapat mengenakan baju sesuai keinginan pemiliknya. Namun, kelebihan LOVOT tidak hanya lucu, melainkan ia juga mampu menghangat ketika disentuh, tidur perlahan ketika ditimang layaknya bayi atau anak kecil, merespon panggilan atau suara, meniru respons emosional pemiliknya, mengambil foto, memantau bayi dan keamanan, serta mampu menatap balik pemiliknya. 




Robobees 

Jika sebelumnya kita membahas berbagai macam robot yang berukuran sedang hingga besar, rasanya kurang lengkap kalau kita tidak turut membahas robot yang berukuran kecil. Terlebih lagi jika robot tersebut juga tidak kalah canggih dengan robot-robot lainnya. Robot kecil yang dimaksud adalah Robobees, yakni robot dengan berat 100 mg atau hanya setara dengan setengah ukuran dari klip kertas. Berkat ukurannya tersebut, robot ini tergolong dalam salah satu robot terkecil di dunia. Seperti namanya, robot ini terinspirasi dari tawon. Maka dari itu, tidak heran lagi, ya, kenapa dibuat dengan ukuran yang sangat kecil. Robobees bahkan juga mampu terbang layaknya tawon sungguhan dengan kemampuan kepakan sayap yang mencapai 120 kali/detik. Namun, robot ini tidak dibuat hanya karena iseng untuk membuat robot terkecil, lho, namun juga memiliki segudang kelebihan dan kemampuan. Beberapa di antaranya adalah mampu berenang, melakukan penyerbukan pada tanaman, melakukan misi pencarian dan penyelamatan layaknya anjing pelacak, melakukan fungsi pengawasan, dan memantau situasi  cuaca serta iklim. 




RIP SAW 

Robot yang satu ini diklaim sebagai salah satu robot tercanggih di dunia karena memiliki kemampuan yang sangat berguna dalam medan perang, nih! Bernama RIP SAW, robot besutan Howie & Howie Technology ini berbentuk seperti tank. Dibuat pada tahun 2000 dan mulai diperkenalkan pada tahun 2001 di pertunjukkan kendaraan di Dallas, Amerika, RIP SAW memang sengaja dibuat untuk membantu pasukan militer Amerika. Biaya yang dihabiskan tidak tanggung-tanggung, lho, yakni mencapai $250.000! Kemampuannya pun jangan diragukan lagi. Memiliki berat 4100 kg atau setara dengan 4.1 ton dan tinggi 180 cm, RIP SAW dapat berjalan dengan kecepatan mencapai 105-125 km/jam. Wah, cepat juga, ya. Mesinnya pun luar biasa, yakni merupakan mesin diesel dengan kapasitas 6.6 liter atau setara dengan 650 tenaga kuda. Benar-benar diciptakan untuk bertempur, deh! Selain itu, RIP SAW juga tidak memerlukan awak karena dapat dikendalikan dari jarak jauh dengan sinyal radio. Jadi sangat wajar, ya, kenapa RIP SAW merupakan salah satu robot tercanggih di dunia, khususnya dalam medan perang.





Compressorhead 

Nah, kalau robot yang satu ini terbilang cukup unik. Bagaimana tidak? Robot ini sengaja diciptakan untuk menghibur manusia layaknya para entertainer. Apa lagi kalau bukan Compressorhead? Robot yang merupakan hasil produksi Frank Barnes dan John Wright, seorang musisi punk asal Kanada berhasil debut sebagai sebuah band pada tahun 2013 dengan 5 personil yang semuanya merupakan robot. Mereka dapat memainkan berbagai macam genre seperti punk, rock, hingga metal. Posisi yang anggotanya pun berbagai macam, dari pemain gitar hingga vokalis. Compressorhead bahkan disebut-sebut mampu mengalahkan beberapa musisi dunia. Mantap banget, ya! Hal menarik lainnya tentang Compressorhead adalah ternyata robot ini dibuat dengan logam daur ulang, lho, dan telah dimulai produksinya sejak tahun 2007. Kalian tertarik gak, nih, untuk menonton penampilan band Compressorhead?



Nah, itu dia 6 robot tercanggih di dunia. Sangat menginspirasi, ya! 

TAG