7 Proyek Transportasi Futuristik Tercanggih Di Dunia

Siapa di antara kalian yang suka banget sama otomotif dan perkembangan transportasi? Mungkin kalian juga senang mengoleksi mobil-mobil keren dan canggih? Kalau iya, berarti kalian wajib banget baca artikel yang satu ini. Siapa sangka bahwa kini dunia sedang menjalani banyak proyek transportasi yang sangat canggih. Bahkan mungkin banyak dari kita yang tidak percaya bahwa transportasi-transportasi tersebut memang ada atau akan segera berhasil dibuat.



 




Jetpack 

Buat kamu yang pengen banget bisa ngerasain terbang di angkasa pasti akan tertarik dengan teknologi futuristik yang satu ini. Apalagi kalau bukan jetpack? Bukan hanya ada di film, saat ini sebuah perusahaan teknologi bernama Martin Aircraft Company yang berbasis di New Zealand sedang mengembangkan jetpack sebagai alat transportasi masa depan. Alat transportasi canggih ini ternyata diciptakan oleh Glenn Martin, tokoh yang telah aktif melakukan riset dan pengembangan jetpack selama kurang lebih 30 tahun lamanya. Wow, pastinya berpengalaman banget, nih! Terbukti bahwa jetpack tersebut memiliki kualitas yang sangat baik, yakni dapat terbang sejauh 30 mil dengan tinggi 90 meter serta mampu bertahan dalam waktu 30 menit jika memang bahan bakarnya terisi penuh. Kekuatan mesinnya pun tidak main-main, lho. Dengan berat 254 pon atau setara dengan 115 kg, jetpack ini memiliki mesin dengan kekuatan 200 kuda. Makanya, jangan heran kalau bisa terbang dengan kecepatan sampai 74 km/jam ya, guys! Kabarnya jetpack produksi Martin Aircraft Company ini sudah siap diproduksi secara komersial, bahkan mampu turut terlibat dalam pertolongan pertama pemadam kebakaran. Meskipun gak punya lisensi sebagai pilot, dengan modal uang sekitar 2.6 miliar, kamu sudah bisa, nih, memiliki jetpack canggih ini!




Mobil Terbang 

Siapa di antara kalian yang suka banget nonton Doraemon? Pasti gak asing lagi, nih, dengan mobil terbang. Tapi, ada gak sih mobil terbang di dunia nyata? Ternyata ada, lho, guys! Bukan cuma BMW, Lamborghini, atau Mercedes-Benz saja yang termasuk ke dalam deretan mobil-mobil canggih dan mahal. Tapi, sebuah perusahaan kecil asal Boston, Amerika Serikat bernama Terrafugia kini telah merancang dan berusaha mengembangkan mobil terbang. Perusahaan yang didirikan oleh Dr. Carl Dietrich ini kabarnya akan selesai memproduksi mobil terbang tersebut pada waktu 8-12 tahun mendatang. Wow, meskipun masih harus menunggu, tapi pasti hasilnya akan keren banget, nih! Mobil ini dirancang untuk mampu terbang bahkan tanpa landasan pacu. Yup, jadi mobil ini bisa terbang dengan sudut 90 derajat atau tegak lurus sehingga gak butuh lagi, deh, landasan panjang untuk mengambil ancang-ancang seperti pesawat pada umumnya yang kita kenal saat ini. Sayapnya pun bisa ditekuk sehingga mobil terbang ini masih muat untuk diparkir di garasi rumah kita, guys! Selain desainnya yang keren, mobil terbang ini juga dijamin akan memiliki kualitas yang baik. Mesinnya dirancang untuk mampu terbang hingga kecepatan 321 km/jam, lho. Jarak jelajahnya diperkirakan mencapai 500 mil dengan kapasitas penumpang 4 orang. Bahkan mobilnya ini juga rencananya akan dilengkapi dengan berbagai macam fitur keselamatan yang sangat canggih, yaitu kemampuan otomatis untuk menghindari lalu lintas udara, cuaca buruk, dan memungkinkan pengemudi untuk berkomunikasi dengan menara pengawas udara demi menghindari berbagai bahaya selama terbang. Keren banget, kan? Jadi, sudah siap untuk menabung demi membeli mobil terbang tercanggih ini?





Skytran 

Bukan hanya mobil terbang, tapi masih ada lagi teknologi yang rencananya akan beroperasi di udara, lho! Meskipun bukan benar-benar terbang, tapi kalau kamu punya transportasi ini, udah pasti kamu akan melintas di langit dan gak perlu jalanan beraspal lagi. Bernama Skytran, transportasi ini didesain khusus layaknya kereta gantung yang biasa kita temukan di taman bermain atau bahasa kerennya seperti monorel. Tapi, kalau biasanya kita bisa naik kereta gantung bersama teman, keluarga, atau beberapa orang lain, Skytran hanya memiliki kapasitas penumpang sebanyak satu orang. Hal ini dikarenakan Skytrain memiliki desain yang kecil dan sederhana agar dapat melaju dengan kecepatan tinggi di udara. Kendaraan ini juga ramah lingkungan, lho, karena bukan menggunakan bensin, melainkan memanfaatkan gaya gravitasi, magnet, dan juga tenaga listrik. Mantap banget, kan? Kecepatannya juga gak main-main, nih! Alias bisa mencapai 241 km/jam. Gimana? Tertarik untuk membeli alat transportasi ini? Kalau tertarik, jangan lupa menabung dari sekarang dan tunggu tanggal perilisannya, ya!




Deepflight Super Falcon 

Pesawat yang terbang di udara memang sudah menjadi hal biasa sejak bertahun-tahun yang lalu, ya. Tapi, bagaimana dengan pesawat yang terbang di air? Kamu sudah pernah dengar belum? Sebuah perusahaan teknologi yang berbasis di California, Amerika Serikat, yakni Hawkes Ocean Technologies tengah mengembangkan sebuah pesawat yang dapat terbang di dalam air. Pesawat ini diberi nama Deepflight Super Falcon. Ide dan rancangannya pun terinspirasi oleh ikan yang berenang bebas di air, lho, guys! Berkapasitas sebanyak 2 penumpang, pesawat ini memiliki panjang hingga 6,4 meter serta kedua sayap layaknya pesawat udara umumnya yang mampu membentang hingga mencapai 2,7 meter. Mesinnya pun bukan mesin abal-abal, melainkan mesin berkualitas tinggi yang memungkinkan Deepflight Super Falcon untuk menyelam sejauh 120 meter ke bawah laut dan melaju dengan kecepatan mencapai 3704-11.112 km/jam. Keren banget, kan! Kapala ini sengaja didesain untuk mampu menyelam hingga melakukan manuver putaran dalam air. Mungkin kamu bertanya-tanya apa bedanya pesawat air ini dengan kapal selam. Nah, ternyata kapal selam harus mengambil air untuk dapat masuk ke laut. Namun, Deepflight Super Falcon tidak demikian karena pesawat air ini mampu menciptakan daya dorong sendiri tanpa harus mengambil air sebagai sumber tenaga. Persis seperti ikan, ya? Ketika kehilangan daya pun, Deepflight Super Falcon dapat secara otomatis mengapung ke permukaan sehingga keamanannya terjamin. Tapi, kamu harus menyiapkan uang yang cukup banyak, nih, jika ingin memiliki transportasi canggih ini, yaitu sekitar 20 miliar rupiah!





Lift Luar Angkasa 

Transportasi canggih berikutnya ini dijamin akan membuat kamu terpana, deh! Sebagai salah satu  negara dengan perkembangan teknologi yang tidak diragukan lagi, Jepang kini sedang bersiap untuk merilis transportasi. Melalui perusahaan Obayashi sebagai salah satu perusahaan besar di Tokyo, Jepang, telah dinyatakan bahwa kini mereka sedang merancang lift luar angkasa yang ditargetkan selesai pada tahun 2050. Pesawat ini akan digunakan sebagai transportasi dari bumi menuju luar angkasa dengan waktu tempuh selama 7 hari jika jarak destinasi tujuan mencapai 96.000 kilometer. Transportasi ini dibuat dengan memanfaatkan nanoteknologi yang dilaporkan memiliki kekuatan 20-100 kali lebih kuat dibandingkan baja sehingga daya tarik liftnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Kapasitasnya pun juga terbilang sangat besar dibandingkan kapasitas lift pada umumnya, yakni mampu menampung sebanyak 30 orang. Jadi, persiapkan dirimu untuk menjelajah luar angkasa, ya! 




Mobil Otomatis atau Self-Driving Car

Mungkin banyak dari kita yang sering kali berimajinasi untuk memiliki mobil otomatis yang dapat bergerak sendiri. Kita sebagai penumpang pun tinggal duduk manis atau bahkan tidur dan menunggu mobil tersebut menyetir dengan sendirinya hingga sampai di tempat tujuan. Nyatanya, imajinasi tersebut akan menjadi sebuah kenyataan. Yup! Saat ini, mobil otomatis sedang berusaha dikembangkan dan dibuat menjadi kenyataan. Mobil ini nantinya diharapkan dapat bergerak tanpa ada campur tangan manusia dengan cara menggabungkan berbagai macam sistem sensor untuk mengenali dan memahami seluk-beluk jalanan. Radar, GPS, sonar, dan berbagai unit pengukuran lain akan diikutsertakan dalam mobil ini guna menjamin keamanan. Tentunya sistem kontrol mobil ini pun akan dibuat dengan sebaik-baiknya sehingga tidak membahayakan siapa pun. Sebuah perusahaan di Amerika Serikat berpendapat bahwa mobil otomatis ini dapat mengurangi kecelakaan mobil bahkan hingga 90%, lho! Wah, aman banget, kan? Semoga segera selesai diproduksi, ya!




En-V 

Kalau sebelumnya kita sudah membahas mobil otomatis, kali ini kita akan membahas mobil canggih lainnya, yaitu En-V. Mobil ini tergolong ke dalam transportasi canggih karena memiliki desain dan kemampuan yang menakjubkan. Sudah mulai dikembangkan sejak sepuluh tahun silam, namun hingga kini En-V masih terus menjadi salah satu proyek transportasi futuristik tercanggih di dunia. Sengaja dirancang untuk menyeimbangkan populasi kota yang kian lama semakin memadat, En-V pun memiliki ukuran yang sangat mungil dengan kapasitas 2 orang sehingga dapat melaju dengan mudah di tengah-tengah kepadatan kota. Tidak hanya itu, mobil ini juga memiliki teknologi kelas tinggi yang memungkinkan En-V dapat dikendalikan secara otomatis dan saling terhubung dengan sesama mobil En-V sehingga mampu berbagi informasi mengenai kondisi lalu lintas. Tenaga yang digunakan juga bukan berasal dari bensin, melainkan tenaga listrik portabel pada masing-masing rodanya sehingga lebih ramah lingkungan. Ternyata selain keren, mobil mungil nan canggih ini juga sangat menyayangi lingkungan ya, guys! Cocok banget, nih, dioperasikan di tengah-tengah kepadatan kota. 





Ternyata banyak sekali, ya, proyek transportasi masa depan yang sangat canggih. Mulai dari transportasi darat yang mulai mengembangkan kendali otomatis, transportasi laut yang terinspirasi dari ikan, hingga transportasi luar angkasa yang memungkinkan kita melakukan perjalanan antar planet! Berbagai proyek tersebut memang masih membutuhkan banyak waktu untuk dapat benar-benar terwujud dan mampu beroperasi dengan optimal. Namun, tanpa terasa, kita pasti akan dapat sampai kepada momen-momen luar biasa itu. Jadi, yuk, menabung dari sekarang karena seperti yang sudah dibahas sebelumnya, transportasi-transportasi tersebut akan sangat menguras kantong, ya, guys...





TAG