Banyak Yang Menertawakan Rumah ini, Tapi Ketika Melihat ISI Rumah Mereka Melongo

Rumah atau tempat tinggal sudah pasti menjadi kebutuhan utama kita sebagai manusia. Maka dari itu, tidak jarang banyak yang senang mendesain dan mendekorasi rumah agar tampak indah dan se nyaman mungkin. Kita pun akan menjadi semakin betah selama di rumah. Namun, kalau desainnya sangat unik seperti rumah-rumah di bawah ini bagaimana ya? Apakah kamu tetap tertarik untuk tinggal di dalamnya? 7 Rumah terunik di dunia.






Rumah Transparan 

Berbeda dengan rumah pada umumnya yang dibangun dengan tembok dan cat berwarna-warni, seorang desainer bernama Soul Fujimoto memilih untuk membangun rumah di Jepang hanya dengan bermodalkan baja dan kaca sebagai bahan utamanya. Hayo, gimana tuh bentuknya? Yup, rumahnya pun menjadi transparan sehingga semua bagian dalam rumah dapat terlihat dari luar. Ide ini terinspirasi dari kehidupan nenek moyang kita yang dulu hidup berpindah-pindah di pohon dan dapat terlihat oleh siapapun. Hm… Pasti kamu bingung, kan, gimana kalau mau mandi? Tapi, jangan khawatir. Kamar mandinya ada di lantai paling atas dan dilengkapi tirai, kok, agar tidak tembus pandang ketika sedang digunakan. 




Rumah Terbalik 

Wah, sepertinya membangun rumah dengan atap di atas dan lantai di bawah sudah menjadi hal yang sangat biasa, ya. Buktinya, sebuah rumah di Polandia justru dibangun secara terbalik oleh arsitek bernama Daniel Czapiewski. Rumah ini disebut juga dengan The Upside Down House. Coba bayangkan rumah dengan atap di bawah dan lantai di atas. Bagaimana jadinya, ya? Bahkan tidak cukup sampai di situ. Berbagai perabotan dan ruangan seperti pintu, kamar tidur, toilet, dan dapur juga dibangun secara terbalik. Menarik sekali, ya. Pekerja yang membangun rumah tersebut sampai merasa pusing, lho, karena merasa otak mereka berputar saat membangun kerangka rumah yang serba terbalik sehingga pembangunan rumah tersebut juga membutuhkan waktu yang lebih lama.




Rumah Sepatu Bot 

Rumah yang satu ini terletak di Huntsville, Texas dan dirancang oleh seorang pria bernama Dan Philipps. Seperti namanya, rumah ini  persis berbentuk seperti sepatu bot raksasa berwarna cokelat dengan tinggi yang mencapai 66 meter. Tapi, ternyata rumah ini tidak hanya terinspirasi oleh ide iseng sang desainer, melainkan juga dirancang dengan prinsip yang ramah lingkungan. Terdiri dari 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, dan satu rooftop untuk bersantai, rumah ini dibangun dengan mengandalkan kayu bekas sebagai bahan utama. Langit-langitnya pun dihias dengan bahan daur ulang, yakni berupa kumpulan kertas koran dan majalah yang sudah jarang dibaca. Tidak hanya itu, rumah ini terhubung dengan satu rumah kecil yang juga tidak kalah sederhana sebagai ruangan utama. Keren banget, ya!




Rumah Jamur 

Siapa yang tidak gemas melihat kurcaci-kurcaci kecil tinggal di rumah jamur? Ternyata kamu juga bisa menjadi seperti kurcaci itu, lho. Meskipun tidak cukup mungil, namun terdapat sebuah rumah jamur di Hyde Park, Chicago, Amerika Serikat. Rumah ini dibangun pada tahun 1948 oleh arsitek ternama yang telah merancang lebih dari 1000 bangunan, yaitu Frank Lloyd-Wright. Beliau percaya bahwa rumah sebaiknya memiliki konsep yang dekat dengan alam. Jadi, tidak heran kalau Frank memutuskan untuk merancang rumah berbentuk jamur. Lingkungan di sekitar rumah tersebut juga dibuat layaknya hutan rindang dengan banyak pepohonan asri. Bahan utama pembuatan rumah adalah kayu dengan perabotan di dalamnya yang seperti jamur. Terdiri dari 3 kamar tidur, 2 kamar mandi, dan dapur terbuka, rumah ini dijual dengan harga 19.5 miliar. Jadi, apakah kamu tertarik untuk membelinya?




Rumah Terkurus 

Berapa lebar rumah kamu? Biasanya lebar rumah yang ideal minimal mencapai 9 meter agar dapat secara leluasa dibangun berbagai macam ruangan di dalamnya. Namun, pernahkah kamu melihat rumah dengan lebar yang hanya berkisar 1 meter? Ternyata rumah tersebut benar-benar ada, lho. Celah mungil di antara 2 bangunan besar berhasil menginspirasi Jacob Szczeny untuk membangun rumah terkurus di dunia. Terletak di kota Warsawa, Polandia, rumah tersebut berhasil dibangun dengan lebar yang hanya mencapai 122 cm atau sekitar 1,22 meter dan panjang mencapai 12 meter. Namun, meskipun sangat ramping dengan 2 lantai, nyatanya Jacob masih mampu membangun dapur, kamar mandi, kamar tidur, hingga ruang tamu di dalamnya. Hebat banget, ya? Ternyata celah kecil di perkotaan bukan hanya dapat dimanfaatkan sebagai jalan tikus atau gang, namun juga bisa digunakan sebagai lahan membangun rumah.




Rumah Luar Angkasa 

Apakah kamu percaya dengan keberadaan alien? Sudah pernah melihat UFO? Kalau kamu sangat tertarik dengan hal-hal tentang alien dan misteri luar angkasa, mungkin desain rumah berikut ini bisa menjadi inspirasimu. Yup, apalagi kalau bukan rumah berbentuk UFO? Terdorong untuk melakukan hal unik, Curtis W. King merancang sebuah rumah yang benar-benar mirip dengan UFO atau pesawat luar angkasa milik alien. Rumah tersebut dibangun pada tahun 1973 di Chattanooga, Tennessee, Amerika Serikat lengkap dengan tangga masuk yang dapat muncul jika menekan tombol yang sudah disediakan. Jadi, tidak serta-merta membuka pintu seperti rumah pada umumnya, ya. Guna menambah kesan misterius, rumah ini juga tidak diletakkan di jalan raya, melainkan di tengah pepohonan rindang layaknya hutan. Pokoknya benar-benar mirip dengan UFO yang terdampar, deh! Selain itu, ternyata rumah ini bukan hanya dijadikan sebagai pajangan atau museum. Tapi, juga disewakan. Wah, semakin tidak sabar, deh, untuk berkunjung ke sana.




Rumah Toilet 

Jika kebanyakan orang biasanya jijik dan tidak terlalu suka dengan toilet, berbeda halnya dengan mantan walikota Suwon. Simjae Duck, tokoh yang pernah menjabat sebagai walikota Suwon pada tahun 1990 dan 2000-an serta menjadi penggagas Asosiasi Toilet Dunia pada tahun 2007 ternyata sangat mencintai toilet. Bersama dengan arsitek bernama Go Gi Wong, Simjae Duck memutuskan untuk membangun rumah pribadi dengan konsep toilet. Rumah tersebut dibangun pada bulan Maret-November tahun 2007 dengan luas 419 meter persegi dan diberi nama Mister Toilet House. Terdapat 2 lantai, 2 kamar tidur, dan 2 ruang tamu di dalamnya.  Bukan hanya karena rasa cinta, Simjae Duck juga ingin menunjukkan makna dan pentingnya toilet dalam kehidupan manusia. Bahkan selama menjabat, ia sangat peduli dengan kebersihan dan keindahan toilet di kota Suwon. Setelah Simjae Duck wafat, rumah tersebut telah beralih fungsi menjadi objek wisata. Hanya berjarak 30 menit dari kota Seoul, Korea Selatan, siapapun dapat mengunjungi Mister Toilet House secara gratis.




Nah, itu dia 7 rumah terunik di dunia. Terbukti kalau ide dan kreativitas manusia sangat tidak terbatas, ya. Rumah sebagai hal yang sangat dekat dengan kehidupan kita pun dapat dibuat menjadi beraneka ragam. Jadi, apakah kamu tertarik untuk tinggal di rumah tersebut? Jangan-jangan, kamu punya ide lain yang juga tidak kalah unik dan kreatif?



TAG