KONTRO VERSI SANG IRON MAN DI DUNIA NYATA || Elon Musk

Siapa sih yang gak tau Elon Musk? Yap, Elon Musk adalah salah satu miliarder paling terkenal di dunia yang menjadi CEO Tesla. Sosoknya sering dianggap sebagai tokoh konglomerat yang beda dari yang lain. Bukan cuma karena Elon Musk jarang banget menggunakan jas nih guys, tapi juga karena tingkah lakunya yang terbuka khususnya di media sosial. Kalian yang sering main Twitter mungkin tahu ya berita-berita mengejutkan dari Elon Musk. Yuk langsung aja disimak 6 fakta kontroversial dari miliarder Elon Musk!

Pernah Mengkritik Tim Penyelamat  

Peristiwa 12 anak dan pelatihnya yang terjebak di dalam gua di Thailand meninggalkan sisa kontroversi yang melibatkan Elon Musk. Padahal, seharusnya momen tersebut dapat digunakan untuk menunjukkan empati khususnya dari miliarder yang mungkin secara gak langsung justru ditunggu-tunggu kabar kontribusinya dalam menolong insiden tersebut ya guys. Elon Musk memang turut berkontribusi untuk menolong dengan mengirimkan sebuah kapal selam yang bisa menelusuri gua tersebut. Tapi, Elon Musk justru terlibat konflik dengan salah satu penyelam di sana. Melalui akun Twitter-nya, Musk mengungkapkan seorang penyelam yang terlibat dalam peristiwa itu merupakan seorang pedofil. Ungkapan itu ditujukan untuk penyelam bernama Vernon Unsworth. Pria asal Inggris itu pun sudah mengajukan tuntutan hukum terhadap Musk. Awalnya memang Unsworth yang menghina kapal selam Musk, namun serangan balik Musk saat itu justru membuat saham Tesla jatuh hingga 3,5 persen lho guys!


Menghisap Ganja    

Dalam sebuah wawancara di siaran podcast milik seorang komedian, Joe Rogan, Musk kedapatan sedang menghisap marijuana alias ganja. Selain itu, Musk juga meminum whiskey langsung dari botol yang berukuran besar. Padahal, saat itu ganja sendiri sedang mengalami masalah legalitas di Amerika Serikat. Ditambah, Elon Musk juga sedang terlibat masalah investigasi U.S Securities and Exchange Commission (SEC) karena kasus dengan penyelam dan klaim bahwa perusahaan Tesla akan dijadikan perusahaan tertutup. Gak kaget ya guys kalau tindakan Musk saat itu langsung menjadi pemberitaan banyak media, dan hasilnya saham Tesla turun. Dua pejabat Tesla, Head of Human Resources Gaby Toledano dan VP Communication Tesla Sarah O’Brien juga disebut-sebut mundur sehingga mempengaruhi nilai saham. Wah, berturut-turut nih masalahnya!


Pernah Dituduh Mencuri Smartphone 

Fakta kontroversi lainnya adalah Elon Musk pernah terlibat konflik dengan salah satu penyanyi rap di Amerika Serikat. Wah, gak hanya konflik dengan penyelam nih ternyata guys. Penyanyi rap itu sendiri bernama Azealia Banks. Azealia Banks menuduh Musk mencuri smartphone miliknya. Hal itu disampaikan oleh Banks melalui dua posting Instagram Stories yang meminta Musk untuk menghubunginya, dan yang lain mengatakan "Saya perlu ponsel saya kembali sekarang." Kejadian ini sendiri bermula ketika Bank menghabiskan akhir pekan di rumah Musk di Los Angeles awal Agustus lalu untuk berkolaborasi dengan pacarnya yang juga musisi, Grimes. Musk pun sudah membantah bahwa dia atau pengacaranya memiliki smartphone milik Banks. Bayangkan aja guys, selebriti memposting di Instagram terkait perilaku Elon Musk, sudah pasti heboh ya! Tapi, sampai sekarang pun Elon Musk masih membantah tuduhan tersebut nih guys.


Terlibat Investigasi Akibat Klaim di Twitter 

Kalian yang mengikuti kabar dari Elon Musk pasti tahu dong ya kalau Elon Musk adalah salah satu miliarder yang sangat aktif di Twitter. Sepertinya segala hal bisa di posting Musk di akun sosial medianya tersebut gak terkecuali masalah yang satu ini nih guys. Sebelumnya, Tesla sempat melakukan cuitan di Twitter bahwa dia sudah siap mengambil alih Tesla dan menjadikannya perusahaan tertutup. Hal itu akan ia lakukan jika harga saham sudah mencapai USD 420 per lembar. Pihak SEC pun langsung menuding Elon bertujuan untuk menyesatkan investor dengan pernyataannya itu. Angka 420 yang dipilih Elon juga dianggap berarti ganja, karena tanggal 20 April (bulan keempat) adalah hari menghisap ganja. Saham Tesla pun terjun sampai 14 persen karena SEC telah mengajukan gugatan karena Elon dianggap melakukan penipuan dengan pernyataannya. Dengan gugatan ini, Elon berpotensi didepak dari perusahaan yang dia bangun sendiri. 


Mengajukan Ide Situs Kredibilitas Karyawan  

Dalam sebuah tweet-nya, Musk pernah mengatakan akan memulai sebuah situs web untuk melacak nilai kredibilitas setiap wartawan, editor, dan publikasi. Hal ini tentu menimbulkan kontroversi ya guys karena pihak-pihak yang Musk sebutkan tersebut yaitu wartawan, editor, dan publikasi pastinya sangat tersinggung dengan keputusan Musk. Mereka merasa kredibilitasnya selama bekerja sebagai profesional diremehkan dan dianggap telah menyebarkan berita bohong selama ini. Ungkapan itu sendiri dilontarkan Musk setelah pemberitaan tentang kas pengeluaran dan keselamatan pabrik Tesla oleh sebuah media muncul tapi disanggah oleh Musk karena berita tersebut gak benar dan dianggap hanya ingin menimbulkan sensasi dari perusahaan besar seperti Tesla. 


Memberi Izin Membeli Tesla Menggunakan Bitcoin 

Cuitan Elon Musk kembali menimbulkan kontroversi. Khususnya di akhir bulan Maret, ternyata Elon Musk pernah lho membuat cuitan di Twitter bahwa dirinya mengizinkan pembelian di Tesla menggunakan bitcoin. Sebenarnya, cuitan ini diumumkan oleh Elon Musk tepat setelah dirinya membeli bitcoin senilai 1,5 miliar US dolar sehingga bisa berinvestasi lebih banyak di bitcoin nantinya. Tapi, akhirnya Elon Musk sendiri yang membatalkan keputusan tersebut dengan alasan lingkungan nih guys. Musk menyebutkan bahwa penggunaan bahan bakar fosil jadi meningkatkan karena penambangan bitcoin itu dan efeknya pun harga bitcoin sampai turun hingga 5% dalam beberapa menit setelah pengumuman penangguhan tersebut. Keputusan ini sebenarnya juga sesuai ya guys dengan beberapa tokoh penting yang belum bisa mempercayai kredibilitas dari bitcoin itu sendiri. Yap, itu dia 6 fakta kontroversial dari miliarder terkenal Elon Musk.. 


TAG