TIBA-TIBA HILANG DITELAN BUMI!! 6 Misteri hilangnya pesawat yang tak ditemukan

Pesawat merupakan salah satu jenis transportasi yang sangat memudahkan kita dalam melakukan perjalanan jarak jauh ya guys. Jenis transportasi ini juga gak perlu diragukan lagi masalah fasilitas, kemudahan, dan efisiensinya. Tapi, walaupun sudah didesain dan dipersiapkan dengan semaksimal mungkin, tetap ada saja faktor-faktor lain yang gak mungkin bisa manusia kontrol. Salah satunya adalah jika pesawat tersebut mengalami masalah yang gak kita ketahui secara pasti sehingga pesawat mengalami kecelakaan atau menghilang tanpa berhasil ditemukan. Nah, langsung aja kita bahas 6 misteri hilangnya  pesawat yang tak berhasil ditemukan.

Flying Tiger Line, Penerbangan 739 

Salah satu misteri berkelanjutan dalam sejarah penerbangan adalah nasib Flying Tiger Line, penerbangan 739. Penerbangan militer AS itu sedang membawa 90 anggota militer dan lepas landas dari pulau Guam di barat Pasifik. Namun, Flying Tiger Line hingga kini gak pernah sampai di tujuannya di Filipina, bahkan anehnya penerbangan tersebut juga gak pernah melakukan panggilan darurat. Setelah dicari, puing-puingnya pun juga gak pernah ditemukan padahal 1.300 orang sudah berpartisipasi dalam proses pencarian tersebut. Namun, para awak kapal tanker berbendera Liberia mengaku bahwa mereka pernah melihat seberkas cahaya yang "sangat terang" di laut sekitar penerbangan, seakan-akan telah terjadi ledakan di udara. Namun, pihak US Civil Aeronautics tetap mengaku bahwa mereka belum bisa menentukan penyebab serta detail kejadian tersebut. 


Pesawat EgyptAir 990  

Insiden selanjutnya telah terjadi sangat lama namun masih menjadi misteri panjang yang belum terpecahkan hingga saat ini. Pada 1999, pesawat EgyptAir Boeing 767 yang berangkat dari Los Angeles jatuh ke Samudera Atlantik dan menewaskan semua penumpang dan awak pesawat dengan total korban mencapai 217 orang. Otoritas Penerbangan Sipil Mesir (ECAA) menduga bahwa hipotesis terkuat penyebab kejadian tersebut adalah terdapat gangguan mekanis dalam pesawat.Namun, Badan Transportasi dan Keselamatan Nasional Amerika Serikat (NTSB) percaya bahwa peristiwa ini merupakan upaya bunuh diri sang pilot. Spekulasi itu muncul ketika rekaman terakhir yang diucapkan pilot berbunyi, "Saya mengandalkan Tuhan". Sementara itu, para ahli teori konspirasi menyalahkan Mossad, Cia, dan ekstremis Mesir. Dari semua dugaan dan spekulasi, faktanya hingga saat ini kejadian tersebut masih menjadi misteri. Gak ada yang tahu apa yang sebenarnya terjadi pada pesawat EgyptAir 990. Setelah itu, EgyptAir menghentikan penerbangan dengan pesawat 990 dan tidak lagi melakukan rute penerbangan ke Los Angeles. 


Air France, Penerbangan 447 

Misteri selanjutnya terjadi pada tahun 2009 yaitu saat penerbangan dari Rio de Janeiro ke Paris terhempas ke Samudera Atlantik sehingga menewaskan 228 penumpang dan awak pesawat. Penerbangan tersebut adalah Air France, Penerbangan 447. Berdasarkan laporan terbaru terkait kotak hitam yang berhasil ditemukan, terungkap kata-kata terakhir pilot. Selain itu, disebutkan juga bahwa 2 dari 3 pilot sedang tertidur saat pesawat menghadapi masalah. Setelah pencarian hari pertama, ditemukan sebuah puing dan beberapa bagian pesawat terbang, termasuk kotak hitamnya. Namun, butuh berbulan-bulan bagi aparat Prancis untuk menemukan lokasi jatuhnya pesawat. Bangkai pesawat pun baru berhasil ditemukan secara utuh dua tahun kemudian. Petugas juga menemukan jasad penumpang di antara puing-puing pesawat di kedalaman Laut Atlantik dengan keadaan yang sangat memprihatinkan. Sementara itu, perlu waktu 3 tahun untuk menyimpulkan penyebab kecelakaan Air France 447 yang ternyata hipotesisnya mengatakan bahwa kecelakaan tersebut disebabkan oleh kombinasi penumpukan es, kegagalan mekanis dan kesalahan pilot.


Helios Airways 522 

Walaupun sudah lama berlalu, kejadian yang dianggap sebagai penerbangan hantu ini masih menjadi salah satu tragedi paling nahas di dunia guys. Tepatnya pada tanggal 14 Agustus tahun 2005, masalah dalam penerbangan Helios Airways 522 diawali saat awak darat mengatur sistem tekanan pesawat ke pilihan manual untuk memeriksa kebocoran. Tapi, saat berada di ketinggian tertentu, alarm pesawat mendadak menyala yang menunjukkan adanya masalah dalam pengaturan udara kabin. Sayangnya, peringatan tersebut gak disadari oleh awak kabin udara guys sehingga oksigen dalam pesawat pun semakin menipis. Akhirnya, pilot pun pingsan sebelum berhasil melaksanakan prosedur pemecahan masalah tersebut. Mirisnya, penumpang dalam pesawat juga pingsan karena kekurangan oksigen guys. Saat kejadian tersebut, Helios Airways 522 sendiri sempat dicegat jet tempur F-16 dari angkatan udara Yunani. Tapi, keadaan di dalam pesawat tentu gak menunjukkan adanya tanda-tanda kehidupan sehingga insiden ini pun disebut penerbangan hantu. Pilot F-16 juga mengatakan bahwa masker oksigen tampak bergelantungan di depan tubuh para penumpang yang sudah kaku. Hingga akhirnya Helios Airways 522 jatuh di daerah berbukit karena kehabisan bahan bakar dan menewaskan 121 orang. 


Pesawat Amelia Earhart 

Amelia Earhart adalah seorang pelopor penerbangan sekaligus perempuan pertama yang terbang menyebrangi samudera Atlantik sendirian lho guys, tanpa awak pilot lain yang menemaninya. Pada 20 Mei 1932, Amelia Earhart memulai ekspedisi penerbangan keliling dunia dari Newfoundland, Kanada, dan dijadwalkan mendarat di Irlandia 15 jam kemudian. Sayangnya, ekspedisi itu gak pernah selesai hingga akhirnya secara resmi Amelia Earhart dinyatakan hilang pada 1937. Satu-satunya petunjuk yang ditinggalkan Earhart dan pesawat Lockheed Electra adalah beberapa transmisi radio yang kacau. Petunjuk tersebut pun tetap belum cukup untuk membantu pihak-pihak berwenang menemukan jawaban atas hilangnya Earhart. Hingga kini kejadian yang menimpa Amelia Earhart tetap menjadi misteri. Salah satu teori yang paling sederhana adalah pesawatnya jatuh ke laut dan Earhart meninggal dunia. Tapi ada juga yang menduga bahwa Earhart ditangkap dan dieksekusi pemerintah Jepang kemudian menjalani hari-harinya di New Jersey dengann nama samaran. Namun, belum ada yang bisa memecahkan misteri ini.


6 Pesawat Angkatan Laut Jatuh ke Segitiga Bermuda 

Pada puncak Perang Dunia II, Angkatan Laut Amerika Serikat mengirim lima pesawat yang bertugas sebagai pembom torpedo untuk terbang melintasi Segitiga Bermuda. Sejauh ini, banyak teori yang intinya menjelaskan bahwa penyebab hilangnya lima pesawat tersebut adalah karena wilayah segitiga bermuda itu sendiri. Mungkin kalian sudah sering dengar juga ya guys kalau wilayah segitiga bermuda memang terlarang untuk dilewati oleh pesawat atau transportasi apapun karena kerap menimbulkan misteri hilangnya berbagai jenis transportasi tersebut Hal ini juga yang kemudian dipercaya sebagai penyebab hilangnya 14 awak kapal yang menunggangi lima pesawat tersebut. Beberapa jam setelah hilangnya kontak kelima pesawat, Angkatan Laut AS mengirim satu pesawat yang berisi 13 orang untuk menjalankan misi pencarian dan penyelamatan. Namun, hasilnya tetap nihil. Segala upaya yang dilakukan tetap gak menimbulkan titik terang untuk menjawab misteri hilangnya pesawat-pesawat itu. Insiden ini menjadi insiden tambahan dalam daftar panjang hilangnya pesawat di wilayah segitiga bermuda. Itu dia guys 6 insiden hilangnya pesawat yang hingga saat ini pun belum terpecahkan dengan sempurna. Semoga daftar insiden tersebut dapat menjadi pelajaran untuk kita agar lebih mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan penerbangan ya guys. . Terimakasih telah menonton dan sampai jumpa lagi.




TAG