JIWA MISKIN MERONTA!! INI HARGA OLAHRAGA TERMAHAL DI DUNIA

Siapa nih yang suka olahraga? Apalagi sejak zaman pandemi, rasanya orang-orang jadi lebih sering olahraga ya guys. Olahraga memang memiliki banyak manfaat untuk kita, baik fisik maupun mental. Olahraga ini juga gak susah untuk dilakukan. kalian bisa melakukan jenis olahraga apapun yang bilang dilakukan di rumah, indoor, atau pun outdoor. Nah, tapi guys, khusus 7 olahraga ini kayaknya kamu harus mikir-mikir lagi deh karena biayanya gak main-main! Penasaran? Yuk cek ini dia 7 jenis olahraga termahal di dunia!


Berkuda 


Yap, kamu pasti sudah pernah dengar ya kalau berkuda merupakan salah satu jenis olahraga termahal. Gak cuma mahal, tapi sangat susah untuk dilakukan karena kamu bukan cuma harus bisa mengontrol dirimu tapi juga kuda yang kamu tunggangi. Berapa ya perkiraan biaya untuk berkuda? Nah, untuk berlatih kuda atau bahkan memiliki kuda pribadi, paling sedikit kamu harus menyiapkan 200 dolar Amerika Serikat per tahun atau sekitar Rp. 2.800.000. Wow, hampir 3 juta nih guys! Walaupun mahal, olahraga berkuda faktanya tetap menjadi favorit banyak orang, seperti Hotman Paris contohnya. Gak heran ya karena memang banyak sekali nih manfaatnya antara lain menjaga keseimbangan, menjaga koordinasi, menjaga postur tubuh, membakar kalori, dan melatih otot kaki. Gimana, mulai tertarik?



Polo 


Jenis olahraga selanjutnya adalah Polo. Ini polo yang menggunakan kuda ya guys, bukan polo air. Sama seperti berkuda tadi, kamu harus bisa menunggangi kuda untuk melakukan olahraga ini. Bedanya, olahraga pola dilakukan secara tim sebanyak 4 orang jadi kamu juga harus mempunyai tim yang masing-masing bisa menunggangi kuda. Jenis olahraga polo sangat terkenal di Inggris lho! Tapi, di Asia juga gak kalah, buktinya polo merupakan cabang olahraga yang sudah beberapa kali dipertandingkan pada acara-acara besar seperti SEA Games. Sayangnya, Polo ini memang sudah identik dengan orang-orang ekonomi ke atas karena biayanya yang sangat mahal. Gak harus menyiapkan kuda, kamu juga pasti harus membiayai perawatan, makanan, minuman, hingga nutrisi kuda-kuda milikmu. Perkiraannya, biaya untuk sekali pertandingan adalah 150 dolar hingga 1 juta dolar Amerika Serikat. Wah, berarti sekitar 2 juga hingga miliaran rupiah ya guys! Tergantung banget sama jenis kudanya nih.



Formula 1 


Kamu familiar dengan nama Lewis Hamilton? Atau Michael Schumacher? Nah, mereka berdua adalah contoh pemegang rekor dunia terbanyak di Formula 1. Hayo, familiar kan sama formula 1? Atau justru kamu baru tau nih kalau ajang balapan ini termasuk juga ke cabang olahraga. Formula 1 yang memang lebih populer di luar negeri, khususnya Dubai termasuk dalam jenis olahraga termahal guys. Gimana gak, untuk bisa berlatih jenis olahraga ini saja tentu kamu membutuhkan mobil mahal dan segala peralatan penunjangnya. Bukan cuma itu, kamu juga gak mungkin kan berlatih di jalan raya biasa yang banyak pengemudi lain dan polisi lalu lintas? Yap, kamu harus berlatih di sirkuit khusus yang memang didesain untuk menunjang latihan para pembalap formula 1. Sudah pasti biaya persiapannya gak main-main ya guys. Bahkan, kabarnya untuk harga setir mobilnya aja lebih mahal nih dari mobil keluarga alias minimal sekitar 500 juta rupiah. Baru setirnya aja! Belum mobilnya secara keseluruhan. Karena kamu memang harus menyiapkan mobil berkualitas tinggi dan peralatan penunjang untuk menjaga keamananmu, diperkirakan biaya untuk bisa mengikuti jenis olahraga ini mencapai miliaran rupiah guys!



Olahraga Sailing 


Mungkin kamu juga sudah pernah dengar jenis olahraga sailing. Cabang olahraga ini juga menjadi salah satu cabang yang dipertandingkan pada ajang Asian Games 2018 saat Indonesia menjadi tuan rumah, lho! Faktanya, olahraga ini gak bisa dilakukan oleh semua orang karena memang membutuhkan biaya yang sangat mahal. Sesuai jenis olahraganya, kamu harus menyiapkan kapal pribadi yang harga kisarannya adalah 100 juta dolar Amerika Serikat atau setara dengan 1,4 triliun rupiah! Belum lagi biaya perawatan per bulan untuk kapal layarnya, beneran gak main-main ya. Jangan lupa juga untuk memberikan gaji kepada kru-kru yang akan membantumu merawat kapal karena kamu gak mungkin akan merawat kapal layarmu sendirian. Kamu tetap membutuhkan kru yang lebih paham mengenai mekanik dan mesin kapal. Ditambah lagi, waktu yang pada umumnya dibutuhkan untuk bisa menguasai olahraga ini adalah sekitar 1 tahun. Jadi, seenggaknya kamu harus berlatih dan membiayai semua perawatan kapal layarmu selama setahun dulu nih baru bisa membawa kapalmu bertanding di ajang olahraga. Mau coba?



Hot Air Ballooning 


Apakah kamu baru tau kalau hot air ballooning atau yang lebih umum disebut balon udara atau balon terbang merupakan salah satu jenis olahraga? Ternyata balon udara bukan hanya untuk kegiatan untuk berekreasi. Tentunya, cabang olahraga ini termasuk olahraga termahal karena siapapun yang ingin bermain berarti harus menyiapkan biaya untuk balon udaranya sendiri. Balon udara yang digunakan juga gak mungkin yang gak berkualitas ya guys karena balon ini akan digunakan untuk kalian terbang di ketinggian sehingga tentunya harus berkualitas agar dapat menjaga keamanan penggunanya. Nah, perkiraan untuk bisa menggunakan balon udara adalah 300 dolar Amerika Serikat per jam atau setara dengan lebih dari 4 juta rupiah. Wah, itu untuk satu jam lho guys! Padahal, untuk bisa menguasai jenis olahraga ini pasti kalian akan membutuhkan waktu berbulan-bulan dan membutuhkan latihan rutin ya. Atau kalian juga bisa membeli langsung 1 balon udara dengan biaya 20 ribu dolar Amerika Serikat atau setara dengan 280 juta rupiah. Jadi, mau dijadikan sebagai kegiatan olahraga atau sekedar untuk rekreasi sesekali aja nih guys?



Skydiving 


Jenis olahraga termahal selanjutnya adalah skydiving. Kalian mungkin berfikir hanya melihat olahraga ini di film-film yang menceritakan pekerjaan mata-mata, tapi ternyata jenis olahraga ini justru sangat populer lho! Skydiving termasuk dalam jenis olahraga ekstrem karena olahraga ini dilakukan dengan terjun payung menggunakan gaya bebas seperti penyelam yang hendak menyelam ke dasar lalu, sesuai namanya ya. Olahraga yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1919 ini tentunya gak cuma membutuhkan biaya untuk alat terjunnya aja guys, tapi juga biaya untuk perawatan alat dan pesawat yang akan membawa kalian ke tempat skydiving. Diperkirakan untuk bisa mencoba olahraga ini kalian harus menyiapkan dana sekitar 70 juta untuk sekali terjun payung. Wah, kebayang gak tuh kalian harus menyiapkan dana sebesar apa jika ingin berlatih dengan serius untuk bisa menguasai skydiving ini?



Golf 


Kalau jenis olahraga yang satu ini pasti kalian sudah pernah dengar atau bahkan pernah main ya. Yap, golf memang merupakan jenis olahraga yang gak hanya populer di luar negeri tapi juga di Indonesia. Gols juga dimainkan oleh laki-laki maupun perempuan dan banyak juga lho ajang-ajang internasional bergengsi untuk para pemain golf menunjukkan kemampuan mereka. Walaupun terkesan sederhana dan mudah, nyatanya olahraga ini tetap membutuhkan biaya yang cukup besar yaitu sekitar 38 juta hanya untuk perangkat golfnya. Kemudian, kamu gak mungkin kan bermain golf di rumah atau jalan raya karena kamu membutuhkan lapangan khusus golf dengan lapangan rumput yang luas. Nah, untuk bisa bermain di lapangan golf selama satu putaran penuh atau sebanyak 18 bulan, kamu membutuhkan dana lebih dari 2,5 juta rupiah. Masalahnya, kamu juga pasti membutuhkan banyak waktu untuk berlatih secara rutin agar dapat menguasai jenis olahraga ini. Jadi, tentu saja kamu harus menyiapkan dana untuk latihan harianmu termasuk untuk membayar pelatih ya. Nah, itu dia guys 7 jenis olahraga termahal di dunia. Ada olahraga-olahraga yang memang sudah sering kita lihat di ajang olahraga terkenal seperti SEA Game smaupun Asian Games ya. Tapi ada juga jenis olahraga yang mungkin tadinya kita pikir hanya sebagai ajang rekreasi. Jadi, apakah kamu sudah memutuskan mau mencoba 7 olahraga tadi? Atau mungkin kamu lebih suka olahraga-olahraga sederhana yang bisa dilakukan di rumah? Apapun itu, jangan lupa untuk tetap olahraga agar kesehatan fisik kalian tetap terjaga ya!


TAG