Inilah makhluk mitologi terseram yang ada di Indonesia

Berikut 6 makhluk mitologi terseram yang ada di Indonesia

Ebu Gogo

Makhluk mitologi menyeramkan pertama datang dari Flores yang bernama Ebu Gogo. Makhluk ini dipercaya memiliki tampilan makhluk hobbit atau humanoid. Dalam bahasa suku “nage”, Ebu berarti “nenek” dan Gogo berarti “dia yang memakan apapun”, termasuk bayi manusia. Jadi, tidak heran kalau makhluk ini cukup ditakuti oleh masyarakat karena dianggap suka menculik bayi penduduk sekitar. Tampilannya pun cukup menyeramkan dengan badan pendek sekitar 1 meter dan bulu lebat yang menutupi badannya. Tapi, kabarnya Ebu Gogo sudah punah karena diburu oleh manusia agar tidak membahayakan hidup mereka. 


Ahool 

Makhluk mitologi Indonesia yang menyeramkan selanjutnya adalah Ahool, yaitu monster terbang yang berbentuk seperti kelelawar raksasa. Pertama kali dikabarkan terlihat pada tahun 1995 di lereng Gunung Salak oleh ilmuwan yang sedang berjalan-jalan di sana. Namun, hingga kini keberadaannya belum dapat dibuktikan secara ilmiah dan nyata. Meskipun begitu, Ahool dipercaya memiliki penampilan layaknya kelelawar dengan kepala seperti monyet, mata hitam besar, cakar besar di tangan, bulu abu-abu lebat yang menutupi tubuh, dan bentangan sayap yang mencapai 3 meter. Ahool juga dikabarkan bermukim di hutan tropis daerah Jawa dengan mangsa utama berupa ikan-ikan besar di sungai. Uniknya, hewan mitologi ini disebut dengan Ahool karena dianggap memiliki suara berbunyi ahool.


Cindaku Sang Manusia Harimau

Harimau memang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, namun mungkin kamu belum cukup familiar dengan harimau yang satu ini. Yap, cindaku atau manusia harimau bukan merupakan harimau biasa, melainkan manusia yang berubah wujud menjadi harimau karena ilmu batin. Ilmu tersebut bukan dianggap sebagai ilmu hitam, melainkan ilmu yang diwariskan oleh nenek moyang masyarakat Kerinci murni. Bahkan tidak semua dapat melakukannya, melainkan hanya masyarakat asli dengan kemampuan  spiritual. Kabarnya ilmu tersebut diturunkan untuk menjaga batas hidup antara manusia dan harimau.


Kuda Sembrani 

Tidak hanya mitologi Yunani, nyatanya mitologi Indonesia pun memiliki hewan yang serupa dengan pegasus, yakni Kuda Sembrani. Hewan ini memiliki bentuk tubuh yang sangat gagah layaknya kuda pada umumnya, namun tentu saja dilengkapi dengan sayap raksasa pada bagian punggung. Kabarnya Kuda Sembrani merupakan tunggangan Dewa Wisnu. Namun terdapat juga sumber yang menyatakan bahwa hewan ini merupakan kendaraan raja dan ratu pada masa itu.


Banaspati 

Makhluk mitologi menyeramkan berikutnya datang dari masyarakat Jawa dan dianggap jahat karena dapat menyakiti manusia. Yap, makhluk tersebut adalah Banaspati yang merupakan sebutan bagi ruh jahat dengan ilmu hitam tingkat tinggi. Kabarnya, Banaspati berwujud seperti api yang menyala-nyala dan melayang di udara. Bentuknya seperti bola atau pusaran api dan sering dimanfaatkan sebagai media orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan ingin melenyapkan nyawa orang lain. Sekali sentakan Banaspati digadang-gadang dapat mematikan, lho!


Lembuswana 

Makhluk mitologi menyeramkan terakhir yang ada pada cerita adat Indonesia adalah Lembuswana dari Kutai. Makhluk ini dikabarkan hidup saat zaman Kerajaan Kutai dan menjadi lambang dari kerajaan tersebut hingga Kesultanan Kartanegara. Lembuswana merupakan hewan yang disucikan, bermahkota, memiliki kepala seperti singa, belalai layaknya gajah, dan sisik menyerupai ikan. Lembuswana pun diceritakan hidup sebagai penguasa Sungai Mahakam. Diceritakan pula bahwa Lembuswana merupakan kendaraan spiritual Raja Mulawarman, Raja Kutai saat itu. Guys di daerah kalian apakah ada mahluk mitologi yang dipercaya juga memiliki rupa seram? 

TAG