5 Tragedi Panggung Konser Roboh


Menonton konser atau  pertunjukan besar tentunya adalah hal yang menyenangkan. Terutama jika pertunjukan tersebut adalah pertunjukan besar dengan segala komponen properti, lighting,  dan panggung utama yang spektakuler.  Namun bagaimana jadinya panggung pertunjukan spektakuler yang di bangun dengan profesional runtuh dan ambruk di hadapan penontonnya? Selamat datang di channel terbaik dan berikut adalah 5 panggung pertunjukan besar yang ambruk di dunia. 


Panggung max muller public school
Sebuah pertunjukan musikal dalam rangkamemperingati hari ulang tahun sekolah di max muller public school karnataka India,di selenggarakan tahun 2016 lalu. Sekitar 25 siswa sedang beraksi menari dan melompat2 di atas panggung pertunjukan. Beberapa detik kemudian, pilar penyangga ambruk ke panggung dan menimpa para siswa. Para penonton pun panik dan beberapa ada yang naik ke atas panggung untuk menyelamatkan anak2 yang tertimpa pilar. Akibat kejadian ini beberapa siswa dan guru menderita luka2. 

Panggung Perayaan Women’s day 
Tahun 2009 lalu, Afrika selatan memperingati hari perempuan sedunia. Sebuah event di adakan di Pretoria, Afrika selatan yang berisi tentang perayaan kesuksesan wanita dan juga pertunjukan musik. Cuaca di kala itu sedang berangin dan tiba2 Di sela2 acara, panggung utama event ambruk dan menimpa beberapa pengisi acara. Sebelumnya, Pihak vendor pembangun panggung gagal mendapatkan sertifikat kemananan atas panggung ini. Akibat dari kejadian ini, beberapa orang menderita luka2. Namun Untungnya tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. 

Panggung konser Bluesfest
Bluefest adalah festivalmusik blues di Amerika utara. Tahun 2011 lalu bluefest festival yang berlokasi di ottawa, ontario menampilkan beberapa pemusik salah satunya adalah band Cheap trick. Setelah selesai berpentas, cuaca berubah menjadi buruk. Angin berhembus dengan kencang disertai dengan hujan dan perubahan suhu drastis. Penonton yang sudah dievakuasi menyaksikan panggung konser bluefest ambruk ke tanah. Akibatnya, beberapa orang dilaporkan mengalami luka2. Namun untungnya tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.  

panggung konser sugarland 
Duo band music country kenamaan Sugarland mengadakan konser di Indiana State Fair tahun, Indiana Amerika Serikat.  Dua jam sebelum insiden tersebut, badan cuaca telah memperingatkan akan adanya cuaca buruk di Indiana tepatnya di daerah sekitar venue konser grup musik Sugarland. Beberapa menit sebelum tenda roboh, polisi naik ke panggung memberitahukan penonton untuk berlindung. Terlihat para penonton di depan panggung sedang berlarian ketika hujan lebat dan angin kencang mulai melanda. Namun semua itu terlambat.  panggung rangka besi dilengkapi perangkat penerangan berat ambruk menimpa para penonton yang berdiri tepat di depan panggung. Akibatnya, sebanyak 40 orang mengalami luka-luka, tiga di antaranya anak-anak. Lima orang penonton lainnya tewas. Duo Sugarland selamat dari maut karena belum sempat naik panggung ketika peristiwa terjadi


Panggung konser pulkepop
Tahun 2011 lalu, Festival musik tahunan pulkepop diadakan di hasselt belgia. festival ini dihadiri puluhan ribu penonton. Awalnya mereka menunggu penampilan para musisi di arena panggung. Kemudian tiba2 angin kencang datang disertai hujan dan langitpun menjadi sangat gelap. Panggung2 kecil roboh dan membuat Para penonton keluar dari arena panggung dan berkumpul untuk mencari tempat berlindung. Tak lama, badai pun menyerang. Pohon2 tumbang menjatuhi tenda tempat mereka berlindung. Orang2 berlarian ke tempat yang lebih terbuka untuk menghindari reruntuhan. Mereka harus bertahan dari deruan angin kencang di tempat terbuka tersebut. Tenda2 juga berterbangan akibat angin badai ini.  Akibat kejadian ini, lima orang tewas  dan 40 orang  menderita luka2.

Demikianlah liputan tentang 5 panggung konser ambruk di dunia. Tetaplah berhati2 ketika anda sedang menonton konser ataupun menikmati pertunjukan.  

TAG