7 Kecelakaan Paling Fatal Sepanjang Sejarah Balap Mobil


Balap mobil dikenal sebagai olahraga yang menantang adrenalin dan penuh dengan risiko. peminat dan penonton jenis olahraga ini pun terbilang cukup banyak. Dengan tingginya resiko dari balap mobil, tak jarang sebuah balapan justru berakhir dengan kecelakaan yang menimpa para pembalapnya dan bahkan penontonnya. Selamat datang di channel terbaik dan berikut adalah 7 kecelakaan balap mobil paling tragis di dunia.



Daytona 500 - 2001
Tanggal 18 Februari 2001 lalu, di putaran final di Daytona 500 Daytona International Speedway, menjadi akhir karir dari pembalap legendaris  dale earnhardt atau yang biasa di juluki "The Intimidator". pembalap sukses dan controversial dalam sejarah NASCAR harus mengalami nasib naas ketika ia melintasi trek oval di sirkuit daytona speedway ini. mobil yang di kendarainya pada kecepatan 257 km/jam, oleng dan menyenggol mobil pembalap lain hingga ke dinding lintasan(03:31). Mobil earnhardt pun kemudian terdorong sampai keluar lintasan trek dengan kondisi ban mobil lepas dan bodimobil yang remuk. Earnhardt pun dinyatakan meninggal pada hari itu juga. 

Grand Prix Jerman - 1976
Pada tahun 1976 silam, dalam kompetisi balap grand prix jerman seorang pembalap F1 yang cukup terkenaldi masanya Niki Lauda mengalami kecelakaan di sirkuit nurburging ini. sedang berpacu dengan kencang, tiba2 suspensi mobil  Ferrari yang dikendarai nya gagal. saat Melewati belokan, mobilnya oleng dan akhirnya menabrak dinding lintasan (02:09). Mobil ferrarinya terbakar dan sempat tertabrak olehj mobil pembalap lain. Akibat insiden itu ia mengalami lukabakar serius dan menghirup asap beracun sehingga ia mengalami koma yang hampir merenggut nyawanya. Namunajaibnya Laudaberhasil selamat dan pulih serta membuatnya untuk kembali kelintasan.

National Hot Rod Association Racing (NHRA) - 2008
Tahun 2008 lalu, perlombaan kualifikasi NHRA di Oldbridge Township Raceway Park di Englishtown, New Jersey, menjadi tragedi bagi salah satu pembalap paling sukses Scott Kalitta dalam sejarah balap drag Amerika. Setelah start, mesin belakang mobil scott meledak menjadi api yang berkobar-kobar. Parasut mobil gagal untuk dibuka, dan scott kehilangan kendali yang akhirnya menyebabkan mobil menabrak dinding beton lintasan dengan 483 km/jam. Tabrakan ke dinding lintasan ini diakhiri dengan ledakan besar dari mobil scott. dan Akibat kecelakaan ini scott kalitta di nyatakan meninggal dunia.

Grand Prix Belgia - 1982
kompetisi balap mobil di grand prix belgia di zolder memakan korban. Pembalap Formula One asal Kanada bernama Gilles Villeneuve yang pernah memenangkan kejuaraan Formula Atlantik di Amerika Serikat dan Kanada mengalami kecelakaan di lintasan balap. 
Saat itu mobil Villeneuve yang dalam keadaan kencang menabrak salah satu mobil pembalap lainnya yang dalam keadaan lebih lembat. Akibatnya mobil Villeneuve terbanting ke udara dan menabrak trek hingga berguling-guling sampai ia dinyatakan tewas di lokasi kecelakaan.

Bill vukovichIndianapolis 500-1955
Pembalap Bill Vukovich berhasil memenangkan kejuaraan Indiana polis dua kali beruturut-turut, yaitu pada tahun 1953 dan 1954. Dan pada tahun 1955, ia mencoba untuk memenangkan kejuaraan itu untuk ketiga kalinya. Namun saying keinginannya untuk merebut gelar juara untuk ketiga kalinya itu berubah jadi insiden mengerikan yang merenggut nyawanya.
Pada putaran ketiga, terjadi kecelakaan yang melibatkan tiga mobil, salah satunya mobil balap Johnny Boyd yang terlempar dari lintasan balap. Sementara itu mobil Bill yang sedang melaju menabrak mobil Boyd hingga membuatnya ikut terlempar ke udara dan menabrak dinding penahan lalu meledak.

Indianapolis 500 1964 Eddie Sachs and Dave MacDonald
Pada kejuaraan Indianapolis 500 thaun 1964, salah satu pembalap bernama Dave MacDonald kehilangan kendali hingga mobilnya menabrak bagian dalam dinding lintasan pada lap kedua, menyebabkan tangki berisi 100 galon bensin meledak. Beberapa detik kemudian, mobil balap milik Eddie Sachs menabrak mobil MacDonald hingga menyebabkan ledakan kedua. Eddie Sachs dinyatakan tewas di lokasi kejadian, sementara itu MacDonald meninggal setelah dibawa ke rumah sakit.

Pierre Leveghdan 83 penonton (Le Mans)
Kecelakaan ini dikenal sebagai mobil terbang kearah penonton. Kecelakaan terjadi pada balapan Le Mans ketika Pierre Levegh tengah melaju dan jalurnya dipotong oleh Austin Healay. Mobil balap tersebut kemudian membentur tepi lapangan dan terbang kebangku penonton.
Pieree Levegh tewas seketika. Kecelakaan ini menjadi yang paling mengerikan sepanjang sejarah karena 83 orang tercatat meninggal dan 120 orang lainnya luka-luka.
Perlombaan itu diikuti tiga tim yakni Ferrari, Jaguar dan Mercedes-Benz. Setelah kecelakaan tersebut, tim Mercedes-Benz menarik diri dari kompetisi, sebagai penghormatan atas rekan mereka yang meregangnyawa di lapangan balap. Kecelakaan paling tragis dan parah dalam sejarah dunia balap terjadi pada kejuaraan Le Mans tahun 1955. Dari 100 penonton yang hadir, 82 orang tewas akibat insiden mengerikan ini.
Semua berawal ketika perlombaan baru berjalan selama dua jam. Pembalap Pierre Levegh yang mengemudikan Mercedes-Benz 300 SLR berusaha untuk menyusul Austin Healey. Secara tak sengaja, Levegh menabrak bagian belakang mobil Austin dan membuat mobil Mercedes terlempar keudara dan menghancurkan tanggul lintasan.
Puing-puing mobil levegh menghantam para penonton yang tengah asyik menyaksikan lomba balap tersebut. Akibatya, 82 penonton dinyatakan tewas termasuk Levegh.

Roland Ratzenberger - 1994
Dibayangi oleh kematian Ayrton Senna pada hariberikutnya, Roland Ratzenberger meninggal di Imola, tahun 1994. Ratzenberger mendefinisikan istilah “up-and-comer”, pada tahun 1994, ia menandatangani kontrak lima balapan dengan upstart Simtek racing, dan selesai di Sirkuit TI di Jepang.
Ratzenberger tewas selama menjalankan kualifikasi di Imola.
Dia telah mengalami kerusakan mobil pada putaran sebelumnya dan berusaha untuk mengamankan posisi terakhir, ketika tekanan angin yang disebabkan oleh kecepatan yang tinggi merobek sayap mobil. Sayap meluncur di bawah mobil, yang gagal membuat sudut dan menabrak dinding pada kecepatan 313 km/jam.
pemakaman Ratzenberger dihadiri oleh Presiden Formula Satu Max Mosley, yang kemudian berkomentar bahwa "Roland telah dilupakan. Jadi aku pergi kepemakaman karena orang lain telah pergi kepemakaman Senna..”Saya pikir itu adalah hal penting bahwa orang datang kepemakamannya. "

Demikianlah liputan tentang 7 Tragedi menyedihkan Cinta Ditolak Di tempat Umum. Silahkan tinggalkan komentar di bawah dan jangan lupa like serta subscribe channel terbaik. Terima kasih telah menonton dan sampai jumpa lagi.


TAG