7 Kegagalan Arsitektur Terparah di Dunia


Ada banyak prestasi dalam bidang arsitektur dan desain sejak seperempat abad yang lalu, namun seiring dengan seni arsitektur yang terus berkembang, kita juga dapat melihat banyak kegagalan terjadi karena adanya eksperimen dari para arsitek dan insinyur yang justru aneh dan berakibat fatal hingga berujung kematian. Selamat datang di channel terbaik dan berikut adalah 7 Kegagalan Arsitektur Terparah di Dunia.


1. Vdara Hotel & Spa Las Vegas
Hotel dibuka pada bulan Desember 2009 dan menampilkan struktur unik yang melengkung. Namun, disain ini menyebabkan sinar matahari berkumpul dan dipantulkan ke area kolam renang hotel. sinar ini dinamakan sinar kematian. Para tamu yang berjemur di dekat hotel tersebut mengaku sering merasakan badan terbakar, seperti Bill Pintas, yang mengklaim bahwa sinar kematian ini membakar rambutnya dan melelehkan kantong plastik yang ada didekatnya.

2. Tacoma Narrows Bridge Washington
Tacoma Narrows Bridge adalah jembatan gantung terpanjang ketiga di dunia saat dibuka untuk umum pada 1 Juli 1940, namun ditutup empat bulan kemudian setelah jembatan itu runtuh dengan spektakuler. Penyebab keruntuhannya adalah material yang digunakan tidak memadai untuk menjaga biaya konstruksi tetap rendah. hal ini mengakibatkan jembatan bergoyang-goyang saat angin kencang berhembus.Jembatan ini akhirnya runtuh pada 7 November 1940, di bawah tekanan angin 40 mil per jam.

3. Lotus Riverside, Shangha
Lotus Riverside adalah kompleks apartemen residensial di Shanghai yang terdiri dari sebelas bangunan berlantai 13. Pada pagi hari tanggal 27 Juni 2009 bangunan tersebut runtuh. Penyebab keruntuhan ini disebabkan penggalian yang sedang berlangsung untuk membuat garasi bawah tanah. Tanah yang diambil dari bawah bangunan dibuang ke tempat pembuangan sampah di dekat sungai kecil, dan beratnya menyebabkan sungai itu runtuh. Air dari sungai kemudian meresap ke tanah, mengubah pondasi bangunan menjadi lumpur.

4. The Walt Disney Concert Hall Shoots Heat Rays Los Angeles
Frank Gehry adalah salah satu arsitek yang terkenal dengan rancangan gilanya seperti bangunan yang berbentuk gelombang. seperti halnya bangunan The Walt Disney Concert Hall Shoots Heat Rays yang meminmbulkan beberapa masalah seperti selalu menjatuhkan salju ke pejalan kaki, membakar apapun yang ada didekatnya karena bangunan ini dapat memantulkan cahaya matahari. cahaya yang dipantulkan ini dapat memanasakan kondominium tetangga, seperti Promenade Towers, sekitar 15 derajat atau lebih dan dapat memanaskan jalan hingga 140 derajat.

5. Rana Plaza, Savar Upazila, Bangladesh
Gedung komersial Rana Plaza, Savar Upazila, Bangladesh 8 lantai dibangun tanpa izin. Ketika retak mulai muncul di dinding dari bank dan toko-toko di lantai bawah, gedung ini dievakuasi. Lantai atas, yang merupakan pabrik pakaian, masih digunakan saat strukturnya gagal pada 13 Mei 2013. Lebih dari 1.100 orang terbunuh.

6. Sampoong Department Store, Seoul, South Korea
Awalnya hanya memiliki lima lantai, department store memiliki lantai enam dengan ditambahkan kolam renang. Dibangun pada tahun 1987 menjelang pergantian tahun 1988 saat korea selatan menjadi tuan rumah Olimpiade, struktur tersebut memiliki beberapa masalah serius sampai tahun 1995, saat itu retakan mulai muncul di langit-langit lantai 5. Pada tanggal 29 Juni, bangunan tersebut roboh, menewaskan 502 orang. Struktur beton tidak bisa menahan beban lantai tambahan, terutama setelah AC besar ditambahkan.

7. Summerland Amusement Park, Isle of Man, United Kingdom.
Perekonomian Inggris pada tahun 1970an bergantung pada pariwisata, jadi fasilitas hiburan indoor bisa tetap buka sepanjang tahun. Sayangnya, struktur Summerland Amusement Park dibangun dengan banyak kekurangan desain. Papan dinding yang seharusnya tahan api, dan yang serius mereka membangun atap dengan material yang terbuat dari akrilik. Ketika remaja yang sedang merokok tiba-tiba menyebabkan kebakaran pada Agustus 1973, bangunan itu segera dilalap api. Lima puluh orang terbunuh dalam kebakaran, 11 di antaranya anak-anak.

Demikianlah liputan tentang 7 Kegagalan Arsitektur Terparah di Dunia.
Bagaimana menurut anda? silahkan tinggalkan komentar di bawah.
Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa lagi.
TAG