7 tempat misterius yang muncul dan menghilang mendadak di bumi


Pemanasan global dan naiknya permukaan air laut adalah beberapa penyebab sebuah tempat tenggelam atau menghilang. Uniknya, terdapat beberapa tempat di dunia yang tidak sepenuhnya menghilang karena tempat2 tersebut juga mampu muncul kembali secara tiba2. Selamat datang di channel terbaik dan berikut adalah 7 tempat misterius yang muncul dan menghilang mendadak di bumi.


stambeshwar mahadev temple india
tempat ibadan umat hindu ini terletak di  Kavi Kamboi, Gujarat, India. stambeshwar mahadev ditemukan sekitar 50 tahun yang lalu di laut arabian pantai Cambay. Tempat ibadah ini hanya bisa dikunjungi saat air laut sedang surut yang biasanya terjadi di pagi hari. Surutnya air laut tak akan bertahan lama. Jika anda terlambat datang, bersiap2 lah melihat stambeshwar tergenang dan bahkan tenggelam oleh air laut saat sedang pasang. Pengunjung tempat ibadah ini justru menghabiskan waktu yang lebih lama agar bisa melihat proses tenggelamnya stambeshwar mahadev.

St Michael’s Mount
St Michael’s Mount terletak sekitar 800 meter di lepas pantai Cornwall, Inggris barat daya. Kastil abad pertengahan yang terletak di pulau ini diberi nama dari salah seorang santo yang paling penting pada Abad Pertengahan yaitu St Michael. ketika teluk yang mengitarinya sedang surut. Pulau ini bisa ditempuh dengan berjalan kaki dari kampung Marazion di Pulau. Dan ketika sedang surut, anda bisa melihat jembatan sepanjang 800 meter yang menghubungkan tempat ini ke Marazion. Ketika gelombang sedang pasang, jembatan penghubung akan tenggelam. namun, Menelusuri jembatan batu tersebut bukanlah satu-satunya cara untuk sampai ke pulau ini. karena ketika sedang pasang, Anda tetap bisa pulang dan  pergi meggunakan perahu warga setempat. Kabarnya tempat ini hanya dihuni oleh 25orang penududk saja. Namun wisatawan yang mengunjungi tempat ini cukup banyak.

jindo island korea selatan
Jindo adalah sebuah pulau yang terletak di sebelah barat daya Semenanjung Korea tak jauh dari pulau modo. pulau ini di sebut2 memiliki laut/selat belah ajaib ala nabi musa. setiap tahunnya, akan terjadi fenomena alam yang menakjubkan di pulau ini.  selat sepanjang 2,3 km yang membelah Pulau Jindo dan Pulau Modo akan mengering selama satu jam dan menyisakan jalanan di tengah2 selat. Dan selama satu jam tersebut, para pengunjung akan merayakan festival Jindo Miracle Sea Road Festival' dimana mereka akan berjalan di tengah2 laut dari Pulau Jindo menuju  Pulau Modo.

White Island, Filipina
Terletak di pulau wisata camiguin filipina, white island sebenarnya adalah sebuah sandbar atau endapan memanjang yang memiliki ujung menyatu di laut/teluk. Sandbar ini awalnya berbentuk menyerupai sepatu kuda. Namun dikarenakan pasang surut air laut, menjadikan bentuk sandbar ini berubah dari waktu ke waktu.  White island tentunya hanya bisa di kunjungi saat air laut sedang surut. Untungnya hal tersebut terjadi di pagi hari dimana pengunjung bisa menikmati keindahan white island tanpa terbakar sinar matahari. Di siang hari cuaca bisa di white island menjadi sangat panas dan tidak di sarankan untuk dikunjungi. dan di saat itulah juga, air laut di sekitar sand bar ini pasang sehingga menenggelamkan permukaannya.

passage du gois perancis
Bersiap2lah untuk menguji adrenalin anda ketika melewati  jalanan yang satu ini. assage du Gois adalah nama dari sebuah jalan di Prancis yang dapat timbul dan tenggelam terendam air laut. terletak di Teluk Bourgneuf di Prancis, Jalan ini membentang menghubungkan Pulau Noirmoutier ke daratan utama Vendee. Selama 1-2 jam setiap harinya, air yang berada di sisi kiri dan sisi kanan akan surut sehingga membuat Passage du Gois dapat diakses. Setelah itu pasangnya air laut akan membuat jalan ini tenggelam hingga 1,3 meter dari permukaan laut.  Meski tanda peringatan air pasang sewaktu-waktu telah ditulis di kedua sisi jalan tapi setiap tahunnya tetap banyak pengunjung yang terjebak air laut pasang. jika hal tsb terjadi, maka pengguna jalan dapat menyelamatkan diri dengan memanjat menara-menara penyelamatan, menunggu hingga diselamatkan atau menunggu air kembali surut.

Angel Road – Jepang
Angel Road adalah sebuah pantai laut dangkal yang terletak di Pulau Shodoshima Prefektur, Kagawa, Jepang. Saat pasang pantai ini nampak seperti pantai pada umumnya. Tapi saat air surut, kita akan menjumpai lautan terbelah menjadi  2 sehingga kita bisa berjalan melintasi laut ini menuju pulau kecil diseberangnya. Angel road menghubungkan Pulau Bentenjima dan Pulau Nakayoshima. pantai dangkal ini hanya muncul dua kali dalam sehari tergantung pasang surutnya air laut. Saat sedang surut, Angel Road dapat terlihat dan disaksikan dari berbagai penjuru. Seperti dari Pulau Bentenjima, Pulau Shouyoshima, Pulau Daishima, dan Pulau Nakayoshima. 

Mont-Saint-Michel Perancis
Mont Saint-Michel adalah sebuah pulau pasang berbatu di Normandi, pesisir utara Perancis. Pulau ini awalnya terhubung dengan daratan utama melalui sebuah jembatan darat yang melintasi  sungai. namun pada saat sungai sedang pasang, jembatan penghubung tersebut akan tenggelam yang membuat tempat ini di juluki sebagai pulau pasang. Mont saint michel dinobatkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.  Kastil ini juga diebut2 sebagai keajaiban dari barat karena pada saat air pasang, kastil ini seakan2 timbul dari tengah tengah laut. Mo0nt saint michel sendiri di tinggali oleh sekitar 60 penduduk saja namun wisatawan yang mengunjungi tempat indah ini bisa mencapai ratusan ribu setiap tahunnya.

Demikianlah liputan tentang 7 tempat misterius yang muncul dan menghilang mendadak di bumi.
Bagaimana menurut anda? silahkan tinggalkan komentar di bawah.
Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa lagi.
TAG