7 lubang besar misterius di dunia


Terdapat banyak tempat-tempat misterius di dunia ini yang belum terpecahkan asal usulnya.  Salah satunya adalah misteri tentang lubang-lubang besar yang muncul secara tiba-tiba di permukaan bumi. Selamat di channel terbaik dan berikut adalah 7 lubang besar misterius di dunia.


guatemala city
Lubang yang satu ini menganga lebar di sebuah perempatan jalan di Guatemala City. sebelumnya selama beberapa hari, para penduduk sekitar mendengar suara bergemuruh . namun mereka tidak mengetahui apa yang sebenarnya terjadi. kabarnya, lubang ini muncul akibat runtuhnya sistem pengairan yang berada di bawah permukaan tanah pada saat badai agatha melanda kota tersebut. saat badai menghempas, tiba-tiba sepetak tanah runtuh seketika dan mengakibatkan longsor. Lubang ini berdiameter sekitar 20 meter dan berkedalaman hampir 30 meter.  Lubang raksasa yang menelan korban dan kerugian material di Guatemala ini bisa disebut2 sebagai lubang yang misterius. dan dilaporkan bahwa lubang ini telah menelan 3 orang korban.

door to hell
door to hell atau pintu neraka menjadi sebutan untuklubang yang satu ini. lubang raksasa menganga bagaikan kawan gunung berapi yang Di dalamnya terdapat api yang menyala-nyala menjadikanlubang ini semakin pantas di sebut sebagai pintu neraka. tahun 1971 silam, insinyur melakukan pengeboran gas di daerah tsb. namun mereka melakukan kesalahan fatal. Bor mereka  menembus gua bawah tanah dan tanah di atasnya runtuh membentuk kawah besar yang mengeluarkan gas beracun. para insinyur sepakat membakar gasnya agar tidak meracuni orang di sekitarnya. Mereka sangka apinya akan padam dalam waktu singkat. Namun hingga 40 tahun lebih, api dari lubang ini tetap membara.

deans blue hole
deans blue hole adalah Lubang biru/gua bawah air terdalam di dunia yang memiliki kedalaman sekitar 202 meter atau (663 kaki). menurut sebuah sumber, lubang biru yang terletak di di bay west di Clarence Town di Long Island, Bahama ini,  terbentuk sejak zaman es. Lubang ini terbentuk oleh air tanah yang secara bertahap melarutkan batu kapur di dasar dinding laut hingga langit-langitnya perlahan semakin rapuh dan runtuh. Kemudian seiring perkembangan waktu, permukaan laut naik dan mengisi lubang runtuhan tersebut dengan air. Jika Anda menyelam ke dalam gua bawah air ini, Anda akan mendapati bagian dalam gua yang ternyata jauh lebih luas lagi daripada permukaannya. sungguh menakjubkan.

bimmah sink hole
terletak jauh dari Muscat ibu kota negara Oman, lubang Bimmah ini kabarnya terbentuk dari meteorit yang jatuh berabad-abad lalu. Namun menurut sumber lain, Bimmah adalah sinkhole atau lubang patahan yang terbentuk karena proses natural runtuhnya permukaan tanah. seiring berjalannya waktu , Lubang patahan ini kemudian terisi air. lubang ini memiliki lebar 40 meter dengan kedalaman 20 meter. Tersembunyi di balik tebing padas gersang yang membuatnya bagaikan tetesan oasis dari langit. air yang memukau dengan warna biru kehijauan menjadikan lubang bimmah sebagai  tujuan wisata turis domestik dan juga mancanegara.

YAMAL SINKHOLE
berlokasi di di Semenanjung Yamal, Siberia, Rusia kemunculan sebuah lubang misterius menggegerkan dunia. Menariknya, tempat di mana kawah itu ditemukan adalah Yamal -- yang berarti 'akhir dunia' -- dalam bahasa penduduk asli Nenets.  Lubang yang seakan tak berdasar itu ditemukan oleh helikopter milik industri migas yang terbang di atas wilayah utara Siberia -- kawasan yang terkenal karena sebuah peristiwa dahsyat.  Di lokasi tersebut, tubrukan meteor paling berpotensi mematikan di era modern -- Peristiwa Tunguska --pernah terjadi pada tahun  1908. para ilmuwan memprediksi bahwa lubang ini tercipta kerana kelebihan tekanan gas, yang membuat permukaan tanah terhempas.

kola superdeep borehole
di bawah tutup besi yang berkarat tersebut terdapat sebuah lubang buatan manusia yang terdalam di bumi. Dikenal dengan nama Kola Superdeep Borehole, lubang yang terletak di Murmansk, Rusia ini mencapai kedalaman 12 kilometer ke kerak bumi, sekitar dua kilometer lebih dalam dari Palung Mariana yang merupakan bagian terdalam dari lautan. lubang yang dibuat sebagai proyek pengeboran ini berhasil menembus laut sedalam 3.600 meter dan terus mengebor hingga 183 meter di bawah dasar lautan. Begitu pengeboran mencapai kilometer ketiga di bawah tanah, perubahan temperatur meningkat secara tiba-tiba hingga mencapai mencapai 180 celcius. Akhirnya, proyek ini resmi ditutup pada tahun 2005 dan lubang ini menjadi terbengkalai.

Glory Hole, monticello dam
Glory Hole merupakan lubang yang terdapat pada bendungan monticello yang terletak di Napa County, California, Amerika Serikat.  di bangun pada tahun 1953 sampai tahun 1957, glory hole merupakan model pembuangan air terbesar didunia. walaupun sebagian orang menganggap lubang ini adalah lubang yang misterius namun sebenarnya glory hole merupakan spillway atau saluran air) yang dibuat untuk menghindari air Bendungan Monticello meluap  saat bendungan mencapai batas tampung maksimum.

Demikianlah liputan tentang 7 lubang besar misterius di dunia.
Bagaimana menurut anda? silahkan tinggalkan komentar di bawah.
Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa lagi.
TAG