7 pesta pernikahan kerajaan paling keterlaluan mewahnya


Pernikahan tentulah menjadi momen bersejarah bagi setiap orang. Tak heran para mempelai melangsungkan pernikahan dengan niat agar menjadi suatu momen yang tidak terlupakan dalam perjalanan hidupnya, tak terkecuali di lingkungan kerajaan. pernikahan kerajaan pasti sangat menarik untuk diikuti. Sejumlah pernikahan kerajaan pun dinobatkan sebagai pernikahan termahal di dunia. pernikahan siapa saja kira-kira ya?. Selamat datang di channel terbaik dan berikut adalah 7 pesta pernikahan kerajaan paling keterlaluan mewahnya.


1. Pangeran William-Kate Middleton
Pernikahan pangeran Kerajaan Inggris dengan warga biasa bernama Kate Middleton ini dinobatkan sebagai yang termewah di Abad 21. Kerajaan menggelontorkan USD 34 juta (senilai Rp 441 miliar) untuk pesta pora yang berlangsung dua pekan.  Pesta William dan Kate diulas habis-habisan oleh media massa seluruh dunia. Untuk biaya hiasan bunga sepanjang katedral hingga lokasi resepsi, Kerajaan Inggris mengeluarkan USD 800 ribu atau sekitar 10,4 M rupiah dan Gaun Kate yang indah ini diperkirakan seharga USD 300 ribu atau sekitar 39 M rupiah. Biaya paling besar tersedot ke acara pemberkatan dan arak-arakan. Khusus ongkos hari-H saat William menikahi kekasihnya sejak kuliah itu, analis memperkirakan kerajaan menggelontorkan dana hingga USD 10 juta atau setara 130 Milliar rupiah.

2. Pangeran Charles-Putri Diana
Ayah Pangeran William ini ternyata lebih gila-gilaan ketika menikah pada 1981 lalu. Saat menyunting Putri Diana, kerajaan Inggris menghabiskan USD 48 juta. Jika ditaksir menggunakan kurs saat ini, nilainya setara Rp 1,3 triliun. Seluruh media massa saat itu menyebutnya pernikahan itu adalah pernikahan termewah pada abad 20. Putri Diana dikenang karena mengenakan gaun pengantin yang panjangnya hingga 7,6 meter. sedangkan kue resepsinya memiliki tinggi mencapai 3 meter. Lalu cincin emas murni yang kabarnya senilai USD 65 ribu atau sekitar Rp 581 juta.

3. Raja Muhammad VI-Putri Lalla Salma
Pernikahan bangsawan Maroko ini digelar pada 2004 di Ibu Kota Rabat. Sang raja sudah naik tahta sejak 1999, namun baru menikah lima tahun kemudian. Raja Muhammad VI bertemu Lalla Salma Bennani di sebuah pesta dua tahun sebelum pernikahan. Keduanya sama-sama insinyur teknik komputer yang kuliah di Amerika Serikat. Pernikahan ini digelar habis-habisan, berlangsung seminggu dan mengundang lebih dari 100 ribu tamu. Salah satu tokoh dunia yang diundang adalah mantan Presiden AS Bill Clinton. Usut punya usut, Raja Muhammad VI menggelontorkan USD 10 juta atau setara setara Rp 129 miliar untuk acara pernikahannya ini.

4. Raja Felipe-Putri Letizia Ortis
Bangsawan Kerajaan Spanyol ini menikah pada 2004. Digelar hanya selang tiga bulan setelah pesta besar Raja Maroko, keluarga Raja Felipe seakan tak ingin kalah. Dana senilai USD 29 juta (setara Rp 376 miliar) digelontorkan untuk acara pernikahan yang digelar di Ibu Kota Madrid dan beberapa lokasi lain. Felipe dan Putri Letizia Ortis Rocasolano menyewa 18 ribu tenaga pengamanan, termasuk polisi dan tentara, untuk mengamankan pesta mereka. Di sekitar Katedral Nuestra Senora yang jadi lokasi pemberkatan, digelar karangan bunga indah senilai USD 1 juta.
Selain pesta yang sudah pasti meriah dengan hidangan kelas satu, pemimpin kerajaan Spanyol itu memberi mas kawin kepada Letizia berupa 13 koin emas senilai miliaran rupiah yang sesuai tradisi kerajaan.

5. Syekh Muhammad-Seikha Hind Binti Maktum
Sepanjang sejarah modern, kabarnya pernikahan sang penguasa Kerajaan Dubai ini yang paling mewah. Pesta digelar untuk seluruh rakyat pada 1979. Sampai-sampai kerajaan Uni Emirat Arab menyewa khusus stadion terbesar di Dubai agar tamu undangan bisa tertampung semuanya. Pesta digelar selama tujuh hari tujuh malam. Di luar rakyat Dubai, tamu kenegaraan mencapai 20 ribu orang. media masa menyebutnya pernikahan nasional. Tak cuma menjamu makanan, Syekh Muhammad yang kini sudah lengser dari posisinya, menggelar pacuan kuda dan atraksi aerobatik Angkatan Udara Dubai. Setiap bulan, setahun setelah pesta itu, sang raja mengunjungi setiap desa dan membagikan makanan. Total biaya yang dikeluarkan sang emir Dubai kabarnya mencapai USD 44,5 juta. Disesuaikan kurs masa kini, nilainya mencapai Rp 1,6 triliun.

6. Abdul Malik - Dayangku Raabiatul Adawiyyah
Pernikahan Pangeran Kerajaan Brunei Darussalam, Abdul Malik dengan Dayangku Raabiatul Adawiyyah di Bandar Seri Begawan mencengangkan seluruh dunia. pernikahan mewah yang digelar selama 11 hari sejak pekan lalu itu diperkirakan menghabiskan minimal USD 5 juta (setara Rp 64,9 miliar). Pernikahan anak kedua Sultan Hassanal Bolkiah itu dinobatkan sebagai yang termewah pada tahunnya. banyak media masa sampai membuat taksiran harga terkait beberapa pernak-pernik mewah dalam pesta tersebut. Sepatu sang mempelai perempuan, merek terkenal Loubotin, bertabur zamrud dan emas murni. Harga normal sepatu itu, tanpa hiasan batu mulia saja diperkirakan mencapai Rp 47 juta. belum termasuk busana dan segala hiasan emas yang dikenakan Adawiyyah dan suaminya juga terlihat mahal dan juga segala jenis hidangan mewah buat menjamu 5.500 tamu kenegaraan yang diundang Sultan.

7.  Pangeran Albert II dan Charlene Wittstock (Monaco)
Seperti ayahnya, Pangeran Albert II dari Monako juga memilih menikah dengan wanita yang bukan keturunan kerajaan. Putra dari Pangeran Rainer III dan Grace Kelly itu menikahi seorang atlet renang cantik asal Afrika Selatan, Charlene Wittstock. Pernikahan megah mereka digelar di Monte Carlo pada 1 Juli 2011. Charlene, anak seorang penjual fotokopi asal Afrika Selatan, tampil memukau dengan gaun Armani yang terbuat dari 130 meter sutera dan dihiasi 40 ribu kristal. Setelah itu, di hadapan sekitar 800 undangan, pasangan tersebut saling bertukar cincin emas dan platinum 18 karat dari House of Cartier. Sekitar 3.800 orang yang menyaksikan pernikahan tersebut di luar istana melalui layar raksasa ikut bergembira. total biaya pernikahan tersebut ditaksir menghabiskan dana luar biasa sekitar USD 65 Juta yaitu hingga 1 T rupiah lebih.

Demikianlah liputan tentang 7 pesta pernikahan kerajaan paling keterlaluan mewahnya.
Bagaimana menurut anda? silahkan tinggalkan komentar di bawah.
Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa lagi.
TAG