6 Fakta Konyol yang Sebenarnya Benar


Seringkali kita mendapat infomasi dari berbagai penjuru, misalnya dari TV, radio, media cetak hingga mulut ke mulut. Dari informasi tersebut pasti ada yang akurat, tapi itu juga ada yang palsu atau disebut hoax. Bahkan ada informasi yang sebenarnya terdengar sangat konyol. Namun kenyataannya konyol itu malah benar adanya. Kadang hal menarik yang ada di sekitar kita yang tidak kita sadari. Selamat Datang di channelterbaik.com dan kali ini kita akan membahas tentang  6 Fakta Konyol yang Sebenarnya Benar.

1. Goresan Kertas Lebih Sakit dari Benda Tajam Lainnya
Fakta konyol yang pertama mungkin sangat tidak masuk akal bagi kita kenapa goresan kertas lebih menyakitkan daripada goresan pisau atau benda tajam lainnya. Kenapa seperti itu? Sebab saat terkena kertas hanya ada sedikit darah atau darah tidak keluar sama sekali, yang membuat ujung saraf terbuka jadi terganggu. Menurut penelitian para ilmuwan Scientific American, luka tergores kertas itu sebenarnya bukan hanya sobekan kecil seperti yang terlihat. Tetapi luka bergerigi yang memotong tepat melalui kumpulan sel-sel saraf yang paling sensitif. Maka dari itu goresan kertas lebih menyakitkan ketimbang benda tajam yg lain.

2. Orang Bisa Merasakan Sakit Saat Melihat Orang Lain Kesakitan
Pernahkah kamu merasa ikut kesakitan saat melihat orang lain berdarah atau mengalami patah tulang yang jelas terlihat? Jika iya, maka sensasi sakit yang dirasakan tersebut bukan hanya imajinasi saja melainkan memang tubuh Anda sedang kesakitan. Menurut penelitian, 1,6% orang bisa merasakan sakit saat melihat orang lain kesakitan. Tetapi tidak semua orang bisa merasakan keadaan seperti ini. Hal itu bisa dirasa oleh orang-orang dengan empati tinggi.

3. Kembar Tetapi Beda Orang Tua
Jika dulu kita mendengar mitos bahwa setiap manusia memiliki 7 kembaran di dunia, ternyata hal itu benar adanya. Namun hal tersebut bisa di jelaskan penyebabnya. Menurut Daniele Podini, ilmuwan forensik dan pakar pengenalan wajah di George Washington University, fenomena doppelganger alias wajah ‘kembar’ tanpa hubungan darah alasannya adalah karena jumlah populasi keseluruhan manusia dan fakta bahwa genetika manusia bekerja secara acak. Meskipun fitur dan karakteristik manusia bervariasi dari hewan lain, tapi gen kita tidak. Bahkan, manusia tidak sepenuhnya beragam secara genetika. Tapi hal ini tidak berarti mereka adalah benar-benar duplikat. Ada sedikit kemiripan dari orang tersebut, karena persepsi masing-masing orang didasari oleh pengalaman pribadi dan ini juga berhubungan dengan sistem kerja otak kita.

4. Bunga Tumbuh Lebih Cepat Dengan Iringan Musik.
Dengan sebuah musik, psikis seseorang bisa berubah dengan cepat, bisa menjadi senang, sedih, depresi, semangat, ataupun malas. Namun, bagi makhluk hidup lainnya seperti binatang atau pun tumbuhan, musik itu tidak hanya berpengaruh pada psikisnya saja, tapi pada fisik juga. Walaupun tidak memiliki otak, tumbuhan pun memiliki kemampuan untuk merasakan cahaya, suhu hingga getaran. Pada tanaman atau tumbuhan, mendengar suara atau musik melalui sebuah getaran suara. sehingga harmonisasi suara bisa berubah menjadi harmonisasi getaran. Hal seperti ini ternyata mampu mempengaruhi pertumbuhan pada bunga atau tanaman menjadi lebih cepat karena getaran-getaran dari irama suara musik.

5. Warna Ikan Mas Akan Hilang Saat di Tempat Gelap
Ikan mas memang dapat mengubah warna tubuhnya sesuai intensitas cahaya. Mereka memproduksi pigmen berdasarkan asupan cahaya sama seperti manusia. Ikan memiliki sel­-sel yang disebut kromatofora, yang menghasilkan pigmen memberikan warna atau memantulkan cahaya. Warna ikan bergantung terhadap pigmen dalam sel, semakin banyak sel yang berkerumun dalam pigmen dan tersebar keseluruh sitoplasma maka semakin cerahlah warna ikan tersebut. Jika ikan mas disimpan dalam ruangan tanpa cahaya tentu akan mengubah warna sisiknya menjadi lebih pucat.

6. Bebek yang Baru Menetas Akan Menganggap Siapapun Yang pertama dilihatnya Sebagai Orang Tuanya
Jika kalian pernah menonton serial kartun Tom And Jerry, dimana si tikus jerry dianggap ibu oleh seekor anak bebek yang baru menetas. Ternyata hal itu memang benar. Entah kenapa hal tersebut bisa terjadi, tetapi siapapun yang paling sering dilihat anak bebek itu dalam waktu 10 menit awal sejak kelahirannya, dialah yang akan dianggap sebagai ibu oleh anak bebek tersebut.

Demikianlah liputan tentang 6 Fakta Konyol yang Sebenarnya Benar.
Bagaimana menurut anda? silahkan tinggalkan komentar di bawah.
Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa lagi.
TAG