7 Fakta Black Panther

Film Black Panther diputar perdana di bioskop Indonesia pada 14 Februari 2018. Film keluaran Marvel Studios itu mengisahkan perjuangan T’Challa (Chadwick Boseman) setelah ayahnya Raja Wakanda T'Chaka, meninggal. Setelah berakhirnya cerita film Captain America: Civil War (2015), T'Challa kembali ke kampung halamannya di Afrika untuk meneruskan tahta ayahnya. Keberanian T’Challa sebagai raja dan Black Panther diuji saat ia harus menghadapi konflik yang membahayakan Wakanda dan seluruh dunia. Sebelum menyaksikan aksi Black Panther di layar bioskop, setidaknya ada beberapa fakta yang perlu diketahui dari sosok T'Challa si Black Panther. Selamat datang di channelterbaik.com dan kali ini kita akan membahas tentang 7 Fakta Black Phanter.


1. Kemunculan perdana Black Panther
Black Panther kali pertama muncul pada 52 tahun lalu lewat Marvel Comics yang berjudul "Fantastic Four Vol.1" pada 1966. Sedangkan pada filmnya yang digarap Marvel Studios, Black Panther muncul dalam film Captain America: Civil War. Ketika itu ia menemani Raja Wakanda, ayahnya, menghadiri sebuah kongres. Namun ayahnya tewas akibat serangan bom. Saat terjadi konflik antara kubu Captain America dan Iron Man, Black Panther berkomplot dengan Iron Man yang kemudian berbalik mendukung Captain America. Dalam film Black Panther, Chadwick Boseman kembali memerankan T’Challa. Ia mengemban kewajiban sebagai seorang pemimpin bagi bangsanya sekaligus menemukan tempatnya di dunia.

2. Wakanda berteknologi maju
Kerajaan Wakanda dikenal sebagai negara Afrika berteknologi maju meskipun terisolasi dari dunia luar. Kerajaan tersebut selalu berada dalam pengawasan SHIELD karena Wakanda adalah negara pemasok utama Vibranium yang digunakan di seluruh dunia. Vibranium diakui sebagai metal paling kuat dalam Marvel Cinematic Universe dan metal ini juga digunakan untuk membuat perisai Captain America.

3. Dikawal Pasukan Wanita Tangguh
Tidak seperti pemimpin dunia lain yang mengandalkan jasa para bodyguard pria, pasukan pengawal Black Panther adalah para wanita perkasa berjuluk Dora Milaje. Tidak hanya pandai bela diri, wanita-wanita ini merupakan pejuang elit yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata dan selalu berkepala plontos. Kerajaan Wakanda memiliki para ksatria perempuan yang begitu banyak. Dalam sejarah Marvel, film Black Panther memiliki karakter perempuan terbanyak yang pernah dirilis. Beberapa perempuan tangguh dari Wakanda di antaranya adik perempuan T’Challa, Princess Shuri (Leititia Wright); Dora Milaje, kelompok pasukan keamanan elit Wakanda yang semua anggotanya adalah perempuan dan dipimpin oleh Okoye (Danai Gurira); Nakia (Lupita Nyong’o) sebagai mata-mata Wakanda, serta ibu dari T’Challa, Ramonda (Angela Bassett).

4. Black Panther Lebih Kaya Dari Iron Man
Tokoh T'Challa yang beraksi sebagai Black Panther adalah seorang raja di negeri Wakanda. Wakanda sendiri adalah wilayah fiksi yang terletak di benua Afrika, dengan kekayaan Sumber Daya Alam melimpah, khususnya vibranium. Namun sayangnya, kekayaan Wakanda sengaja disembunyikan dari dunia luar untuk menghindari eksploitasi negara-negara barat. Karena eksklusifitas itulah, banyak pihak tidak mengetahui jika Black Panther memiliki jumlah kekayaan yang hampir tak terbatas. Hal ini tentu berbanding terbalik dengan sosok Iron Man yang memang seorang publik figur dan kekayaannya sudah bisa diukur.

5. Kemampuan Black Panther
Dalam buku komik, kemampuan asli Black Panther adalah kecepatan, kekuatan, dan kelincahannya. Dengan pertimbangan beberapa factor, Marvel menampilkan Black Panther dengan memiliki teknik bertarung yang ia pelajari dari latihannya di hutan. Kemampuannya terbentuk dari beberapa binatang, tidak hanya kucing. Dia bisa menjadi ular, atau berbagai gaya lainnya. Tentu saja ada juga kemampuan untuk melakukan capoeira (seni bela diri asal Brasil). Senjata andalannya pun terletak pada tangannya yang bisa memunculkan cakar tajam dari vibranium, yang sudah tidak diragukan lagi kekuatannya.

6.  Kostum Terbaik
Selain Iron Man, yang dilengkapi dengan kostum berteknologi canggih, Black Panther juga memiliki kostum terbaik yang dilengkapi dengan teknologi paling maju dalam film tersebut. Seperti dikatakan sebelumnya, Wakanda memiliki sumber daya alam vibranium yang melimpah. Dalam dunia Marvel, vibranium merupakan metal terkuat yang sering digunakan oleh superhero. Hal itu dimanfaatkan dengan sempurna oleh Black Panther dalam membuat kostumnya. Ia membuat kostumnya tak terhancurkan dengan bermodalkan vibranium. Kostum ini tidak hanya tahan lama, ia juga memiliki kemampuan untuk menyerap energy. 

7. Pengantar Avengers: Infinity War
Keterkaitan antara Black Panther dan Avengers: Infinity War tidak hanya bersumber dari waktu rilisnya yang berurutan, tapi juga berbagai komponen dalam cerita. Seperti yang Anda lihat, salah satu adegan peperangan besar tampak berlokasi di negeri Wakanda. Di samping itu, ada pertanyaan-pertanyaan seperti "kapan Winter Soldier kembali dibangunkan dan mendapat senjata baru?", "apa yang terjadi di Wakanda sehingga menjadi arena pertempuran masal?", dan "bagaimana Captain America bisa muncul di Wakanda?"
Jadi hampir bisa dikatakan, Black Panther adalah film Marvel yang tak boleh dilewatkan jika Anda sangat menantikannya.

Demikianlah liputan tentang 7 Fakta Balck Black Panther.
Bagaimana menurut anda? silahkan tinggalkan komentar di bawah.
Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa lagi. 
TAG