7 pesawat presiden paling mahal di dunia

Sudah menjadi hal yang lumrah apabila seorang pemimpin negara dilengkapi dengan berbagai fasilitas terbaik saat sedang menjabat. Mulai dari tempat tinggal bak istana, penjagaan ketat, hingga pesawat pribadi yang bisa digunakan kala harus bekerja keluar negeri. Dari banyak pesawat kepresidenan milik para pemimpin negara, ada beberapa di antaranya yang ditaksir memiliki harga fantastis. Pesawat apa dan milik siapa sajakah itu?
Selamat Datang di channelterbaik.com dan kali ini kita akan membahas tentang 7 pesawat presiden paling mahal di dunia.


1. Pesawat Kepresidenan AS Air Force One
Pesawat yang pertama adalah pesawat Air Force One Tipe Boeing 747-200B, pesawat ini di naiki oleh presiden Ameika Serikat Donald Trump. Harga pesawat ini di perkirakan sekita 780 juta pound sterling atau setara dengan Rp 13,2 triliun. Sangat mahal bukan? Dan kabarnya presiden Amerika sebelumnya yaitu Barak Obama juga pernah menaiki pesawat termahal ini.

2. Pesawat Kepresidenan Mexico Boeing 787-8 Dreamliner
Pesawat Kepresidenan milik Mexico dengan tipe: Boeing 787-8 Dreamliner adalah salah satu pesawat termahal di dunia. Harga pesawat ini iyalah 600 juta dolar atau sekitar Rp. 8 triliun. Badan pesawat ini didesain sangat ramping. Soal kecepatan, Boeing 787-8 Dreamliner bisa menempuh jarak 1.600 km dalam waktu satu jam. Pesawat ini menempati puncak daftar pesawat kepresidenan paling mahal di dunia. Pesawat yang digunakan Presdien Meksiko saat ini Enrique Peña Nieto   dapat mencapai kecepatan ke atas dari 1.000 mil per jam dan bahkan bisa terbang dari pantai barat Amerika Utara sampai ke pantai timur Asia.

3. Pesawat Kepresidenan Rusia IL-96-300PU
Presiden Rusia Vladimir Putin adalah salah satu pemimpin negara yang memilki pesawat termahal, dengan pesawatnya yaitu tipe IL-96-300PU dengan harga 390 juta pound sterling atau Rp 6,6 triliun. Pesawat ini sempat di rahasiakan dari publik, namun entah dari mana foto-foto kemewahan pesawat ini tersebar luas di internet dan kemudian barulah di kenal banyak orang.

4. Pesawat Kepresidenan Arab Saudi Boeing 747-400
Siapa yang tak kenal Raja Salman, pemimpin Arab yang baru-baru ini datang ke Indonesia ternyata menjadi salah satu orang yang memiliki pesawat paling mahal di dunia.Pesawat Raja Salman ini juga sudah dirombak sedemikian rupa untuk keperluan sang raja saat bepergian. Bisa jadi harganya lebih mahal dari harga yang dipatok pabrik setelah pesawatnya dirombak. sekitar 150 juta dolar dihabiskan untuk membeli interior mewah pesawat tersebut. Meskipun pesawat itu harga aslinya hanya sekitar US$ 228 juta, keingingan sang raja untuk  personalisasi interior sesuai dengan keinginannya telah menjadikan harga pesawat bisa mencapai US$520 juta dolar atau sekitar 6 triliun rupiah.

5. Pesawat Kepresidenan Zimbabwe Boeing 767
Pesawat kepresidenan Zimbabwe memiliki corak warna hitam, merah, kuning, dan hijau sesuai dengan bendera negara ini. Pesawat yang digunakan oleh presiden Zimbabwe ini bertipe Boeing 767. Harga satu unit pesawat ini sekitar US $ 400 atau Rp5 triliun.Pesawat Presiden Mugabe yang mahal ini jelas sangat controversial mengingat negara ini tidak pernah masuk 10 besar negara dengan ekonomi terkuat di Afrika.

6. Pesawat Kepresiden Jepang Boeing 747-400
Boeing 747-400 milik pemerintah Jepang dengan harga sekitar $300 juta dolat atau setara dengan Rp 4 triliun rupiah. Pesawat ini sangat aerodinamis dengan empat mesin yang sangat besar. Tak hanya itu, mesin pesawat ini juga dilengkapi dengan sistem otomatis yang sangat memudahkan. Jepang dikenal dengan nilai-nilai tradisional yang menghargai kesederhanaan dan alam, tetapi dalam hal pesawat bagi pemimpin mereka, nilai itu diabaikn. Jepang memilih Boeing 747-400 yang dikenal boros untuk pesawat pemimpin negara. Pesawat empat mesin besar ini sangat canggih dengan dilengkapi sitem otomatis penerbnagan hingga cukup diawaki dua orang.

7. Pesawat Kepresidenan Yaman Boeing 747SP
Yaman memiliki pesawat kepresidenan yang sangat mewah dan mahal. Dengan menggunakan tipe Boeing 747SP, Yaman telah mengeluarkan banyak uang untuk satu unit pesawat kepresidenannya. Harga pesawat ini adalah $300 juta atau Rp. 4 Triliun rupiah. Awalnya pesawat mahal ini digunakan sebagai pesawat kepresidenan Yaman. Tetapi pada 2015, sebuah pertempuran di bandara menjadikan pesawat seharga US$300 juta itu hancur menjadi besi tua.

Demikianlah liputan tentang 7 pesawat presiden paling mahal di dunia.
Bagaimana menurut anda? silahkan tinggalkan komentar di bawah.
Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa lagi.
TAG