6 Trik Air yang Menakjubkan

Banyak percobaan sains yang sederhana dan dapat dilakukan di rumah dan tentunya tidak memerlukan prosedur keselamatan. Salah satunya adalah trik-trik air menakjunbkan berikut ini! Coba saja, siapa tahu kamu dianggap bisa melakukan sulap dan juga menghibur. Selamat datang di channelterbaik.com dan kali ini kita akan membahas tentang 7 Trik Air yang Menakjubkan.


1. Air Membeku Otomatis
Masukkan sebotol air murni ke dalam freezer dan pastikan temperaturnya berada sekitar 0 derajat celcius sebelum benar-benar membeku. Pada suhu freezer umumnya membutuhkan sekitar satu jam. Keluarkan botol air tersebut dan letakkan di udara terbuka. Saat suhunya masih 0 derajat dan belum membeku, segera hentakkan atau tuangkan ke wadah. Kamu akan melihat air di dalam botol membeku dengan sendirinya. Air secara normal beku di bawah 0 derajat celcius. Ketidakmurnian air akan menyebabkan kristalisasi. Karena tidak adanya kemunrnian pada air ini, maka akan membuatnya tetap cair walaupun di bawah suhu beku.

2. Trik Merica
Isilah sebuah baskom dengan air setidaknya setengah dari tempatnya. Kemudian taburi permukaan air dengan merica. Sebisa mungkin jangan sampai teraduk atau larut. Coba celupkan jari telunjukmu ke dalam cairan tersebut, maka tidak akan ada sesuatu yang spesial. Namun ketika kamu melumuri tanganmu dengan sabun, kemudian mencelupkannya ke dalam larutan tadi, maka akan terlihat reaksi ajaibnya. Merica-merica tersebut akan bergerak menghindara jari yang sudah terkena sabut tersebut. Hal ini disebabkan karena kandungan kimia dalam sabun akan mengurai kandungan hidrogen pada air yang berpengaruh pada tekanan permukaannya juga.

3. Air dan Alkohol
Isi salah satu gelas dengan air biasa dan gelas lainnya dengan minuman keas atau alkohol sampai penuh. Letakkan kartu keras di atas gelas berisi air, tutup rapat dan  kemudian balik gelasnya. Lalu letakkan gelas berisi air yang terbalik tadi di atas gelas berisi minuman keras, dengan kartu sebagai pembatasnya. Berikan celah sedikit dan tinggalkan selama 10 menit. Isi dari kedua gelas akan berpindah dengan sendirinya. Ini karena densitas minuman keras atau alkohol lebih ringan daripada air sehingga akan mengapung ke atas.

4. Balon Tahan Api
Sediakan lilin dan balon. Nyalakan lilinnya dan tiup balonnya dengan menggunakan angin biasa. Letakkan balon yang menggembung di atas lilin yang telah menyala. Maka balon akan meletus sekita. Namun jika balon di isi dengan air sedikit dan kemudian di tiup. Coba lakukan hal yang sama dengan meletakkannya di atas lilin yang menyala, maka balon tersebut menjadi tahan dari api. Ini karena kepadatan molekul air yang menahan efek penyebaran panas api dengan cepat.

5.  Air Tonik yang Bercahaya
Untuk membuat trik ini, pertama-tama siapkan air tonik dan alat bercahaya ultraviolet. Kemudian matikan lampu dan arahkan cahaya ultraviolet ke air tonik tersebut dan saksikanlah air toniknya bercahaya. Air tonik mengandung fosfor, fosfor akan mengubah cahaya ultraviolet menjadi cahaya yang bisa terlihat, hal itu yang membuat air tonik menjadi bercahaya.

6. Trik Laser
Siapkan air, botol plastik yang sudah dilubangi di bagian sampingnya dan sebuah alat pemancar laser. Isi botol dengan air hingga penuh dan biarkan air bocor mengalir keluar dari balik lubang. Arahkan laser ke lubang pada botol dari sisi balik botolnya, maka cahaya laser akan mengikuti aliran air tersebut. Cahaya laser ini sebenarnya tidak membelok, air lah yang berperan seperti serat optik dan membawa cahaya laser bersamanya.

Demikianlah liputan tentang 6 Trik Air yang Menakjubkan.
Bagaimana menurut anda? silahkan tinggalkan komentar di bawah.
Terima kasih telah menonton dan sampai jumpa lagi.
TAG