7 Produk-Produk Gagal Perusahaan Besar Dunia

Perusahaan besar biasanya memang identik dengan produk-produk terkemuka dan mumpuni. Produk dari perusahaan-perusahaan itu biasanya hampir selalu menarik perhatian publik. Namun siapa sangka ternyata di balik kesuksesan tersebut tak jarang perusahaan merilis produk yang menuai respons negatif. 
Berikut produk-produk gagal perusahaan besar dunia yang pernah diciptakan. Selamat datang di channelterbaik.com dan kali ini kita akan membahas tentang 7 Produk-Produk Gagal Perusahaan Besar Dunia.


1. 1985 — New Coke 
Jangan mengira perusahaan sebesar seperti Coca Cola tidak pernah mengalami kegagalan dalam membuat produk. Nyatanya pada tahun 1983, penjualan produk Coca-Cola berada jauh di bawah 24%. Maka untuk meningkatkan hasil penjualan, akhirnya pada tahun 1985 dibuatlah produk baru yang diberi nama 'New Coke'. ‘New Coke’ diciptakan dengan menggunakan formula baru. Namun bukannya di sukai konsumen, minuman itu malah dibenci karena terlalu banyak mengandung soda yang membuat tenggorokan terasa sakit saat meminumnya. Banyak orang yang berdemo meminta untuk memberhentikan penjualan produk ‘New Coke’ dan dengan terpaksa  Dr. Pemberton pemilik perusahaan tersebut harus memberhentikan produksi minumannya.

2. 1989 — RJ Reynolds smokeless cigarettes 
Pada tahun 1988 semua orang mulai memahami tentang bahaya merokok bagi kesehatan mereka. Untuk menanggapi moment tersebut, kemudian pada tahun 1988 RJ Reynolds merilis sebuah merek rokok baru tanpa asap yang diklaim sebagai rokok versi sehat. Sayangnya bukan mendapan respon yang baik, rokok ini malah dianggap ‘terasa seperti kotoran’ dan orang-orang tidak ada yang mau membelinya.

3. 1993 — Apple Newton
Jauh sebelum memperkenalkan iPhone, Apple pernah memperkenalkan perangkat bernama Apple MessagePad pada tahun 1993. Namun banyak orang yang kaget karena merasa harga yang dibandrol begitu mahal, yaitu seharga 700 dolar atau sekitar 10 juta rupiah pada masa itu. Karena perdebatan harga tersebut yang membuat orang-orang tidak mau membelinya. Akhirnya pada tahun 1998 penjualan produk ini diberhentikan dan hanya bertahan 5 tahun saja. 

4. 1995 — Nintendo’s Virtual Boy 
Pada tahun 1995 Nintendo pernah membawa teknologi virtual reality yaitu Nintendo Virtual Boy. Namun saat dirilis, perangkat itu tidak memenuhi ekspektasi. Gim yang ditampilkan hanya berwarna hitam dan merah, ditambah grafis beresolusi rendah, yang membuat mata pemainnya merasa sakit setelah memainkan perangkat ini. karena mendapat banyak respons negatif dan penjualannya yang kurang dari 1 juta unit, akhirnya produksi permainan ini diberhentikan. Nintendo’s Virtual Boy juga menjadi produk paling buruk sepanjang sejarah Nintendo.

5. 1996 — McDonald’s Arch Deluxe
Pada tahun 1996, restoran cepat saji McDonald memperkenalkan produk barunya yaitu The Arch Deluxe.
Namun setelah menghabiskan uang sebesar USD300 juta atau sekitar Rp 4 triliun demi menciptakan produk ini, McD harus menerima kenyataan buruk karena ternyata produk barunya itu dibenci banyak orang. Tidak ada yang mau memakan The Arch Deluxe, makan itu dianggap seperti sampah dan membuat mual saat dimakan. Akibatnya dengan menanggung kerugian yang sangat besar, mereka terpaksa menghentikan pembuatan The Arch Deluxe di pasaran.

6. 1998 — Frito-Lay WOW! Chips 
Frito-Lay adalah brand terpercaya dalam pembuatan keripik kentang. Pada tahun 1998, Frito-Lay merilis produk barunya yaitu ‘WOW!’. Tetapi sayangnya produk ini tidak laku di pasaran dan dianggap menjadi produk gagal. ‘WOW!’ terbuat dari bahan Olestra, Olestro merupakan zat yang rasanya sama persis seperti lemak murni. Snack itu menyebabkan banyak orang mengalami sakit perut dan masalah usus. Maka pantas saja apabila tidak ada konsumen yang mau membeli produk ini dan ditarik penjualannya.

7. 2016 — Samsung’s Galaxy Note 7 
Perangkat terbaru yang mendapat predikat sebagai produk gagal adalah Galaxy Note 7. Samsung Galaxy Note 7 telah dibekali sejumlah fitur terbaru termasuk pemindai iris mata. Namun, tidak sedikit pula diberitakan sejumlah kasus Galaxy Note 7 meledak dan membuat perangkat ini harus ditarik dari peredaran. Bahkan setelah kasus itu, Samsung harus menghentikan produksi smartphone jenis ini dan menarik seluruh perangkatnya. Pihak Samsung juga sempat mengadakan konferensi pres untuk meminta maaf atas insiden tersebut.

Demikianlah liputan tentang 7 Produk-Produk Gagal Perusahaan Besar Dunia.
Bagaimana menurut anda? silahkan tinggalkan komentar di bawah.
Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa lagi.
TAG