7 ES Jadul Tahun 90an

Bagi  yang pernah mengecap indahnya masa-masa di tahun 90an pasti deh punya banyak cerita tentang jajanan es legendaris kala itu yang lucu, unik sekaligus beraneka ragam. Nggak lupa juga cerita gimana orang tuamu punya banyak alasan untuk melarang anak-anaknya beli jajanan tersebut khususnya jajanan es. Kali ini kita akan bernostalgia dengan mengenang kembali es di tahun 90an. Selamat datang di channelterbaik.com dan kali ini kita akan membahas tentang 7 Es Jadul Tahun 90an.


1. Es Gabus
Es Kue adalah sejenis kue bolu atau lebih mirip kue lapis berwarna. Bisa juga disebut mirip puding yang dibekukan di freezer. Es jenis ini sudah ada sejak lama dan masih banyak disukai anak sekolah di era 90-an. Es kue atau es gabus ini rasanya memang enak saat digigit krenyes dan segar di mulut. Makanan ini termasuk makanan favorit anak SD jaman dulu tapi juga semakin sulit dijumpai.

2. Es Goreng
Entah bagaimana awal mula pemberian nama es ini hingga dinamakan es goreng, padahal sebenarnya cara pembuatan es ini tidak digoreng sama sekali. Es legendaris ini adalah es potong biasa yang dicelupkan kedalam air sirup kacang atau cokelat. Saat es diangkat Anda akan melihat hal yang menakjubkan, lapisan untuk es akan mengering dan mengeras seperti menyelimuti daging es. Karena hal itulah es ini sangat menarik dan disenangi oleh anak-anak. 

3. Es Serut Cetak
Nama Es Serut Cetak mungkin terdengar asing dan agak aneh. Es yang terkenal di Jawa Barat ini sebenarnya tidak diketahui secara pasti namanya. Di Jakarta pada era 90-an, ada menyebutnya dengan es Shanghai. Kalau dilihat dari proses pembuatannya memang cocok disebut es serut cetak.
Cara pembuatan es ini memang berbeda, es balok dipotong kecil sesuai ukuran lalu kemudian diserut. Setelah itu dirapatkan atau dipadatkan ke dalam cetakan dalam beragam bentuk, ada yang berbentuk binatang, boneka bahkan pesawat. Lalu diberi pegangan dan dilumuri dengan sirop beragam rasa. Lebih nikmat lagi kalau dilumuri susu kental manis coklat atau putih.
Es Serut Cetak punya warna yang beragam dari sirop yang dilumuri ke es tersebut. Cara makannya pun unik, kita hanya perlu menghisap es tersebut sampai sirop atau esnya habis. Sayangnya Es Serut Cetak juga sudah sulit ditemui bahkan di daerah perkampungan yang dulu penjual Es Serut Cetak ini.

4. Es Goyang
Pernah merasakan es dengan nama Es Goyang? Kalau belum wajar saja karena es dengan nama unik ini sudah sulit ditemui. Padahal di era 90an, Es Goyang pernah ngetop abis dan menjadi penghilang dahaga yang favorit.
Selain harganya terjangkau, bentuk es ini termasuk beda yaitu persegi panjang dengan menggunakan pegangan dari bambu. Seperti namanya, pembuatan es ini memang digoyang-goyangkan. Pembuatannya dilakukan dengan menggoyangkan wadah es atau bahkan gerobaknya.
Penyajiannya juga biasanya ditambahkan coklat cair yang akan membeku ketika menempel pada es. Sayangnya es goyang yang dulu biasa kita lihat melintasi depan rumah, kali ini sudah sulit untuk kita temui. Tapi belakangan ini ada segelintir pengusaha kuliner terutama food truck yang membuat versi moderen dari Es Goyang.

5. Es Lilin
Di beberapa daerah, es ini disebut dengan nama es lilin karena bentuknya yang menyerupai lilin. Panjang dan diikat di ujungnya. Persis seperti lilin dengan sumbu tali di tengahnya. Di daerah lain mungkin es ini memiliki nama yang berbeda.
Ada banyak varian rasa dan warna untuk es ini karena cukup mudah untuk membuatnya. Cara makannya ikatan karetnya dibuka dan disedot es nya atau digigit. Ada juga yang suka makan dari ujung plastik.

6. Es Tong-Tong
Buat Anda yang ingin ice cream cone tapi minim dana, Es Tong-Tong adalah solusinya. Biasanya es ini dijual dengan menggunakan gerobak. Sambil berkeliling mendorong gerobaknya si penjual es krim akan memukul kentungan khasnya sehingga mengeluarkan bunyi “Tong Tong”. Es Tong Tong selain dijual dengan cones, ada juga yang memakai roti tawar. Baik menggunakan cone atau roti tawar, semuanya bisa dimakan.

7. Es Potong
Tidak beda jauh dengan es-es yang lainnya, es potong ini juga dijual dengan gerobak dorong. Biasanya bentuk es ini lonjong panjang, dan saat ingin membeli es baru akan dipotongin oleh penjualnya. Bukan dengan memotong es batu menjadi dua, es potong ini terbuat dari bahan-bahan tepung dan perasa makanan. Rasanya standar seperti es krim pada umumnya, ada rasa coklat, vanilla, strawberry, melon dan kacang ijo. 

Demikianlah liputan tentang 7 Es Jadul Tahun 90an.
Bagaimana menurut anda? silahkan tinggalkan komentar di bawah.
Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa lagi.
TAG