6 Acara TV Settingan / Gimmick di Indonesia

Acara TV di Indonesia memang menyuguhkan berbagai macam tayangan yang bisa Anda nikmati setiap harinya. Mulai dari sinetron, kartun hingga berita dan gosip. Namun dari sekian banyak tayangan yang muncul di Tv, masih ada saja beberapa acara yang menampilkan hal-hal settingan atau gimmick yang memang sengaja di buat oleh produser untuk menaikkan rating penonton. Selamat datang di channelterbaik.com dan kali ini kita akan membahas tentang 6 Acara TV Settingan / Gimmick di Indonesia.


Suka-suka Uya
Acara Suka-suka Uya adalah salah satu acara hiburan yang dipandu MC Uya Kuya. Dalam acara ini Uya Kuya kerap menghipnotis bintang tamunya untuk mengetahui berbagai cerita kehidupan melalui alam bawah sadar sesorang. Namun dalam salah satu tayangannya, dimana saat itu Ia sedang menghipnotis artis Jono, sebuah kejanggalan pun terlihat. Jono beberapa kali gagal di hipnotis dan Ia malah terlihat bercanda. Bahkan saat Ia mulai berpura-purang terhipnotis, Jono malah tertawa. Karena merasa mulai aneh, Jeremy Tetty langsung menghampirinya mencoba untuk mengalihkan.

Rumah Uya
Satu lagi acara milik Uya Kuya yang menampilkan hal setingan. Dalam tayangan yang muncul pada tanggal 2 Februari 2017 ini, terdapat 2 adegan settingan yang terjadi dalam satu tayangan sekaligus. Yang pertama, terlihat sebuah adegan dimana seorang wanita dan seorang pria tengah berbincang-bincang di sebuah kafe. Tiba-tiba saja, pria ini menunjukkan tingkah aneh dan mencari seuatu di tubuhnya. Ternyata dikatahui bahwa Clip on dari pria tersebut terjatuh. Kenapa pria ini memakai Clip On, padahal dia adalah target utamanya?. Lalu adekan gimmick selanjutnya terjadi di dalam studio, dimana saat itu crew acara tiba-tiba menghampiri wanita yang menjadi bintang tamunya dan marah-marah. Talent terlihat kebingungan dan bahkan Ia sempat keceplosan dan mengatakan "Tadi tulisannya di telpon." Uya kuya juga terlihat gagap dan kebingunan sambil melanjutkan aktingnya yang hampir gagal. 

Katakan Putus
Acara yang sempat mendapatkan rating tertinggi di awal kemunculannya ini, ternyata hanya sebuah settingan belaka. Hal itu terbukti dari sebuah video amatir yang merekam proses syuting dari acara tersebut. Di ketahui bahwa proses syuting yang sedang mereka lakukan berada di kota Gorontalo. Jika dilihat dalam film, hal itu tampak seperti nyata dan benar-benar terjadi. Namun jika dilihat dari rekaman video berikut ini, semua itu berbanding terbalik. Terlihat para pengisi acara dan kru katakan putus melakukan berbagai adegan yang sudah diatur layaknya film sinetron. 

Karma
Semenjak awal ditayangkan, acara "Karma" sudah mampu mencuri perhatian pemirsa. Bahkan, acara yang tayang di ANTV ini berhasil meraih rating yang tinggi hingga saat ini. Namun dibalik kesuksesan tersebut, acara TV ini ternyata hanyalah settingan. Hal itu diungkapkan oleh salah seorang member senior di forum diskusi dunia televisi Lautanindonesia.com atau (LI). Netizen dengan akun Ladylicious ini menuturkan para peserta di acara "Karma" mendapat bayaran Rp 500 ribu untuk sejumlah episode meskipun ia sempat salah dalam menyebutkan nama stasiun televisinya. Dipostingannya yang lain, pemilik akun Ladylicious juga mengunggah screenshoot InstaStory salah satu temannya yang ikut menjalini syuting acara tersebut, bahkan Ia juga menawarkan audisi bagi netizen lainnya yang berminat mengikuti syuting "Karma".

Masih Dunia Lain
Acara bergenre horor dan hanya tampil di malam-malam tertentu ini rupanya menjadi salah satu acara settingan atau gimmick saja. Bukti acara ini settingan terjadi dalam sebuah episod, dimana terlihat seorang pria yang tengah mengikuti uji nyali tiba-tiba di kejutkan dengan suarang kedoran dari balik dinding. Namun kenyataan sebenarnya, penampakan-penampakan dan gangguan dalam acara ini bukanlah ulah hantu, melainkan para kru acara tersebut. Hal itu juga terlihat dalam video, dimana tangan si anggota kru kelihatan memukul dinding untuk menakuti peserta.

Kuis WIN-HT
Kuis ini kerap muncul di stasiun Tv ketika masa kampanye beberapa tahun silam. Jika biasanya, dalam kuis seharusnya ada pertanyaan dulu baru penelfon bisa menjawab. Namun ada beberapa keanehan dalam kuis yang satu ini. Pasalnya para penelfon kuis sudah memberikan jawaban, Padahal baru disuruh memilih huruf untuk menentukan pertanyaan yang akan diberikan. Bukan kah aneh? Dan lucunya, hal itu juga disiarkan secara langsung di stasiun televisi.

Demikianlah liputan tentang 6 Acara TV Settingan / Gimmick di Indonesia.
Bagaimana menurut anda? silahkan tinggalkan komentar di bawah.
Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa lagi.
TAG