7 Challenge Berbahaya

Penyebaran informasi menjadi semakin mudah sejak ada internet. Hal ini juga menjadi faktor yang menyebabkan munculnya berbagai challenge di internet yang viral ke seluruh dunia. Meskipun kebanyakan challenge terlihat tidak berbahaya, tetapi terdapat beberapa jenis challenge yang cukup berbahaya untuk dilakukan. Bahkan banyak remaja yang mengalami cedera atau kematian akibat mencoba challenge berbahaya tanpa memikirkan dampak buruknya. Selamat datang di channelterbaik.com dan kali ini kita akan membahas tentang 7 Challenge Berbahaya.


1. Cinnamon challenge
Challenge yang sempat viral 5 tahun yang lalu ini dinilai berbahaya untuk anak-anak. Tujuan dari permainan ini adalah mencoba memakan 1 sendok kayu manis bubuk dengan sekali telan. Hal ini tentu menjadi sebuah hal yang tidak mungkin untuk dilakukan. Aroma yang menyengat dan tekstur kayu manis yang kasar dapat membuat sistem pencernaan dan pernafasan kita tersedak karena terlalu banyak bubuk yang masuk. Viralnya challenge ini menyebabkan sebuah kasus kematian dari seorang anak berusia 4 tahun yang mengalami sesak nafas karena mencoba melakukan cinnamon challenge. Anak tersebut akhirnya pingsan karena sesak nafas dan dibawa ke rumah sakit. Namun sayang nyawanya tidak dapat diselamatkan karena bubuk kayu manis sudah masuk ke paru-paru dan menyumbat saluran pernafasan.

2. Banana peel challenge
Viral pada awal tahun 2016, banana peel challenge terinspirasi dari salah satu adegan yang populer dari film kartun, dimana tokoh kartun seringkali jatuh karena terpeleset karena kulit pisang. Dari konsep ini, banyak orang yang melakukan aksi sengaja jalan diatas kulit pisang untuk membuktikan hal tersebut. Hasilnya tentu benar, banyak orang yang jatuh terpeleset dan tidak sedikit orang yang cedera karena terjatuh ke arah yang tidak terduga. Meskipun belum ada kasus kematian akibat challenge ini, dalam sejarah terdapat kasus dimana seseorang terjatuh ke dalam rel kereta bawah tanah akibat terpeleset kulit pisang.

3. Chubby bunny challenge
Chubby bunny challenge sudah menjadi permainan yang tidak asing di Indonesia. Permainan ini bertujuan untuk menguji seberapa banyak marshmallow yang dapat masuk ke dalam mulut pemainnya yang kemudian mengucapkan "chubby bunny" dengan marshmallow dalam mulutnya. Challenge ini mulai viral di Youtube sejak tahun 2005. Sekilas chubby bunny terlihat seperti challenge yang tidak berbahaya, akan tetapi pada tahun 2005 terdapat 2 kasus kematian yang disebabkan oleh chubby bunny challenge. Salah satunya adalah seorang anak 12 tahun yang tercekik karena terlalu banyak memasukkan marshmallow hingga tidak bisa bernafas ketika melakukan permainan chubby bunny.

4. Duct tape challenge
Challenge ini populer dari berbagai video prank di Youtube. Remaja mengikat temannya di sebuah kursi dengan balutan lakban yang sangat erat. Kemudian mereka merekam reaksi korban berusaha untuk melepaskan dirinya. Terdapat kasus kecelakaan akibat challenge ini. Seorang remaja berusia 14 tahun di Amerika Serikat melakukan duct tape challenge dengan posisi berdiri. Akibatnya, ia kehilangan keseimbangan ketika mencoba melepaskan dirinya dan akhirnya jatuh ke depan dengan posisi kepala terlebih dahulu. Ketika terjatuh, korban terkena benturan jendela hingga jatuh di aspal.

5. Hot chili challenge
Challenge ini juga sempat populer di berbagai video online dunia. Para remaja mencoba menguji ketahanannya dengan memakan berbagai jenis cabai dan merekam reaksinya. Cabai jenis carolina reaper menjadi cabai yang paling banyak digunakan karena dianggap sebagai jenis cabai yang memiliki tingkat pedas paling tinggi. Terdapat banyak kasus akibat challenge ini. Banyak remaja yang dilaporkan mengalami halusinasi dan pingsan akibat efek pedas setelah melakukan hot chili challenge. Pada tahun 2008, dua sahabat berkompetisi untuk menentukan siapa yang dapat membuat saus cabai terpedas. Andrew Lee yang berusia 33 tahun berhasil menciptakan saus terpedas yang ia habiskan sendiri dan memberikan dampak yang mengerikan. Lee merasakan efek gatal yang hebat dan jantung yang berdetak sangat cepat hingga akhirnya ditemukan meninggal akibat serangan jantung.

6.  Ice bucket challenge
Ice bucket challenge menjadi jenis challenge paling populer di tahun 2014. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga selebriti melakukan challenge ini. Seseorang menyiramkan seember air dan es yang sangat dingin pada diri sendiri sebagai bentuk gerakan amal bagi para penderita penyakit ALS, semacam penyakit yang menyerang sistem motorik manusia. Challenge ini sudah pernah memakan korban, yang salah satunya menewaskan seorang ramaja laki-laki bernama Cameron Lancaster.

7. Choking challenge
Di Indonesia, challenge ini lebih dikenal dengan nama 'skip challenge'. Permainan ini sebenarnya sudah lama dikenal sebelum kemunculan platform Youtube. Setelah platfrom video online banyak digunakan, challenge ini dengan cepat tersebar ke seluruh dunia. Challenge ini bertujuan untuk membuat seseorang pingsan dengan sengaja menahan nafas dan menekan dada pemain hingga pingsan. Kasus kematian sudah banyak terjadi akibat challenge ini.

Demikianlah liputan tentang 7 Challenge Berbahaya.
Bagaimana menurut anda? silahkan tinggalkan komentar di bawah.
Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa lagi.
TAG