6 Game eSports yang Akan Dipertandingkan di Asian Games 2018

Kali ini kita bakal ngebahas yang seru-seru ni gengs. Yap! Kita akan membahas tentang game-game eSport yang bakal masuk dalam perlombaan Asean Games 2018. Buat kamu para game player, kamu harus tau dan wajib nonton ya supaya tau game-game apa aja sih yang bakal masuk asian games. Dan kenapa ya kok game-game ini yang bisa masuk? Mau tau kan? Selamat datang di channelterbaik.com dan kali ini kita akan membahas tentang 6 Game eSports yang Akan Dipertandingkan di Asian Games 2018.

PES - Sport (Soccer)
Game pertama yang akan kita bahas disini adalah PES. PES adalah sejenis game dalam bidang olahraga yang mengandalkan kelihaian dan ketangkasan dalam bermain Bola. Nah, pastinya Kalian bertanya-tanya kan, kenapa sih Federasi eSport Asia milih PES bukan FIFA. Ya alesannya simple sih, yaitu dari faktor peminat. Karena game Pro Evolution Soccer atau PES ini peminatnya lebih banyak di Asia daripada game sejenis lainnya. Sedangkan FIFA lebih mendomasi di  wilayah Eropa dan Amerika. Gimana setuju gak?

League of Legends - MOBA/ARTS
Game lain yang masuk di Asean Games adalah League of Legends. Game Moba PC yang rilis di tahun 2009 ini memang cocok di masukkan dalam Asean Games karena kiprahnya yang sudah sangat lama dan memiliki kredibilitas tinggi untuk tampil di ajang internasional. Game ini juga memiliki fanbase yang cukup besar di Asia. Dan jika kamu bertanya, Kenapa ya untuk Game Moba PC atau istilah lainnya ARTS yang terpilih itu bukan DoTA 2?
Ternyata LOL atau League of Legend lebih populer di Asia daripada DoTA 2. Untuk kawasan Asia jumlah streaming LOL juga mengalahkan DoTA 2.

Hearthstone - Card Game
Game berikutnya adalah Hearthstone. Hearthstone adalah sejenis card game atau game kartu online yang cukup seru di pertandingkan dan sangat terkenal. Pada Mei 2017, Blizzard bahkan telah melaporkan bahwa sekiranya ada lebih dari 70 juta orang yang memainkan Hearthstone . Game buatan Blizzard Entertainment ini memang sudah sangat populer ya. Jadi gak heran kalau permainan ini masuk dalam kancah eSport game.  

StarCraft II – RTS
Diposisi ke empat ada StarCraft ll. Nggak cukup satu game aja, Blizzard Entertainment juga mengirimkan StarCraft ll untuk dipertandingkan dalam Asian Games 2018. Game yang satu ini juga terbilang unik. Karena kalau ketiga game eSports sebelumnya menggunakan format tim, StarCraft II: Legacy of the Void menggunakan format individual alias main sendiri. Game bergenre Real-Time Strategy (RTS) ini menang sudah memiliki nama di turnamen internasional. Ya pantas saja kalau terpilih masuk eSport game.

Clash Royale - Mobile Strategy
Game yang yang satu ini kalian pasti sudah tahu kan kepopulerannya. Game ini dirilis secara global pada tanggal 2 Maret 2016 oleh pihak Supercell yang sama-sama membuat Clash of Clans (COC). Game ini memang layak dipertandingkan karena sempat booming beberapa tahun ke belakang. Dan bukan hanya itu, dalam waktu kurang dari satu tahun, 100 miliar orang memainkan game ini setiap harinya. Keren bukan?
Permainan ini sendiri memadukan unsur-unsur dari permainan kartu, pertahanan, dan arena pertempuran online multiplayer . 

Arena of Valor - Mobile MOBA
Di posisi terakhir ada Arena of Valor (AOV) yang akhirnya secara resmi terpilih menjadi salah satu game mobile dalam dipertandingkan Asian Games 2018. Sebenarnya ada 2 kandidat Mobile Games lain yang diajukan dalam eSport Asean Game, yaitu Mobile Legends: Bang Bang dan Heroes Evolved atau Vainglory. Tapi hanya Clash Royal lah yang terpilih dan mampu menyingkirkan pesaing-pesaing lainnya. Wah, patut diapresiasi ya!!
Arena of Valor sendiri bisa dikatakan menjadi game MOBA mobile yang cukup populer di seluruh dunia dan sudah memiliki kompetisi resmi di tiap-tiap region guys.

Nah, itulah 6 Game eSports yang Akan Dipertandingkan di Asian Games 2018.
Gimana nih menurut Mu? silahkan tinggalkan komentar di bawah. 
Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa lagi.  
TAG