6 Takjil Khas dari Berbagai Belahan Dunia

Di bulan Ramadhan ini pasti yg kamu kejar adalah saat berbuka dan menyantap takjil kan. Tapi kalau Kamu merasa bosan dengan takjil Mu yang itu-itu aja, Kamu harus melihat takjil khas super lezat dari berbagai belahan Dunia ini. Sudah enak, bergizi lagi. Siap-siap bikin Kamu ngiler!
Selamat datang di channelterbaik.com dan kali ini kita akan membahas tentang 6 Takjil Khas dari Berbagai Belahan Dunia.

Gullac dari Turki
Di Turki 98% populasi penduduknya adalah muslim, hal itu yang membuat nuansa Ramadhan sangat terasa sekali di negara ini. Nah, Turki juga memiliki takjil super enak yang digemari banyak orang, yaitu gullac. Makanan ini sebenarnya hampir mirip puding, dan dibuat dari bahan-bahan seperti tepung maizena, tepung terigu, dan air sari mawar lalu kemudian diberi taburan kacang pistaschio atau buah-buahan. Bentunya juga sangat cantik dan menawan, seperti lembaran-lembaran tipis berwarna merah-putih. Terbayangkan bagaimana lezatnya makanan ini!

Harira dari Maroko
Harira adalah takjil khas penduduk negara-negara di Afrika Utara, terutama Maroko. Harira sebenarnya memiliki banyak variasi, tapi yang paling umum yaitu terbuat dari cincangan daging domba, tomat, chickpea, dan rempah-rempah. Setelah semua bahan lengkap, takjil ini kemudian dimasak sampai mengental. Saat bulan Ramadhan, makanan yang satu ini wajib di santap oleh orang-oranng Maroko sebagai menu utama untuk berbuka puasa. Selain enak, makanan ini juga memiliki kalori dan gizi yang cukup tinggi loh.

Pai Kacang Navy dari Amerika Serikat
Walaupun Islam adalah Agama minoritas di Amerika, tapi orang-orang Islam Amerika juga sangat bersemangat menyambut datangnya bulan Ramadhan. Apalagi di tambah dengan berbagai takjil yg menggugah selera. Di sana, terdapat sebuah takjil khas yg sering dimakan oleh orang muslim  Amerika dan hanya ada saat puasa saja. Ya! itu adalah Pai kacang navy atau biasa disebut pecan pai. Makanan ini terbuat dari mentega, gula, kacang navy dan masih banyak lagi bahan yg lainnya. Selaian bercitarasa manis, pecan pai juga memiliki rasa gurih dan renyah saat di makan. Sudah terbayang gimana rasanya?

Sawine dari Karibia
Disebelah selatan Karibia tepatnya pulau Trinidad dan Tobago. Terdapat menu pembuka andalan yang khas lho! Menu ini dinamai sawine. Sawine terbuat dari bihun rebus yang disajikan bersama dengan kuah susu, kayu manis, kacang-kacangan seperti almond dan mete, serta kismis. Takjil ini harus disantap saat masih panas sehingga aroma wangi dari susus masih terasa. Gimana? tertarik untuk mencicipi takjil khas Karibia ini?

Qatayef dari Yordania
Takjil ala Yordania juga nggak kalah enak lho! Mereka menyebutnya qatayef. Jika dilihat sekilas, bentuk qatayef memang mirip makanan dari Indonesia ya. Menu pembuka ini sejenis pancake yang isinya gula dan kacang kenari. Supaya aromanya harum, pancake ini dioah dengan kayu manis. Setelah matang, qatayef kemudian disiram madu yang menggoda. Banyak yang menyukai makanan ini karena rasanya yang lezat dan manis. Tapi sayangnya, takjil ini hanya dijumpai pas bulan Ramadhan saja.

Kaak dari Tunisia
Kaak merupakan jenis roti yang selalu muncul saat bulan Ramadhan di Tunisia. Bisa dibilang roti ini sangat unik. Kenapa? karena ketika proses pemanggangan, roti ini sangat keras. Tapi saat sudah dingin, maka teksturnya jadi lebih lunak dan sangat lembut. Bahan utama kaak terbuat dari tepung, gula, mahleb, telur, mentega, baking powder, dan pastinya biji wijen agar aromanya tambah wangi. Yg lebih menariknya lagi, roti ini bisa dibelah dan di isi berbagai makanan. Kaak biasanya lebih banyak ditemukan di pinggir jalan dan dijual oleh pedagang kaki lima. 

Nah, itulah beberapa takjil khas Ramadhan di berbagai belahan Dunia.
Bagaimana menurut Kamu? Menggugah selera ya!. silahkan tinggalkan komentar di bawah.
Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa lagi.
TAG