7 Hidangan Lezat Khas Lebaran di Dunia

Lebaran adalah saat yang paling di tunggu setelah berpuasa selama 1 bulan penuh. Nah disaat ini pula berbagai hidangan lezat khas lebaran akan memanjakan mulut kita semua. Seperti lontong, gulai, opor ayam dan lain-lain. Namun bukan hanya di Indonesia saja yang memiliki hidangan khas, di negara lain juga ada loh. Seperti apa makan khas lebaran mereka? Yuk kita lihat!Selamat datang di channelterbaik.com dan kali ini kita akan membahas tentang 7 Hidangan Lezat Khas Lebaran di Dunia.

Mesir
Di negeri tempat sungai Nil berada ini, terdapat makanan khas yang wajib ada saat Lebaran.  Hidangan khas itu bernama Kahk. Kahk yaitu berupa kue kering manis berbentuk bundar, yang renyah dengan isi kacang atau madu, lalu di taburi tepung gula halus diatasnya. Tanpa kue kahk Hari Raya Eidul Fitri orang Mesir rasanya kurang afdol. Pasti enak nih bila makannya ditemani dengan secangkir kopi atau teh. Hmm bikin ngiler ya gengs!
Dan katanya, resep kue kahk sendiri sudah ada dari zaman Mesir Kuno loh! 

Maladewa
Maladewa adalah sebuah negara kepulauan dengan hamparan pantai yang indah. Jadi gak heran kalau makanan khas lebarannya pun kebanyakan terbuat dari olahan hasil laut semua. Saat hari raya Idul Fitri, umat muslim Maladewa akan membuat makanan khas yaitu Gulha dan Kulhi Boakibaa. Gulha merupakan camilan unik yang berbentuk bola-bola dan berasal dari olahan ikan, katanya sih hampir mirip seperti bakso. Sementara kulhi boakibaa adalah hidangan utama yang dibuat dari nasi dan ikan tuna.

Maroko
Maroko juga memiliki beberapa makanan khas Lebaran nih, salah satunya yaitu meloui. Meloui adalah sejenis pancake khas Maroko yang selalu hadir dalam setiap Hari Raya Eidul Fitri. Bentuk melou bundar dan pipih, terbuat dari campuran tepung terigu, gula, garam dan ragi yang dipanggang. Meloui juga hampir mirip seperti roti cane, namun bedanya roti cane dimakan dengan kari, sedangkan masyarakat Maroko memakannya dengan campuran madu dan mentega. Mmm jadi laper!!

Turki
Negara yang identik dengan makanan yg manis-manis ini juga memiliki hidangan khas lebaran yang super lezat. Mau tau itu apa? Makanan khas lebaran di Turki yang selalu ada iyalah Baklava. Baklava yaitu kue berbahan dasar pastry dengan bentuk berlapis-lapis dan berisi potongan kacang serta siraman sirup madu di atasnya. Anda akan merasakan sensasi gurih dan lembut sekaligus saat pertamakali memakan camilan ini. Tambahan kacang dan madunya juga akan bikin kita ketagihan dan ingin mencicipinya berkali-kali.

Myanmar
Di Myanmar ada makanan khas Lebaran bernama Sa Nwin Ma Kin. Kue ini sejenis puding yang diolah dari semolina atau butiran gandum. Tekstrurnya sangat lembut dan lemak di mulut. Jika Anda datang ke Myanmar saat Eidul Fitri, Anda akan sangat sering menjumpai makanan ini disetiap rumah. Sa Nwin Ma Kin biasanya dipadukan dengan danbauk htamin, semacam nasi biryani yang disajikan dengan irisan mangga, daun mint dan cabe hijau.

Yaman
Setelah Sholat Eidul Fitri, orang-orang di Yaman akan berkumpul di rumah kepala keluarga besar dan makan siang bersama. Nah saat makan, hidangan yang satu ini pasti tak pernah ketinggalan. Itu adalah Bint Alsahan. Bint Alsahan adalah makanan khas ala Yaman yang wajib dinikmati saat lebaran. Kue ini hampir sama seperti pie namun dengan bentuk berlapis-lapis dan disiram dengan madu serta biji nigella diatasnya. Dan tentu saja rasanya gurih-gurih manisss…
Keliatannya enak ya!

Rusia
Kaum Muslim Rusia khususnya Moscow punya hidangan khas Idul Fitri yang super lezat loh. Mereka biasanya merayakan lebaran dengan memasak Manti. Manti ini sejenis pangsit berisi daging kambing yang telah dibumbui. Bumbu rahasia yang ada di dalamnya lah yg membuat setiap gigitan dari makanan ini bikin ketagihan. Selain itu, diatasnya akan diberi taburan rempah-rempah daun yang akan memberi aroma wangi. Aduh bikin ngilerrr…

Nah, itulah 7 Hidangan Lezat Khas Lebaran di Dunia.
Bagaimana menurut Kamu? Kira-kira dari makanan tadi, mana nih yang kamu suka? silahkan tinggalkan komentar di bawah. 
Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa lagi.
TAG