7 Kesalahan Terburuk yang Telah Mengubah Jalannya Sejarah Dunia

Kadang-kadang kesalahan sekecil apapun bisa mengubah jalannya sejarah loh gengs. Mulai dari malapetaka yang menghancurkan, penemuan yang tidak disengaja, hingga momen yang menentukan dalam perang. Mau tau apa ajasih kesalah-kesalan yg bikin sejarah Dunia berubah total. Yuk  kita liaht, sekalian tambah ilmu pengetahuan kalian…
Selamat datang di channelterbaik.com dan kali ini kita akan membahas tentang
7 Kesalahan Terburuk yang Telah Mengubah Jalannya Sejarah Dunia.

Perang Dunia II Usai Karena Ulang Tahun
Siapa yang tahu kalau Perang Dunia II bisa berakhir hanya karena sebuah hal yang sepele, yaitu acara ulang tahun! Semua itu bermula ketika pemimpin Nazi, Adolft Hitler memerintahkan Jendral Kepercayaannya Erwin Rommel untuk menjaga garis pantai Normandia yang berada di pantai utara Perancis. Tapi nyelenehnya! Rommel mengira kalau cuaca saat itu akan buruk. Jadi Ia pun memutuskan pulang ke rumah untuk merayakan ulang tahun istrinya. Tak disangka, ternyata pada tanggal 6 Juni 1944, tepat saat istrinya berulang tahun, sekutu menyerang habis-habisan. Dan saat Erwin kembali, semua pantai telah direbut oleh tentara sekutu. Tak hanya itu, pada saat perang sedang terjadi, tentara Jerman sebenarnya ingin menggunakan Tank Panzer untuk melakukan penyerangan dan meminta izin dulu pada Hitler. Tapi Sayangnya, Hitler sedang tidur dan tak ada yang berani membangunkannya. Jadilah Jerman gagal mempertahankan Normandia. Wah kacaw ya!

Titanic Tenggelam Karena Kehilangan Kunci
Tenggelamnya RMS Titanic merupakan salah satu malapetaka terbesar dalam sejarah yang menewaskan ribuan orang. Tapi kecelakaan itu sebenarnya bisa saja tidak terjadi jika pihak perusahaan kapal tidak mengganti salah seorang kru, yang bertugas memegang kunci pintu, tempat teropong es berada. Karena kunci tersebut tidak ada, maka Perwira kapal Fred Fleet yang bertugas memantau gunung es tidak bisa melihat keadaan di depannya. Dan akhirnya terjadilah kecelakaan besar tersebut. Sepele memang, tapi berdampak besar!

Tembok Berlin Runtuh Karena Pidato
Kesalah yang satu ini bisa dibilang agak lucu. Bagaimana tidak? Tembok Berlin yang memisahkan Jerman Timur dan Jerman Barat runtuh hanya karena sebuah pidato salah yang dilakukan oleh seorang Politisi Jerman Timur, yaitu Gunter Schabowski. Saat itu, Ia ditugaskan untuk membaca kertas pidato yg sudah disusun tentang aturan kelonggaran kunjungan antara Jerman Timur dan Barat. Tapi Ia tidak membacanya dengan benar dan teliti. Saat orang-orang bertanya kapan aturan itu berlaku? Ia tidak bisa menemukan tanggal yg pasti. Karena tak ingin malu di depan pers, Ia bergumam “Segera!”. Media pun jadi heboh dengan berita itu. Dan saking ricuhnya, massa akhirnya meruntuhkan Tembok Berlin.

Terjadi Perang Dunia I karena Salah Belok
Kamu pasti tahukan penyebab terjadinya perang Dunia l, yaitu karena terbunuhnya Archduke Franz Ferdinand dari Austria serta istrinya. Pada saat itu, sebenarnya ada 2 upaya pembunuhan yg ditujukan kepadanya. Di percobaan pertama, Ia berhasil lolos berkat sopir Franz yang menghindar sebelum bom yang dilemparkan pembunuh meledak. Walau mereka selamat, banyak orang lain yang menjadi korban. Franz dan istrinya pun akhirnya berniat ingin menemui para korban yang selamat. Tapi saat dalam perjalanan ke rumah sakit, sang sopir salah belok. Ia malah berbelok kejalan tempat si pembunuh sedang mengintai di dalam toko. Melihat mobil Franz lewat, sang pembunuh langsung segera melepaskan dua tembakan sekaligus dan menyebabkan Franz serta istrinya tewas. Dan PD I pun meletus.

Bom Hiroshima Terjadi Karena Salah Mengartikan
Kalau berbicara tentang sejarah, kita gak mungkin lupa dong sama peristiwa paling tragis ini. Saat itu, Sekutu menuntut Jepang untuk segera menyerah dan mengikuti Deklarasi Potsdam. Perdana Menteri Suzuki Kantaro pun mengirim surat tanggapan yang berisi kata "mokusatsu" yang berarti Ia akan memikirkan permintaan itu. Tapi si penterjemah salah mengartikannya dan bilang kalau Suzuki mengabaikan permintaan Mereka. Dan Kita semua tahu hasilnya. Akibat salah mengartikan itulah, bom nuklir di Hiroshima meledak.

Kebakaran Besar California Karena Kebodohan Pemburu
Tau gak sih kalau kebakaran terbesar dalam sejarah yang menimpa California pada Oktober 2017 lalu, akibat ulah seorang pemburu? Pemburu ini tersesat di hutan dekat San Diego. Karena tak menemukan jalan kembali, Ia pun memutuskan untuk menyalakan api sebagai tanda/sinyal. Tapi keputusannya itu malah membawa petaka dan menyebabkan kebakaran besar-besaran. Lebih dari 300.0000 hektar hutan, 2.322 rumah dan 14 orang tewas akibat kebakaran tersebut. Sungguh tragis ya!

Wabah Penyakit Karena Membunuh Kucing
Berbicara tentang wabah penyakit besar yang melanda sebagian penduduk London. Mereka percaya kalau penyebabnya adalah kucing. kenapa? karena dulu, masyarakat London mempercayai kalau kucing itu jelmaan penyihir dan berkaitan dengan sihir. Karena itu pula, Mereka akhirnya pun membunuh setiap kucing yang terlihat di kota tersebut. Tapi kenyataan itu tentu salah dan sangat fatal. Karena sebenarnya tikuslah yang menyebarkan penyakit, bukan kucing. Dan saat semua kucing sudah mati, maka wabah penyakit semangkin menyebar luas kemana-mana. Akibat insiden itu, sekitar 100.000 orang tewas dalam waktu 18 bulan.

Nah, itulah 7 Kesalahan Terburuk yang Telah Mengubah Jalannya Sejarah Dunia. Gimana nih menurut Mu? silahkan tinggalkan komentar di bawah. 
Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa lagi.  
TAG