7 Tempat Terpanas di Bumi

Di banyak tempat, musim panas yang datang biasanya disambut dengan suka cita setelah musim dingin yang menusuk. Namun di tempat-tempat ekstrim di dunia lain, musim panas bisa menjadi sangat panas dan bahkan tak tertahankan. Seperti tempat-tempat berikut ini, suhunya akan sangat panas dan akan bertambah setiap waktunya. Selamat datang di channelterbaik.com dan kali ini kita akan membahas tentang 
7 Tempat Terpanas di Bumi.

1. Dasht-e Lut, Iran 70.5 derajat C
Inilah tempat yang diketahui sebagai tempat terpanas di bumi. Gurun Lut di Iran, mencatat suhu tertinggi yakni sekitar 70.5 derajat C pada tahun 2005. Gurun pasir Dasht-e Lut memiliki ukuran panjang 480 km dengan lebar 320 km yang menempatkannya sebagai gurun pasir terluas ke-25 di dunia. Kawasan ini terlihat gelap saat dipantau dari satelit dan daerah gelap itulah yang menjadikan gurun Dash-e Lut sebagai tempat terpanas di planet bumi yang pernah ada.

2. Australia’s Badlands 69 derajat C
Australia adalah benua terkering yang berpenghuni, dan sebagian besar dari benua ini memang terdiri dari gurun yang luas. Suhunya juga bisa sangat tinggi, Pada tahun 2003, tahun di mana terjadi kekeringan hebat di Australia karena El-Nino. Tahun sebelumnya, suhunya mencapai 69 derajat C di tempat yang dinamakan Badlands of the Queensland Outback.

3. Pegungan Flaming, China 66.7 derajat C
Terlihat dari namanya pegunungan ini memang sangat panas. Pegunungan Flaming terletak di jajaran pegunungan Tian Shan di Xinjiang, China. Pencatatan dari satelit Nasa, pada tahun 2008 Flaming Mountain atau yang lebih di kenal dengan Goachang Mountain oleh penduduk sekitar, memiliki temperature 66.7 derajat C. Suhu ini bisa mematangkan sebuah telur dalam waktu stengah jam.

4. El Azizia, Libya 58 derajat C
Pada 13 September 1922, El Azizia mencatat sejarah dimana di tempat ini suhu mencapai 58 derajat C. Rekor ini bertahan selama 90 tahun sebelum akhirnya World Meteorological Organization mengumumkan bahwa angka pada tahun 1922 tersebut kurang akurat. Meski begitu, suhu rata-rata di El Azizia memang selalu panas dan berada di atas 48.8 derajat C.

5. Death Valley, Amerika 57 derajat C
Death Valley atau dikenal dengan Lembah Kematian adalah padang pasir yang terletak di Gurun Mojave, Callifornia. Padang pasir ini terkenal sebagai tempat percobaan bom atom pertama pada tahun 1945. Lembah ini adalah kawasan terkering, terpanas, dan terendah di Amerika Utara, suhunya pernah mencapai 57 derajat C. Sebagian besar wilayah di padang pasir ini merupakan Taman Nasional Death Valley. Death Valley memiliki luas sekitar 3.000 mil persegi.

6.  Rub’ al Khali, Semenanjung Arabia 56.1 derajat C
Rub’ al Khali adalah padang pasir terbesar di dunia, meliputi sepertiga wilayah semenajung Arab, kawasan yang mencakup Saudi Arabia, Oman, Yaman, dan Uni Emirat Arab. Panas dan kering. Suhu tertingginya pernah mencapai 56.1 derajat C. Rub Al Khali adalah padang pasir terbesar di dunia. Gurun ini menutupi sepertiga wilayah Semenanjung Arab, termasuk sebagian besar Arab Saudi, Oman, Uni Emirat Arab dan Yaman. Padang pasir ini memiliki luas 650 ribu kilometer persegi. 

7. Kebilli, Tunisia 55 derajat C
Oasis padang pasir di tengah Tunisia, Kebilli adalah tempat “pelarian” orang-orang dari Afrika Utara yang menghindari panas. Kebili mempunyai banyak pohon kurma yang memberi keteduhan, dan juga sumber air untuk mendinginkan. Meski begitu, tempat ini masih begitu panas, dan kadang mencapai 55 derajat C, salah satu yang terpanas di Afrika. Kota ini sesungguhnya cukup cantik untuk menjadi salah satu tujuan wisata, tetapi juga panas. Tempat ini sudah dihuni manusia sejak 200 ribu tahun lalu.

Demikianlah liputan tentang 7 Tempat Terpanas di Bumi. Bagaimana menurut anda? silahkan tinggalkan komentar di bawah. 
Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa lagi.
TAG