7 Planet Paling Menakjubkan yang Tidak Akan Anda Percayai

Ada banyak planet yang luar biasa di tata surya yang tidak kita ketahui. Baru-baru ini para astronom menemukan berbagai planet menakjubkan saat menjelajah ruang angkasa, mereka memiliki beberapa karakteristik yang aneh dan sulit dibayangkan oleh manusia yang hidup Bumi. Ada juga hal aneh lainnya di ruang angkasa. Namun untuk saat ini, kita akan fokus pada planet.
Selamat datang di channelterbaik.com dan kali ini kita akan membahas tentang 
7 Planet Paling Menakjubkan yang Tidak Akan Anda Percayai.

1. Tres-2b Planet Paling Gelap
Tres-2b adalah salah satu planet paling gelap di seluruh alam semesta ini dan terletak hampir 750 tahun cahaya dari planet Bumi. Menurut para ilmuwan, planet ini hanya mencerminkan 1% cahaya balik dan ini disebabkan oleh gas penyerap cahaya yang ada di planet ini. Ada lagi fakta aneh namun menarik tentang planet yang satu ini, Ia bersinar dalam warna merah tua menyerupai bara api yang panas. Hal ini terutama karena suhu permukaan di planet tersebut adalah 1.100 derajat celcius. Sedangkan Venus yang merupakan planet terpanas di tata surya kita hanya memiliki suhu permukaan sekitar 450 derajat celcius.

2. HD 106906 Planet Kesepian
Kenapa di sebut sebagai planet kesepian? Sebab Planet ini berjarak sekitar 300 tahun cahaya dari Bumi dan sekitar 11 kali lebih besar dari Jupiter yang telah diklasifikasikan sebagai Super Jupiter. Meskipun ukurannya besar, planet ini mengorbitkan bintangnya di kejauhan, yang 20 kali lebih banyak dari jarak antara Neptunus dan Matahari. Hal ini diketahui 60.000.000.000 mil yang membuatnya menjadi planet paling sepi di alam semesta ini.

3. Gliese 581 C Planet Panas - Dingin
Gliese 581 C memiliki dua karakteristik, dimana satu sisinya terik panas dan sisi lainnya benar-benar beku. Para ilmuwan percaya bahwa beberapa area di Gliese 581 C cocok untuk tempat tinggal manusia karena adanya sumber air yang cukup. Namun tinggal di planet ini akan sangat menyebalkan karena planet merah ini memantulakn cahaya merah dan inframerah, yang bisa mengubah tanaman menjadi hitam.

4. CoRoT-7b Planet Batu
CoRoT-7b adalah salah satu planet berbatu pertama yang ditemukan di orbit bintang lain. Menurut para astronom, planet ini dulunya adalah planet raksasa yang mirip dengan Neptunus atau Saturnus, sebelum lapisan gas dan suasananya dilepaskan karena kedekatannya dengan bintang. Hal yang paling menarik dari planet ini adalah bagian yang menghadap bintang hampir 4.000 derajat Fahrenheit, sedangkan sisi gelap CoRoT-7b tampak membeku dengan suhu 350 f. Akibatnya, terjadi hujan batu cair di planet ini.

5. Gliese 436 b-The Burning Ice Ball
Salah satu hal yang paling menarik tentang planet ini adalah ukurannya yang melebihi Neptunus, akan tetapi masih 13 kali lebih dekat dengan bintang induk dibandingkan dengan jarak antara Neptunus dan Matahari. Bintangnya berbentuk merah kecil, tapi membuat satu revolusi lengkap dalam waktu sekitar 2 hari dan 15 jam. Karena gaya gravitasi yang tinggi, planet ini menghilangkan air di permukaannya dan berada dalam bentuk es di tengah suhu permukaan yang sangat tinggi yaitu 439 derajat celcius.

6.  J1407
Planet ini ditemukan pada tahun 2012 dan terletak 400 tahun cahaya jauhnya dari Bumi. Planet ini memiliki cincin sekitar 200 kali lebih besar daripada cincin yang mengorbit di sekitar Saturnus. Cincin yang dimilikinya sangat besar. Sehingga jika Saturnus juga memiliki sistem cincin yang serupa, maka cincinnya akan menutupi keseluruhan langit di bumi dan tampak lebih besar dari bulan.

7. 55 Cancri e
Ini adalah salah satu planet yang paling mempesona, berkilau dan juga paling bersinar. karena planet tersebut terdiri dari berlian yang sangat fantastis. Ukuran planet ini sekitar 2 kali lebih besar dari ukuran bumi dan terletak 40 tahun cahaya dari tata surya. Hampir 1.3 planet ini terdiri dari berlian. Hal itulah yang menjadikannya salah satu planet yang paling menakjubkan.

Demikianlah liputan tentang 7 Planet Paling Menakjubkan yang Tidak Akan Anda Percayai. Bagaimana menurut anda? silahkan tinggalkan komentar di bawah. 
Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa lagi.
TAG