7 Objek Bersejarah yang dihancurkan oleh Orang Bodoh


Benda maupun objek bersejarah merupakan hal penting yang wajib dijaga. Benda-benda tersebut memiliki nilai historis tinggi serta tentunya memiliki nilai materil yang mahal apabila dihitung dengan uang. Namun bukannya dijaga keberadaannya, benda-benda bersejarah berikut justru dirusak oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Yang lebih menyebalkan lagi, sang perusak justru tidak bertanggung jawab dan terkesan tidak peduli.

Vas Dynasti Ming
Sebuah vas langka dari Dinasti Ming abad ke-15 senilai £ 4 juta atau sekitar Rp 75 miliar dijual dengan harga yang relatif rendah sebesar £ 550.000 atau sekitar Rp 10 miliar karena pemiliknya telah mengubah vas tersebut menjadi sebuah lampu hias. Vas berharga itu dibor dibagian atas dan bawahnya, kemudian dipasangi logam. Tindakan bodoh itu membuat tanda enam karakter dari Kaisar Xuande terlihat kabur yang padahal itu adalah bagian terpenting dari vas tersebut. Banyak arkeolog yang menyanyangkan tindakan ceroboh si pemilik vas. 

Patung Dua Hercules
Patung berusia 300 tahun yang menampilkan dua penggambaran Hercules telah lama menjadi simbol kota Cremona, Italia. Namun keindahan patung pahlawan legendaris itu harus hancur karena ulah dua wisatawan bodoh yang memutuskan untuk memanjat patung tersebut supaya mendapatkan hasil foto yang bagus. Mereka menggulingkannya dan menghancurkan mahkota marmer pada lambang yang dipegang oleh sepasang tokoh Hercules. 

Makam Cina Kuno
Pada tahun 2007, pekerja membangun cabang IKEA di Nanjing, China. Untuk melancarkan pembangunan tersebut, mereka menghancurkan 10 makam kuno yang berusia hampir 1.800 tahun. Awalnya mereka mengatakan bahwa tidak tahu tentang keberadaan makam tersebut. Namun pada tahun 2013, kontraktor kembali menghancurkan makam kekaisaran berusia 3.000 tahun yang telah ditutup dengan jelas oleh Pusat Penelitian Arkeologi Guangzhou. Para arkeolog sangat kecewa karena tindakan mereka yang dianggap tidak menghargai sejarah China.

Monet Painting
Seorang perusak dari Irlandia Andrew Shannon telah menghancurkan lukisan berharga Claude Monet berusia 140 tahun yang tergantung di Galeri Nasional Irlandia di Dublin. Lukisan senilai £7.8 miliar atau sekitar Rp 147 triliun, karya Impresionis ternama yang menggambarkan pemandangan indah di Sungai Seine ini robek di bagian sisi kanan kanvasnya. Pada tahun 2012, saat Shannon mengunjungi galeri, Ia meninju lukisan tersebut tanpa sebab. Awalnya Dia  mengatakan kepada polisi bahwa itu adalah sebuah kecelakaan karea Ia tersandung. Namun terdapat beberapa saksi mata yang melihat bahwa Ia memang sengaja melakukannya. Syukurnya, lukisan itu dapat dipulihkan selama 18 bulan perbaikan.

The Senator
The Senator adalah salah satu pohon tertua di dunia, bahkan mendahului keberadaan isa almasih hingga 3. 600 tahun. Pohon cemara ini menjulang setinggi 125 kaki di Big Tree Park, Florida. Tapi pada tahun 2012 lalu, Sara Barnes yang berusia 26 tahun, yang menyatakan bahwa dirinya adalah seorang "pecinta alam" malah membakar pohon tersebut hingga hangus. Ia merokok di area sekitar pohon dan api dari rokoknya menyambar mengenai pohon tersebut. Akibat tindakannya tersebut, Sara Barnes dikenai sangsi pidana.

Geoglyph Chili
Reli Dakar adalah perlombaan off road tahunan di mana pengemudinya menghancurkan permukaan tanah yang dilewatinya. Sebelum pindah ke Amerika Selatan pada tahun 2009, permainan tersebut berlangsung di Afrika tepatnya di gurun Atacama, di mana tempat itu adalah sebuah geoglif kuno yang merupakan karya seni yang dipahat ditanah. Beberapa di antaranya berumur lebih dari ratusan hingga ribuan tahun. Namun sepertinya hal itu tidak masalah sama sekali bagi pengendara off-road, beberapa di antaranya bahkan tidak memikirkan bahwa mereka melintasi artefak tak ternilai harganya dari era lain.

Piramid El Paraíso
Seorang pengembang properti secara ilegal membuldozer piramida setinggi 20 kaki di El Paraíso, Peru dan membuatnya rata dengan tanah. Situs ini merupakan salah satu situs arkeologi tertua dan terbesar di Peru. Sebenarnya, keberadaan situs ini mendahului munculnya Kekaisaran Inca yang terkenal. Para penduduk sempat mencegah tindakan mereka, namun tanpa berfikir panjang mereka terus saja menghancurkan situs bersejarah tersebut. Akibat hal bodoh tersebut, para pengembang akhirnya dikenai tuntutan pidana.

Bagaimana menurut anda? 
Silahkan tinggalkan komentar di bawah. 
Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa lagi.
TAG