7 Penampakan Kota-kota di Indonesia Sebelum Proklamasi Kemerdekaan

Pernahkah Kamu melihat bagaimana penampakan dan kondisi beberapa Kota di Indonesia sebelum masa perang atau era Proklamasi di tahun 1945. Nah jika belum, Kamu harus nonton video berikut ini yang memperlihatkan suasa di berbagai kota Indonesia. Dan bagaimana menurut Mu? Apakah masih sama seperti sekarang atau jauh berbeda? Selamat datang di channelterbaik.com dan kali ini kita akan membahas tentang 7 Penampakan Kota-kota di Indonesia Sebelum Proklamasi Kemerdekaan.


JAKARTA
Dapat dilihat kondisi Jakarta atau dulunya disebut Batavia terlihat sangat ramai dengan berbagai macam kendaraan yang bersliweran. Mulai dari sepeda, becak, delman, mobil hingga trem. Zaman dulu, Jakarta atau Batavia memang sangat terkenal dengan daerahnya yang dipenuhi dengan penduduk Belanda. Bahkan dulunya, didepan Istana Merdeka terkibar bendera Belanda yaitu merah-putih-biru. Di beberapa sudut kota Jakarta juga terlihat banyaknya bangunan khas Belanda. Nama-nama jalan dan areal pertokohan juga menggunakan bahasa Belanda. Beberapa anak muda yang bersekolah pun ikut berpakaian ala Belanda. Pokoknya saat ini Jakarta kental akan budaya Belanda.

BANDUNG
Jika dilihat, kondisi kota Bandung tidak seperti Jakarta yang penuh hiruk pikut. Bandung justru terlihat agak sepi dan lengang. Namun walaupun tidak seramai Jakarta, kota Bandung cukup maju dengan berbagai transportasi yang sedikit canggih seperti kereta api dan pesawat. Dapat dilihat, beginilah potret Kota Bandung sebelum proklamasi kemerdekaan di tahun 1945. 

SURABAYA
Zaman dulu, Kota Surabaya juga amat sangat ramai layaknya Ibu Kota. Jalanan kota dipenuhi penduduk yang berlewatan kesan-kemari. Pada zaman itu, seluruh bangunan di Surabaya sudah terbangun cukup megah. Gedung-gedung penting juga banyak terletak di surabaya, seperti Gedung De Javasche Bank (Bank Indonesia), Gedung Maybank dan masih banyak lagi.

BALI
Pada zaman dulu, Bali masih bebentuk pedesaan dengan para penduduknya yang rata-rata bekerja sebagai petani the dan padi. Walaupun dalam masa perang, masyarakat Bali masih tetap melakukan aktivitas kebudayaan dan tradisi suku aslinya. Bahkan hal itu juga terbukti masih terlestari dengan kental hingga saat ini. Zaman dulu, para wanita bali tidak menutup dadanya saat mengenakan pakaian. Mereka hanya akan menutupnya saat akan beribadah atau mengadakan acara besar lainnya. 

MEDAN
Kota terbesar nomor 4 di Indonesia ini dulunya juga ramai. Bangunan megah juga sudah banyak dijumpai di Kota Medan. Salah satunya yang masih ada hingga saat ini yaitu Masjid Raya Al-Mashun. Masjid terbesar di Kota Medan ini sudah berdiri sejak tahun 1906. Dan dari rekaman yang diambil dari tahun 1930 di kota Medan, Masjid ini tidak berubah sama sekali. 

SEMARANG
Sebagai salah satu kota besar di Indonesia, semarang memiliki banyak sekali peninggalan tempo dulu yang masih bisa disaksikan hingga kini. Jika dilihat dalam video, bangunan yang berasal dari era kolonial ini masih berdiri megah. Saat itu, penampakan bangunan, jalan, jembatan, taman, dan lain sebagainya, yang berada di wilayah Semarang masih tertata rapih dan bagus. Jaman dulu, Kota Semarang BAHKAN sudah memiliki jalur kereta api sendiri.

BOGOR
Penampakan yang terakhir berada di Kota Bogor. Dari dulu, suasa kota hujan ini sudah terlihat sangat asri. Jalanan di kota bogor juga masih sepi akan kendaraan, dan para penduduk masih banyak yang bepergian dengan berjalan kaki. Tempo dulu, jalur laut yang berada di Bogor sudah dipenuhi dengan kapal-kapal layar. Masyarakat juga masih mandi dan mencuci pakaiannya di sungai. Kebudayaan Jawa serta Belanda menjadi satu di kota Bogor.

Demikianlah liputan tentang 7 Penampakan Kota-kota di Indonesia Sebelum Proklamasi Kemerdekaan.Bagaimana menurut anda? silahkan tinggalkan komentar di bawah. 
Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa lagi.
TAG