7 COMEBACK ;LUAR BIASA SEPANJANG SEJARAH OLAHRAGA

Dalam sebuah pertandingan olah raga, yang namanya menang kalah itu sudah biasa. Apapun hasilnya, para atlet patut di beri apresiasi.  Tapi, lebih patut di apresiasi lagi buat para atlet berikut, yang berjuang sampe titik penghabisan, saat mereka diyakini hampir kalah tapi kemudian melakukan comeback yang luar biasa. Kayak Gimana sich? Nah, ini dia guys, 7 comeback luar biasa sepanjang sejarah olahraga.
Mikkel Marazzi
Kita awali dengan balap sepeda JBC 4X revellation yang di helat di Republik ceko tahun 2013 lalu, JBC 4x revelation merupakan sebuah kompetisi international balap sepeda off road. Dengan satu jalur pendek namun sangat terjal dan penuh track lompatan. Satu kali saja jatuh, sang pembalap sangat kecil kemungkinan untuk menang. Tetapi ini tidak berlaku untuk mikkel marazzi. Mulai dari awal balapan di mulai marazzi memimpin didepan, namun dalam satu lompatan tingginya marazzi terjatuh dan di salip pembalap lainnya. Ketika mungkin pembalap lain menyerah, marazzi justru menunjukan semangat luar biasa dengan kembali bangkit, meraih dan mengayuh kembali sepedanya untuk mengejar pembalap lain yang jaraknya sudah cukup jauh. Satu momen luar biasa terjadi di mana di beberapa tikungan akhir, dua pembalap yang berada didepan mikkel marazzi saling berebut ditikungan, marazzi tanpa di duga melakukan overtake dengan meningkung menggunakan papan reklame dan melayang melewati kedua pembalap di depannya sekaligus, kemudian memenangkan balapan secara dramatis. Cara yang tidak normal namun sangat luar biasa..

Usain Bolt
Siapa yang tidak kenal usain bolt, sang pemegang rekor dunia balap lari 100m, 200 m dan 4 x 100 m relay  asal Jamaica. Usain bolt merupakan pelari tercepat di planet bumi yang meraih 8 medali emas olympiade, yang mampu berlari dengan kecepatan 45 km/jam dalam 100meter. Saat ini rekor lari usain bolt belum terpecahkan. Salah satu momen comeback ditunjukannya saat memperkuat tim lari esfatafet jamaica.  Pada olimpiade 2008, tim jamaica mulai tertinggal oleh tim negara lain, bolt yang berada di urutan pelari ketiga menunjukan kecepatan luar biasanya. Usain Bolt menyusul dan melewati 1, 2 , 3 dan 4 pelari lainnya sebelum menyerahkan tongkat estafet kepada pelari ke 4. Tim Jamica akhirnya memenangkan lomba dan bahkan menyabet rekor dunia dengan waktu 37.10 detik.

Liverpool
Kita ke cabang sepak bola, dalam pertandingan final sebuah turnamen besar, satu gol akan memberikan pengaruh besar bagi mental para pemainnya. Seperti yang terjadi pada final UEFA champion league tahun 2004/2005 silam antara kesebelasan liverpool melawan AC milan. Pada babak pertama gawang liverpool sudah di berondong 3 gol oleh Paolo Maldini dan dua gol lainnya oleh Hernan Crespo. Saat Fans Liverpool sudah pasrah dan semua orang memprediksi AC Milan akan juara, Liverpool menunjukan perjuangan luar biasa di babak kedua dengan mencetak 3 gol balasan yang di cetak oleh Steven Gerrard, Vladimír Šmicer dan Xabi Alonso. Liverpool akhirnya memaksakan hasil imbang hingga pertandingan dilanjutkan melalui adu pinalti. Dan sejarahpun tercipta dimana Liverpool lah yang akhirnya mengangkat tropi si kuping besar.

Steven Bradbury  
Mungkin inilah salah satu comebeck dan kemenangan paling aneh. Hal ini terjadi pada kejuaraan speed skating 1000 meter pada winter olympic tahun 2002 yang dilakukan di salt lake, Amerika. Pertandingan speed skating di ikuti oleh 5 orang ice skater antara lain Appolo Anton Ohno dari amerika, Hyun Soo Ahn asal korea, Li Jia Jun Asal china, Mathiu Turcotte dan Steven Bradbury asal australia. Tidak seperti pembalap lainnya, bradbury merupakan pembalap yang memiliki rekor kecepatan paling buruk, sepanjang pertanding bradbury berada di urutan paling belakang dan tertinggal cukup jauh dari pembalap lainnya. Bradbury yang awalnya mencoba mengejar akhirnya menyerah dan berlari dengan santai dan bermalas-malasan karena tahu dia tidak dapat mengejar pambalap lainnya. Namun keberuntungan mendatanginya. Ke empat pelap di depannya saling bertubrukan dan semuanya terjatuh, praktis hanya dia sendiri yang tersisa dan memenangkan urutan pertama. Steven Bradbury-pun meraih medali emas, dan menyandang predikat sang juara tanpa usaha. Hahaha ada-ada saja ya..

Mine That Bird
Mine that bird adalah nama seekor kuda jantan yang merupakan salah satu kuda balap legendaris. Kejuaraan balap kuda berlangsung pada kentucky derby tahun 2009. Setelah hujan semalaman, jalur balap menjadi becek dan kotor, hal ini menjadi masalah buat mine that bird. Saat awal dimulai mine that bird berada diurutan belakang, bahkan komentatorpun hampir tidak melihatnya. Namun di akhir pertandingan Mine that bird seolah mengamuk dan melewati semua kuda di depannya. Mine that bird akhirnya memenangkan kejuaraan bukan hanya beberapa langkah tetapi beberapa meter di depan kuda lainnya.

Floria Guei
Kali ini kita kembali lagi ke lari estafet. Pada ke juaraan Atletik Eropa tahun 2014, perancis memenangkan 9 medali emas, 8 medali perak dan 7 medali perunggu dan meraih peringkat ke dua dalam kejuaraan tersebut. Salah satu momen paling mencengangkan adalah perlombaan lari estafet wanita 4 x 400 meter. Pertandingan terjadi pada tanggal 14 agustus 2014 di grunt stadium. Sejak awal, pertandingan di dominasi oleh Ukraina, Britania raya dan rusia mendominasi pertandingan, hingga 100 meter terakhir Floria Guei asal perancis tiba-tiba membuat publik cengang. Floria Guei menunjukan kecepatan lari yang luar biasa dan memanfaatkan kelelahan pelari negara lain dengan menyalip mereka di beberapa meter garis finish. Perancis yang awalnya berada di belakang secara mengejutkan meraih juara dan berhak membawa pulang medali emas. Momen ini membuat semua pelari dan official perancis menangis haru dan bangga atas usaha dan kegigihan Floria Guei.

Archie Moore
Archie moore merupakan seorang petinju WBA Asal amerika serikat, pertandingan tinjunya yang paling di kenal dunia adalah saat dia melawan Yvon Durelle pada tahun 1958. Moore yang saat itu sudah berusia 32 tahun harus melawan durrele yang berusia 28 tahun. Saat pertandingan masih berlangsung di ronde pertama dari 12 ronde yang direncanakan, Moore sudah harus melantai sebanyak 4 kali hasil pukulan bertubi-tubi dari durrele. Saat semua orang berfikir pertandingan telah selesai, moore selalu mampu bangkit dan tetap melawan meskipun dia berdiri dengan terhuyun-huyun. Kemudian Diluar dugaan Moore seperti mendapat kekuatan lain, dengan bertambahnya ronde moore semakin kuat dan 3 kali menjatuhkan Durelle, akhirnya moore berhasil memukul KO Durelle pada ronde ke 11. Archie moore akhirnya memenangkan pertandingan. 

Nah, Demikian 7 Comeback Luarbiasa Sepanajng sejarah Olah raga.
Jangan lupa komtar dibawahnya ya. 
Terima kasih dan sampai jumpa lagi.
TAG