7 HEWAN PERAIRAN TERBESAR YANG TERTANGKAP MANUSIA

Luasnya lautan dan dalamnya samudra membuat habitat ini di huni oleh jutaan mahluk perairan. Mulai dari yang berukuran kecil seperti plankton hingga mahluk-mahluk yang berukuran raksasa. Sebagian dari hewan-hewan tersebut dijadikan objek memancing oleh para manusia. Berikut adalah hewan-hewan perairan terbesar yang pernah terekam kamera ataupun juga tertangkap manusia. 
Cumi 
Seekor cumi-cumi raksasa ditemukan hidup di perairan Jepang yang berada di Samudera Pasifik. Cumi-cumi yang bisa mencapai ukuran 8 meter ini tertangkap kamera dalam tayangan dokumentasi ilmuwan setempat.
Tayangan dokumentasi tersebut dibuat oleh Museum Ilmu Pengetahuan Nasional Jepang bekerja sama dengan televisi Jepang, NHK dan Discovery Channel asal Amerika Serikat (AS). Hewan tak bertulang belakang yang jarang terlihat tersebut, ditemukan sedang berenang di perairan sedalam 900 meter. iga kru berhasil menemukan hewan berspesies moluska ini dengan ukuran yang lebih besar. Cumi-cumi ini ditemukan di lokasi sekitar 15 km sebelah timur pulau Chichi, yang masuk dalam wilayah Samudera Pasifik Utara. Seorang peneliti dari museum tersebut, Tsunemi Kubodera menuturkan, mereka harus terus mengikuti hewan raksasa tersebut hingga nyaris masuk ke jurang laut.

Hiu
Hiu macan atau yang biasa di sebut sebagai tiger shark adalah salah satu spesies ikan hiu terbesar di dunia. Hiu macan adalh jenis hiu pemangsa ikan-ikan berukuran besar. Hiu macan juga seekor kanibal. Tak jarang ia memakan hiu jenis lain untuk memuaskan rasa laparnya. Hiu macan yang satu ini di tangkap di bulan Agustus dengan panjang lebih dari 20 kaki. Hiu ini ditemukan secara tidak sengaja di COAST Southwales Australia. Matthew, nelayan yang berhasil menagnkap hiu, awalnya hanya bermaksud untuk menangkapo ikan seperti biasanya.  Ia sama sekali tidak tidak berniat untuk berburu hiu. Namun, ternyata ia mendapat hasil tangkapan yang tak di duga2. Hiu macannya ituj kemudian ia jual di pasar ikan di Australia.  Sungguh dramatis.

Hiu paus 
Pelabuhan Karachi, Pakistan adalah tempat dimana ditemukan seekor hiu paus. hiu Paus dengan Ukuran 12 Meter ini diyakini sebagai salah satu hiu terbesar yang pernah di tangkap. 
Dua alat angkut didatangkan untuk menarik bangkai ikan hiu yang ditaksir mempunyai berat delapan ton ini.  Hiu itu ditemukan tak sadarkan diri mengambang di laut sepuluh hari lalu, sekitar 90 mil jauhnya dari pantai.
Spesies hiu ini biasa ditemukan di perairan tropis. Makanan utama mereka adalah plankton, tanaman mikroskopis dan ikan-ikan kecil. Mulutnya bisa mencapai 5 kaki atau sekitar 2 meter dan mempunyai gigi antara 300 dan 350 baris.
Hiu paus ukuran raksasa ini lembut dan tidak menimbulkan bahaya yang serius bagi manusia - bahkan beberapa penyelam memungkinkan untuk menumpang pada sirip mereka.

Buaya
Buaya raksasa ini diyakini sebagai buaya hidup terbesar yang pernah di tangkap. Sebelumnya buaya yang diduga telah memakan nelayan ini berada dalam pencarian penduduk selama kurang lebih 3 minggu. Buaya berukuran 80 kaki ini ditangkap pada tanggal 13 september 2011 di filipina. Setelah berhasil di tangkap buaya ini memberontak dan mencoba meloloskan diri. Penduduk desa pun berlarian ketakutan. Si buaya besar yang kuat ini terlihat berusaha melepaskan diri dari ikatannya. Untungnya, si buaya akhirnya kelelahan dan para warga berhasil mengikatnya kembali.

Gurita
Warga Pulau Hatta, Kepulauan Banda, Maluku, digegerkan dengan penemuan seekor gurita raksasa di perairan pulau tersebut. Gurita yang sudah menjadi bangkai itu pertama kali ditemukan terdampar oleh masyarakat pada Jumat 11 september 2015 lalu saat mereka melaut. Hingga Sabtu siang, bangkai gurita raksasa itu masih dibiarkan ditepi pantai. Warga menduga gurita itu mati dan terdampar ke pantai karena umurnya yang sudah tua kemudian terbawa arus laut yang kuat di perairan itu. Gurita ini berukuran 8 meter dari ujung tubuh hingga ujung tentakel. Diameter dari kepala gurita ini sendiri sebesar 2 meter dan di duga merupakan spesies gurita pasifik raksasa yang bisa memiliki berat hingga 250 kg.

Ikan Paus
Patrick Dykstra, seorang fotografer petualang berhasil merekam salah satu spesies paus terbesar di dunia yaitu Paus Biru. Di temukan di perairan Sri lanka, di tahun 2009, Paus biru ini di rekam dari langit menggunakan drone dan dari juga dari bawah laut. Paus jenis ini panjangnya dapat mencapai lebih dari 33 meter dan massanya tercatat sebesar 181 ton atau lebih. Binatang ini diyakini merupakan hewan terbesar yang pernah diketahui. . Seperti paus balin lainnya, makanan pokok paus biru adalah crustacea kecil yang disebut krill.[ Menurut sebuah laporan pada tahun 2002, terdapat sekitar 5.000 hingga 12.000 paus biru di seluruh dunia.

Demikian liputan tentang hewan perairan terbesar yang pernah terekam kamera ataupun juga tertangkap manusia. Terima kasih dan sampai jumpa lagi. 
TAG