7 Pesawat Terbang Bentuk Aneh

Tentunya pesawat di desain dengan bentuk aero modeling, dengan mempertimbangkan daya angkat dan kemudahan kemudi. Namun, tahu gak guys kalo ternyata di dunia ini banyak sekali pesawat yang memiliki desain yang aneh dan unik. Hmm.. seaneh apa sih model pesawatnya? Dan Kira-kira seperti apa ya kalo di terbangkan. Penasaran khan!? Selamat datang di channelterbaik.com dan kali ini kita akan membahas tentang 6 Pesawat Terbang Bentuk Aneh. 
The VZ-9AV Avrocar
Inilah salah satu bukti kalau manusia pernah membuat pesawat piring terbang.  The VZ-9AV Avrocar merupakan prototype pesawat milik angkatan udara amerika yang dibuat oleh perusahaan pesawat AVRO kanada. Awalnya The VZ-9AV Avrocar dirancang sebagai pesawat tempur yang mampu berkecepatan sangat tinggi. Tapi sayang, proyek ini tidak sesuai ekspektasi. Jangankan berkecepatan tinggi, untuk mengangkat tubuhnya terbang rendah saja pesawat ini tak sanggup. Modal kekuatannya hanya pada baling-baling besar yang terletak ditengah pesawat. Angkatan Udara AS pun kemudian berusaha untuk memperkeci model pesawat ini. tapi karena tak kunjung siap, akhirnya pesawat aneh tersebut ditinggalkan begitu saja. Pesawat ini hanya di buat sebanyak 2 unit dimana pertama kali diproduksi tahun 1959 dan dipensiunkan pada tahun 1961.

TUPOLEV TU -144
Tupolev Tu-144 adalah pesawat supersonik buatan Uni Soviet. Yang pertama kali di kenalkan pada tahun 1977. Kira-kira apa ya guys yang membuat pesawat ini terlihat aneh?  Yap! bentuk moncongnya yang seperti patah itulah yang menjadikan pesawat ini terlihat aneh. Ets tapi jangan salah guys, walaupun aneh begitu, pesawat Tupolev Tu-144 sanggup terbang dengan kecepatan Mach 2 atau setara 2500 km/jam. Widiiihh keren banget ya. Pesawat ini sendiri dipakai oleh perusahaan aero flot, pemerintahan rusia dan NASA. Tapi sayangnya, pesawat ini memiliki banyak kelemahan, yaitu kurangnya keamanan, jarak tempuh yang tidak bisa jauh, serta lebih sulit dikendalikan. Pesawat ini akhirnya dipensiunkan pada tahun 1999.

Dornier Aerodyne
Pesawat yang kedua ini juga gak kalah aneh guys! liat saja bentuknya, tidak bersayap, tidak memiliki ujung dan hanya di topang oleh 3 roda kecil dibawahnya. Yap, Dornier aerodyne memang merupakan pesawat tanpa awak yang di desain tanpa sayap. Pesawat rancangan Jerman ini dibuat sebagai drone untuk mengintai di udara semasa perang. Jadi tanpa pilot dan dioperasikan melalui remote control saja. Tapi sayangnya, pesawat aneh ini hanya di pakai sangat singkat yaitu satu bulan saja, pesawat ini pertama kali terbang pada September 1972 dan dipensiunkan pada bulan November 1972, usut-punya usut hal ini disebabkan Angkatan Bersenjata Jerman kurang berminat pada pesawat ini.

Nemeth Parasol
pesawat aneh selanjutnya iyalah Nemeth Parasol. Bentuknya aneh dan juga unik juga loh guys. Pesawat ini tidak memiliki sayap layaknya pesawat biasanya, tetapi menggunakan sayap yang perbentuk piringan diatasnya. hehe kaya parabola ya! selain itu, pesawat ini juga dilengkapi dengan 2 roda didepan untuk pendaratan. Pesawat ini didesain dan diuji terbang di amerika pada tahun 1934 atau selama perang dunia ke II. Dan tau gak guys? kabarnya pesawat Nemeth Parasol menjadi inspirasi terciptanya sebuah satelit ruang angkasa.

Vought V-173 “Flying Pancake”
Sesuai namanya, pesawat ini memang mirip seperti kue pancake yang terbang. Bentuknya datar, dengan 2 baling-baling di depan dan 3 buah roda. Vought V-173 awalnya dibuat cuman untuk uji coba saja, jadi ya wajar kalau bentuknya aneh karena memang sekedar protoype. Tapi hebatnya, dengan bentuk yang seperti itu, memungkinkan pesawat ini bisa lepas landas dan mendarat tanpa perlu landasan yang panjang. Pesawat ini di produksi oleh perusahaan Vought pada tahun 1942 sebagai prototype pesawat tempur pada perang dunia ke II. Produksi pesawat ini sendiri di hentikan pada tahun 1947 karena kelamahannya pada pengeriman saat landing tang menyebabkan pesawat terbalik. 

The Northtrop Tacit Blue
The Northtrop Tacit Blue merupakan pesawat pengintai milik angkatan udara amerika yang dibuat pada tahun 1982. Bukan cuman aneh tapi juga tidak aerodinamis. Bentuknya hampir seperti persegi panjang. Pesawat ini didesain seperti itu untuk menghindari radar dan sensor lawan. serta digunakan untuk memantau situasi di medan perang dan memberikan informasi penargetan ke pusat komando. Keren sih idenya, tapi sayang, The Northtrop Tacit Blue hanya bisa terbang selama 250 jam saja. Setelah itu dipensiunin deh!

Lockheed Martin P-791
Nah ini dia pesawat aneh yang terakhir, Lockheed Martin P-791. Pesawat ini merupakan pesawat milik tentara Amerika yang pertama kali terbang tahun 2006. Untuk kategori pesawat modern, Lockheed Martin P-791 memiliki bentuk yang terbilang aneh dan kuno ya guys, karena pesawat ini justru lebih mirip pesawat balon udara zeppelin. Usut-punya usut pesawat ini memang jenis pesawat hybrid. Yaitu perpaduan pesawat modern dengan pesawat balon udara. Pesawat ini juga menggunkan helium sebagai tenaga penggangkatnya. Meskipun bentuknya aneh tetapi pesawat ini bisa mendarat di semuat jenis permukaan tanah dan juga di air. Waah.. keren juga ya guys.

Nah, itulah 7 Pesawat Terbang Bentuk Aneh.
Gimana nih menurut kalian? Jangan lupa tinggalkan komtar dibawah ya guys.. Terima kasih telah menonton dan sampai jumpa lagi.
TAG