7 Roda Futuristik Yang Mencengangkan

Yang namanya kendaraan bermotor untuk saat ini, pastinya masih menggunakan roda sebagai media perpindahan. Nah, tahu gak sich kalian guys, kalo di luar sana, para ahli terus melakukan pengembangan roda, yang hasilnya pasti bikin kalian kagum. Seperti apa sich? Nah Channelterbaik.com kali ini akan membahas tentang 7 roda futuristik yang akan bikin kalian tercengang.
Reconfigurable Wheel track 
Buat kalian yang hobby offroad dengan menggunakan mobil, kalian wajib punya reconfigurable wheel track. Ya, sesuai dengan namanya, roda ini mampu berubah bentuk sesuai dengan jenis medan yang akan di jelajahi. Roda ini dapat di buat dengan bentuk roda bundar biasa, maupun bentuk segitiga. Roda ini  dikembangkan oleh DARPA yang merupakan salah satu divisi pertahanan militer amerika. Roda ini dapat di gunakan di segala medan seperti jalan biasa, lumpur, karang, pasir hingga salju. Roda ini mampu berubah bentuk dari bundar menjadi segitiga hanya dalam waktu 2 detik. So, jika kendaraan kalian terperosok lumpur, kalian akan mudah mengeluarkannya dengan mengubah bentuk roda kalian. 

Nasa spring tire
Biasanya jika ban terbuat dari karet, kali ini nasa mengeluarkan penemuan ban terbarunya yang terbuat dari pegas. Teknologi ini di kembangkan karena kebutuhan roda untuk kendaraan di luar angkasa yang simple dan bisa digunakan di segala medan. Ya iya lah guys, gak mungkin juga khan para astronot menambal ban di luar angkasa hehehe.. Roda ini terbuat dari coil yang berbahan dasar Alloy Steel. Meskipun terbuat dari metal, roda ban ini juga bersifat elastis dan mampu mengikuti kontur jalan yang akan dilewati. Meskipun sekilas terlihat cukup rapuh, faktanya ban ini mampu menahan beban dan tekanan yang tinggi. Dengan ban ini kendaraan NASA akan dapat melewati pasir maupun batuan yang ada di bulan maupun mars. 

Shark Wheel
Shark wheel merupakan roda yang di desain untuk skateboard, roda ini memiliki bentuk yang berbeda dengan roda umumnya, terdiri dari beberapa lapis roda dengan bentuk segi empat, roda ini memiliki gaya friksi 30 persen lebih rendah sehingga skate board dapat melaju lebih kencang dari biasanya. Meskipun begitu, skate board dapat berhenti dengan mudah karena shark wheel memiliki banyak center point untuk kemudahan kendali sehingga jauh lebih aman digunakan dibanding roda biasa.

Revolve Wheel
Perkenalkan! Revolve wheel. Sekilas memang seperti tidak ada bedanya dengan roda ban biasa, namun kalian akan sangat kaget setelah pengunci magnetnya dilepas. Ban ini dapat di lipat dengan mudah hanya dengan satu kali tarikan. Meskipun terbuat dari karet namun kali tidak perlu memompanya karena ban ini tidak didesain untuk di pompa. Roda sepeda ini di desain untuk kalian yang suka melepas pasang bagian sepeda untuk traveling. Dari diamater roda 665 mm kalian bisa melipatnya hanya menjadi 20an cm, jadi sangat praktis untuk di bawa ke mana saja. Roda ini juga di desain menjadi 3 model yaitu, folded wheel, universal wheel dan Omni wheel yang bisa dipilih menyesuaikan kebutuhan kalian. Jika kalian tertarik kalian harus sabar dulu ya, karena saat ini Revolve wheel masih berbentuk prototype dan akan di pasarkan beberapa waktu kedepan.

Omni Crawler
Ombi crawler merupakan prototype roda yang masih dikembangakan oleh para peneliti di osakan University. Omni crawler merupakan ban yang bisa gunakan untuk bergerak kesegala arah. Dengan menggunakan prinsip dasar omni ball, roda didesan dengan menggunakan dua poros bearing sehingga roda mampu diputar kearah manapun. Prinsip kerja Omni crawler hampir sama dengan liddiard wheel akan tetapi di kembangkan dengan bertuk roda crawler sehingga nantinya dapat di gunakan di berbagai medan

Liddiard Wheel
Liddiard wheel merupakan roda yang di ciptakan oleh william Lydiard. Liddiard wheel, merupakan roda yang mampu berputar kesegala arah tanpa perlu membelokkan mobil kita. Roda ini juga sangar friendly user, karena kita tidak perlu memodifikasi mobil kita, cukup memasang velgnya dan liddiard wheel siap digunakan. Dengan liddiard wheel mobil bisa berpindah ke kiri, kanan maupun memutar mobil 360 derajat tanpa perlu menyalakan mesin mobil. Jika kita sering parkir di tempat sempit dan taku mobil kita tergores, maka Liddiard wheel adalah jawaban masalah ini.

Geoorbital Wheel
Geoorbital wheel adalah roda depan yang mampu mengubah sepeda roda dua biasa kalian menjadi sepeda elektrik hanya dalam hitungan detik. Didesain oleh para engineer dari SpaceX dan Perusahaan Ford, roda ini merupakan transformasi dari roda sepeda motor TRON. Dengan Geoorbital, sepeda kalian akan dapat berubah fungsi secara penuh menjadi sepeda listrik, sehingga kita tidak perlu capek lagi untuk mengayuh pedal sepeda kita. Mengganti roda sepeda dengan geoorbital wheel pun sangat mudah, kalian hanya perlu melepas dan memasang baut poros roda seperti biasa kemudian memasang pedal gas di sisi stang. Setelah baterai trerisi kalian tinggal memasangnya dan sepeda listrik kalian siap digunakan. Pedal gas geoorbital bekerja seperti pedal gas moto biasa, meakin kita kuat memutarnya, maka laju sepeda juag akan semakin kencang. Jika kalian suka bersepeda jauh dan merasa capek untuk mengayuh lagi, maka Geoorbital wheel bisa menjadi solusinya.
TAG