7 STRATEGI PALING UNIK DAN AMPUH DALAM SEPAK BOLA

Buat kalian para pengemar sepak bola, pastinya hal yang kalian tunggu saat menonton  sepak bola adalah skill yang ditunjukkan oleh para pemain diatas lapangan. Namun tentunya hal lain yang sangat mempengaruhi kemenangan dalam sebuah pertandingan adalah taktik dan strategi di atas lapangan. Beberapa istilah stretegy sepak bola berikut terkenal unik dan ampuh dalam dunia sepak bola, yang melahirkan sederet prestasi bagi para tim yang menggunakannya. Strategy apa sajakah itu? Yuk kita simak. Selamat datang di channelterbaik.com dan kali ini kita akan membahas  7 Strategi Unik dan Ampuh Dalam Sepak Bola.

Total Football
Total football merupakan strategi sepak bola paling unik, bahkan dalam sepak bola modern bisa dibilang paling nyeleneh.  Total football di perkenalkan oleh Rinus Michell melalui Timnas Belanda pada era 1970an yang di motori oleh Johan Cruyff sebagai play maker. Total football merupakan sepak bola dengan pertahanan dan penyerangan secara Spartan, Semua pemain akan maju menyerang bersamaan dan mundur secara bersamaan. Setiap kali seorang pemain lawan membawa bola maka 4 sampai 5 orang pemain belanda akan datang untuk merebutnya, sehingga membuat pemain lawan kebingungan. Strategi ini cukup ampuh karena membawa belanda 2 kali runner up piala dunia. Pada Piala dunia tahun 1970 Total Football Belanda Ditaklukan oleh Jogo Bonito Brazil.

Ginga
Ginga atau dalam istilah sepak bola lebih banyak dikenal sebagai Jogo Bonito atau sepak bola indah merupakan strategi khas sepakbola Brazil.  Ginga merupakan strategi menyerang yang sangat mengandalkan kolektifitas tim, dipadu skill dribbling dengan teknik mengelabuhi lawan yang menakjubkan  bak menari samba di atas lapangan. Dalam setiap generasi Brazil selalu memiliki pemain dengan teknik kelas dunia sebagai tulang punggung jogo bonito, mulai Pele, Romario, Ronaldo, Rivaldo, Ronaldinho hingga yang paling akhir Neymar Junior. Ginga sendiri telah menghasilkan 5 Tropi piala dunia yaitu tahun 1958, 1962, 1970, 1994 dan 2002.

Catenaccio
Catenaccio merupakan strategi khas yang di miliki oleh Timnas dan club sepak bola asal Italia. Catenaccio atau dalam sepak bola di kenal sebagai strategi pertahanan gerendel, pertama kali perkenalkan oleh Helenio Herrera yang berasal dari argentina, dan di adopsi oleh Pelatih timnas italia Nereo Rocco. Strategi gerendel sendiri mengusung pertahanan yang solid dan berlapis dengan formasi 433 tipe WM. Catenaccio lebih menerapkan man to man marking dengan defender yang memiliki keunggulan dalam duel satu lawan satu. Maka tak heran, jika Italia selalu melahirkan Bek-bek Hebat seperti, Franco Baresi, Paolo maldini, Fabio Cannavaro hingga Alesandro nesta. Helenio Herrera dengan Catenacio menghasilkan 3 tropi scudetto, 2 tropi liga champion dan dua tropi piala intercontinental pada tahun 1960an untuk club intermilan, sementara timnas italia sendiri berhasil meraih 4 tropi piala dunia dan 1 tropi piala eropa.

Kick and Rush
Kick and rush merupakan strategi yang banyak di anut oleh tim-tim inggris sebelum era 90an. Seperti namanya kick and rush alias tendang dan lari, kick and rush menerapkan kekuatan fisik dengan banyak mengandalkan sprint dan umpan panjang. Kick and rush juga lebih mengandalkan body contact atau beradu badan saat membawa dan merebut bola. Kick and rush sangat Berjaya pada era 1960-1970an dimana bill shankly dengan liverpoolnya menguasai liga inggris serta meraih piala champion, sementara timnas inggris berhasil meraih Tropi piala dunia pada tahun 1966.

Blind Football
Blind football alias sepak bola buta, merupakan strategi yang di bawa oleh Sir Alex Ferguson pada era 1990 hingga awal dekade 2000an yang membawanya meruntuhkan Kejayaan Liverpool dan menghilangkan budaya strategy Kick and Rush di inggris.  Blind Football sendiri hanyalah istilah dalam penerapan taktik dimana para pemainnya harus kompak dan sangat mengenal satu sama lain, sehingga seolah-olah para pemain akan tahu posisi teman satu tim walaupun dengan memejamkan mata. Blind football sendiri lebih menekankan kekuatan lapangan tengah dengan pemain sayap sebagai tumpuan serangan. Blind Football sendiri juga turut membantu lahirnya pemain kelas dunia seperti David Beckham, Ryan Giggs, Ruud van Nistelrooy hingga Cristiano Ronaldo. Blind football telah mengantarkan Sir Alex Ferguson meraih 38 Trophy untuk Manchester united yang diantaranya 13 tropi premier league, 4 piala FA dan 2 trophy liga champion.

Tiki-Taka
Tiki-taka adalah pengembangan strategi  total football yang di bawa oleh pelatih-pelatih asal belanda yang berkarir di spanyol antara lain Johan Cruyff, Louis Van Gaal hingga Frank Rijkard. Tak Heran jika saat ini tiki taka lebih identik dengan Club Barcelona. Tiki-taka sendiri merupakan strategi yang menekankan penguasaan bola dengan umpan-umpan pendek, pressing ketat dan pergerakan yang dinamis. Tiki-taka menjadi strategi yang paling di takuti pada saat di kembangkan oleh Josep Guardiola pada era 2008 hingga 2012, saat menjadi pelatih tim FC Barcelona. Tiki-taka yang dipadu skill pemain berkelas seperti Xavi Hernandes, Andreas Iniesta, Cesc Farbregas dan Lionel Messi menghasilkan 14 tropi hanya dalam kurun waktu 4 tahun.
Pada era tersebut Tiki-taka juga di adopsi oleh Timnas Spanyol yang mengantarkan mereka menjuarai Piala eropa 2008 dan 2012 serta Piala Dunia tahun 2010.

Park the Bus
Inilah salah satu strategi yang paling menjadi buah bibir dalam satu dekade terakhir. Strategi Park The Bus atau dalam bahasa Indonesia, strategi parkir bis, merupakan strategi  yang paling di benci oleh para penggemar sepak bola. Strategi ini digunakan dengan mengumpulkan hampir semua pemain di kotak penalty seolah memarkir bis didepan gawang sehingga lawan sulit untuk mencetak gol. Konsep strategy ini adalah menunggu lawan frustasi dan lengah, kemudian melakukan serangan balik cepat untuk mencetak gol. Strategy ini disebut sebagai sepak bola negatif karena permainan menjadi berat sebelah dan membosankan. Strategy ini terkenal sangat efektif untuk melawan tiki-taka serta melawan tim yang memiliki kualitas lebih baik. Strategy ini sangat sering di pakai oleh Jose Mourinho saat menukangi Chelsea dan Intermilan, berkat strategi ini mourinho berhasil mempersembahkan 13 gelar bagi kedua club tersebut termasuk 3 tropi premiere league, 2 trophy serie A dan 1 tropy liga champion.

Dan itulah tadi 7 Strategy Unik dan paling ampuh dalam sepak bola, mana nich yang paling kalian suka? Silahkan tinggalkan komentar dibawah ya. Terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa lagi.
TAG