5 festival arwah besar2an di dunia

Kalian tau nggak festival arwah yang ada di dunia selain festival haloween? Ternyata di beberapa negara, para rakyatnya juga memiliki festival arwah yang sama2 dirayakan besar2 an seperti haloween. Apa sajakah festival2 tersebut?Selamat datang di channelterbaik.com dan kali ini kita akan membahas tentang 5 festival arwah besar2an di dunia.
Festival  Obon
Obon atau disebut pula dengan Bon adalah serangkaian upacara dan tradisi di Jepang untuk merayakan kedatangan arwah leluhur yang dilakukan seputar tanggal 15 Juli menurut kalender Tempō (kalender lunisolar). Tradisi dalam merayakan Obon berbeda-beda tergantung pada daerahnya, tetapi ada beberapa tradisi yang umumnya dilakukan orang di seluruh Jepang. festival tahunan di Jepang ini biasany ditandai dengan adanya lentera atau api unggun di depan rumah sebagai kepercayaan bahwa arwah dari keluarga yang telah meninggal akan mudah menemukan jalan pulang. Rumah-rumah akan menyajikan makanan di altar dan masyarakat melakukan tarian obon bersama. Mereka juga akan membersihkan makam-makam leluhur dalam 4-5 hari.

Samhain
Samhain adalah festival Gaelic yang menandai akhir musim panen dan awal musim dingin. Secara tradisional, festival ini dirayakan mulai 31 Oktober hingga 1 November, saat hari Celtic dimulai dan berakhir saat matahari terbenam. Perayaan ini merupakan akar dari perayaan Halloween yang sering dirayakan pada 31 Oktober di wilayah Amerika Utara.Bangsa Celtic kuno merayakannya atas kepercayaan mereka bahwa pada tanggal 31 Oktober batas antara yang hidup dan mati menghilang. Para arwah dipercaya akan berkeliaran dan kehadirannya dapat merusak hasil panen. Oleh karena itu, penduduk sengaja menggunakan pakaian-pakaian seram dan mengukir sayuran untuk mengusir roh jahat.

Dia de los muertos
Ini adalah sebuah hari raya Meksiko yang diperingati di seluruh Meksiko, terutama di wilayah bagian Tengah dan Selatan. Dalam bahasa spanyol dia de muertos artinya Hari Peringatan bagi Orang-orang yang Telah Meninggal. Dirayakan pada malam hari di tanggal 1 & 2 November, masyarakat Meksiko mengunjungi makam keluarga dengan dandanan rapi dan berbagai hadiah. Mereka berfokus pada berkumpulnya keluarga dan teman untuk mendoakan dan mengenang teman dan anggota keluarga yang telah meninggal dunia. Berbagai makanan dihidangkan, musik dimainkan, maayarakat menggambar wajah mereka dengan gambar tengkorak dan rumah-rumah juga turut didekorasi dengan berbagai warna. Perayaan ini telah berlangsung sejak 3000 tahun lalu yaitu sejak masa suku Astec memimpin.

Gaijatra
Gai Jatra, adalah festival yang dirayakan di Nepal, terutama di lembah Kathmandu oleh komunitas Newar. Festival ini dilakukan untuk memperingati kematian orang-orang sepanjang tahun dan umumnya dirayakan di bulan Agustus – September. Ritual yang diadakan sepanjang delapan hari ini menbawa sapi mengelilingi jalan-jalan di kota sebagai pemandu bagi mereka yang sudah meninggal dunia. Hal ini juga bertujuan untuk menghibur keluarga yang telah ditinggalkan. Bila dalam sebuah keluarga memang tidak memiliki sapi, maka mereka akan menggantinya dengan anak laki-laki mereka yang telah didandani sedemikian rupa. Dalam festival ini para pengikutnya juga akan membagi2kan makanan ke satu sama lain.

Yu lan
Dirayakan pada hari ke-15 di bulan ketujuh berdasarkan kalendar lunar, hari "hantu lapar" ini merupakan hari untuk memuaskan arwah para leluhur dengan berbagai makanan lezat dan persembahan lainnya yang terbuat dari kertas. Salah satu tontonan menarik yang bisa kamu saksikan selama perayaan ini adalah opera cina yang diadakan di teater tertentu. Tahun ini, perayaan tersebut jatuh pada tanggal 25 Agustus lalu. Nah, itu tadi liputan 5 festival arwah besar2an di dunia. 
TAG