5 Helikopter Teraneh di Dunia

ri waktu ke waktu, manusia mencoba untuk menciptakan teknologi yang semakin canggih dan semakin mempermudah pekerjaan mereka. dan Salah satunya adalah teknologi dalam bidang penerbangan yaitu khususnya helicopter.. Dan tau gak? Dari sekian banyak model helikopter yang tercipta, beberapa diantaranya kadang membuat kita terheran-heran karena bentuknya yg unik dan aneh. Bahkan gak pernah terbayang apakah bisa terbang atau enggak helikopter2 berikut ini. Kalian juga pasti penasarankan seaneh apa sih bentuknya?
Selamat datang di channelterbaik.com dan kali ini kita akan membahas tentang
5 Helikopter Teraneh di Dunia.

V-22 Osprey
Bell Boeing V-22 Osprey merupakan sebuah pesawat terbang militer milik Korps Marinir Amerika Serikat. Pesawat ini memiliki 3 baling-baling, 2 di atas dan satu dibagian belakang. Uniknya, tak seperti helikopter pada umumnya, baling-baling dibagian atas V-22 bisa diputar menghadap keatas atau kedepan. Dan bagian sayapnya bisa disejajarkan dengan badan pesawat. Helikopter ini sendiri berkapasitas sekitar 24 orang (duduk), 32 orang (di lantai), serta mampu mengangkat beban seberat 9.070 kg. Untuk biaya pembuatannya, V-22 menghabiskan dana sebesar US$36 miliar atau sekitar Rp 516 triliun. Sedangkan harga jual satuannya adalah US$67 juta atau senilai Rp 960 miliar. Gimana? keren ya?

Kaman K-MAX
Berikutnya ada si ramping Kaman K-MAX. Helikopter ini berbentuk tipis dan memanjang, dengan 2 baling-baling panjang di atasnya. Bukan cuman bentuknya aja yg aneh, tapi posisi baling-balingnya juga terbilang tidak biasa. Kita mungkin akan bertanya-tanya, apa gak bertabrakan saat di terbangkan? dan ternyata enggak loh gengs.Hal itu justru membantu agar helikopter cepat naik! K-MAX mampu mengangkat muatan lebih dari 6.000 kilogram dan kecepatan maximumnya adalah 100 knots (185 km/h).

Sikorsky CH-54 Tarhe
Helikopter selanjutnya adalah milik Angkatan Darat Amerika Serikat, yaitu Sikorsky CH-54 Tarhe.. Helikopter ini dinamai Tarhe yang diambil dari nama seorang kepala dari suku Indian Wyandot abad ke-18. Bentuk CH-54 Tarhe hampir sama seperti helikopter pada umumnya, hanya saja yang bikin helikopter ini aneh adalah model bagian tubuhnya yang seakan-akan hilang dan hanya tersisa bagian kepala saja yang utuh. Di desain demikian karena CH-54 Tarhe memang khusus sebagai helikopter pengangkat beban. Dengan berat maksimal lepas landasnya iyalah 21.000 kg dan kecepatan maksimum : 130 kn (150 mph).

kamov ka-56
Helikopter yang berikutnya gak kalah aneh nih guys! kamov ka-56 hanya berbentuk kerangka-kerangka yang bisa di bongkar pasang. Tahun 1971 sebuah manufaktur helikopter asal rusia Kamov Design Bureau diminta untuk membuat helikopter super ringan  yang bertujuan agar bisa ditarik keluar dari tabung torpedo kapal selam. Dan jadilah helikopter ini. Seluruh bagian dari helikopter ini bisa dilepas, termasuk roda dan juga baling-balingnya. Waktu merakitnya juga sangat cepat, hanya butuh waktu 10 menit saja. Karena bentuknya yg kecil dan simpel, helikopter ini cuman bisa dinaiki satu orang doang guys. Namun sayangnya KARMOV KA-56 tidak pernah dioperasikan saat kegiatan militer karena kurangnya mesin piston rotary yang cukup.

De Lackner HZ-1 Aerocycle
Nah helikopter yang terakhir ini paling aneh dari yg teraneh!
Liat saja bentuknya, helikopter ini hanya berbentuk kerangka-kerangka dengan baling-baling di tengahnya. si pilot yang mengendarai helikopter setinggi 2,1 meter ini harus berdiri tegak saat menerbangkannya. De Lackner HZ-1 Aerocycle ini dikembangkan di pertengahan 1950 an.  niatnya sih akan dijadikan helikopter pengintai oleh Angkatan Darat Amerika Serikat saat perang. Meskipun hasil pengujian awal terlihat bahwa pesawat ini cukup memiliki mobilitas di medan perang dengan kecepatan maksimumnya yaitu 75 mph, akan teTapi pada akhirnya diputuskan bahwa pesawat ini terlalu sulit untuk operasikan dan terbilang kurang aman. Oleh karena itu maka pengerjaannya pun ditinggalkan begitu saja.

Nah, itulah 5 Helikopter Teraneh di Dunia.
TAG