7 GAJI PRESIDEN TERBANYAK DI DUNIA

Pertanyaan seputar gaji atau pendapatan  selalu menjadi hal yang dikepoin oleh semua orang ya. Tapi kali ini Kita gak akan ngomongin gaji sembarang orAng atau karyawan perusahaan biasa gengs. Melainkan kita akan membahas tentang gaji para petinggi negara, alias Presiden. Wah pasti kepo banget kan kalian? Seberapa banyak ya upah yang di terima oleh seorang pemimpin negara. Selamat datang di channelterbaik.com dan kali ini kita akan membahas tentang 7 Gaji terbanyak para Presiden Negara di dunia.
Joko Widodo - Presiden Indonesia
Walaupun bukan memiliki gaji terbesar ke 7 presiden di dunia , tapi gak afdol ya gengs kalo gak menyertakan presiden kita ini. Dan kalian juga pasti kepo berapa sih kira2 gajinya pak Jokowi perbulannya ya? Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 75 tahun 2000 tentang Gaji Pokok Pimpinan Lembaga Tertinggi Negara dan Keputusan Presiden Nomor 68 Tahun 2001, maka tunjangan untuk Presiden dan Gajinya adalah Rp 62,74 juta per bulan guys. Nah udah tau kan kalian sekarang.

Emmanuel Macron, Presiden Prancis
Di urutan ke 6 ada, emmanuel Macron yang juga merupakan presiden termuda prancis. walaupun ia adalah pemimpin negara termuda di negaranya, gajinya gak main2 nih guys. Mau tau? Per tahun nya macron menerima upah sebesar U$211.530 atau setara Rp 3 miliar. Jadi kalo hitungan perbulannya, beliau mendapatkan rp 256 jt perbulan atau Sekitar 8,4 jt perharinya. Sebelum berkarir di dunia politik, Macron sangat sukses di industri perbankan. Ia mendapatkan julukan "Mozart-nya Keuangan", dan komisinya diperkirakan lebih dari U$1 juta (Rp 13,6 miliar) per tahun. Jadi memang udah tahir ya. Kalo soal Upah minimal bulanan para pekerja umum di Prancis sih sekitar U$1.758 atau (Rp 25 jutaan) ya gengs.

Jimmy Morales, Presiden Guatemala 
Jimmy Morales adalah seorang mantan komedian dan aktor sekaligus Presiden Guatemala. Sebagai  pemimpin negara, morales adalah presiden yang menerima gaji tertinggi di Amerika Latin loh guys. Ia menerima U$231.000 atau setara rp 3,3 M per tahun. Jadi kalau di kalkulasi dalam sebulan ia mengantongi rp 281 jt atau itungan hariannya sebesar 9,2 jt perharinya. Setelah menjabat sebagai presiden, ia memenuhi janji kampanye dengan menyumbangkan 60% gajinya untuk amal. Dermawan ya pak Morales. Sedangkan, Upah minimal bulanan di Guatemala adalah sekitar U$200 atau Rp 2,9 juta) ya guys.

Justin Trudeau, Perdana Menteri Kanada 
Gaji seorang Perdana Menteri Kanada adalah U$267.415 atau setara Rp 3,8 miliar per tahun guys. Itu artinya trudeau menerima upah bulanan sebesar 326 juta rp dan hariannya sebesar 10jt rp per hari). Kalau kalian kepo dengan Upah minimal bulanan di Kanada , sebenarnya sih tergantung pada hukum tiap provinsi ya. tapi rata-rata jumlahnya adalah U$1.400 atau 20 jt rp. Hayo tertarik gak buat merantau dan cari kerja disana?

Malcolm Turnbull, Perdana Menteri Australia 
Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull memperoleh U$403.745 atau setara Rp 5,8 miliar setiap tahunnya nih guys. Berarti dalam setiap bulannya ia menerima gaji sebesar rp 490jt per bulan dan hitungan upah hariannya rp 16, 1 jt per hari). Sebelumnya presiden ini pernah menjadi seorang bankir dan pebisnis yang sukses. Namun Walaupun turnbull sebenarnya adalah seorang millioner, Ia memutuskan untuk tidak menolak gajinya seperti yang dilakukan oleh presiden amerika serikat Donald Trump.  Dan bagi kalian yang penasaran, Upah minimal bulanan di Australia adalah sekitar U$1.900 atau Rp 27,6 juta).

Doris Leuthard, Presiden Swiss 
Jabatan sebagai presiden di Swiss hanyalah formalitas. Karena presiden disana dipilih dari jajaran menteri untuk periode kepemimpinan selama setahun. 
Gaji Doris Leuthard, yang menjabat sebagai presiden untuk kedua kalinya, adalah U$437.000 atau setara Rp 6,3 miliar per tahun. Jadi perbulannya, Leuthard menerima upah sebsar rp 524 jt dan seharinya sebesar Ro 17,4 jt. Yang menarik nih gengs, Jumlah upah tersebut ternyata juga setara dengan gaji para menteri yang lain loh. Upah minimal di Swiss tidak dibatasi oleh hukum. Hanya bagian Canton of Neuchâtel yang memiliki batas minimal upah yaitu U$20 (Rp 291.000) per jam.

Lee Hsien Loong - Perdana Menteri Singapura
Lee Hsien Loong mewarisi jabatan perdana menteri dari ayahnya, Lee Kuan Yew, yang telah membuat perekonomian Singapura maju sangat pesat. Sang putra pun juga mengikuti jejak politik ayahnya. Ia memiliki gaji tertinggi di antara pemimpin dunia yakni sebesar U$2,2 juta atau setara Rp 30 miliar per tahun hal ini berarti lee hsien loong menerima upah sebesar rp 2,5 M perbulan atau 83jt perharinya. Ia sendiri menganggap gaji tersebut adalah "adil dan realistis".Sebelumnya, Lee Hsien Loong mendapatkan gaji yang jumlahnya lebih besar. Namun, akibat ketidakpuasan publik, jumlah gajinya dikurangi 36%. Meskipun begitu, tetap saja Perdana Menteri Singapura memperoleh gaji yang lebih besar daripada jumlah gaji kepala negara Kanada, Austria, Swiss, Belgia, Rusia, dan Australia jika digabungkan ya gengs. Sedangkan Upah minimal bulanan di Singapura tidak dibatasi hukum. Namun, menurut data tidak resmi, jumlahnya diperkirakan sekitar U$1.000 (Rp 14,5 juta). Nah, itu tadi liputan   7 Gaji terbanyak para Presiden Negara di dunia. 
TAG