7 Hal yang akan terjadi ketika Queen Elizabeth II meninggal


Ratu Elizabeth II telah memegang takhta kerajaan Inggris sejak tahun 1952. Sang ratu merupakan pemecah rekor pemegang tahta terlama sepanjang berdirinya kerajaan tersebut yakni selama 66 tahun. Dengan usianya yang kini telah menginjak 92 tahun, banyak publik yang bertanya-tanya tentang masa depan kerajaan Inggris ketika ratu mereka nanti wafat. Hal-hal apa sajakah yang akan terjadi nantinya ketika Queen Elizabeth II meninggalkan tahtanya?  
Selamat datang di channelterbaik.com dan kali ini kita akan membahas tentang 7 Hal  yang akan terjadi ketika Queen Elizabeth II meninggal


Operasi London Bridge is Down dijalankan

Ketika sang ratu nantinya meninggal, orang pertama yang akan mengumumkannya ke perdana menteri Inggris adalah sekretaris pribadi sang ratu, yaitu Sir Christoper Geidt. Sir Christoper akan menghubungi perdana menteri Inggris sambil mengucap kode operasi yaitu “london bridge is down” yang artinya pemimpin kerajaan telah wafat. Setelah itu,  berita tentang kematian ratu akan disampaikan dari Pusat Respons Global Kantor Luar Negeri kepada 15 negara daulat dan 54 anggota Negara-Negara Persemakmuran. Kemudian barulah berita kematian sang ratu akan di umumkan di seluruh penjuru dunia. Pengumuman berita kematian ratu akan di tandai dengan penjaga kerajaan yang berpakaian hitam memasang papan duka berwarna hitam di pintu gerbang kerajaan. Tak hanya itu tanda lainnya juga berupa website resmikeluarga kerajaan akan di dominasi warna hitam.

Pangeran Charles Naik Tahta
Ketika Queen Elizabeth II meninggal tentunya akan ia meninggalkan ruang kosong di posisinya sebagai pemimpin monarki konstitusional Britania Raya. Dan penerus tahta yang berhak untuk menggantikan Queen Elizabeth adalah putra pertamanya yaitu Pangeran Charles atau yang saat ini dijuluki sebagai the Prince of Wales. Akan tetapi, dewan aksesi perlu melakukan sidang di St James's palace, untuk secara resmi mendeklarasikan bahwa Charles adalah raja yang baru, menggantikan Ratu Elizabeth. Sehari setelah tanggal kematian queen elizabeth, pangeran charles akan di nobatkan menjadi raja inggris dan bendera-bendera akan di kibarkan. 

Hari Berduka Nasional Inggris
Pada hari kematian sang ratu, libur nasional akan di selenggarakan. Hari tersebut juga termasuk kedalam 12 hari berduka nasional inggris atau yang biasa di sebut sebagai the national mourning days. Bendera-bendera akan dikibarkan setengah tiang.  Baik anak sekolah, maupun mahasiswa akan di liburkan dari kegiatan belajarnya di sekolah dan di kampus. Para pekerja juga akan diliburkan atau dipulangkan lebih awal dari jam kerja mereka. Dan acara pertandingan olahraga nasional akan ditunda . Tak hanya itu, program Siaran di radio-radio akan merubah jadwal  acara reguler mereka menjadi lebih banyak mengupdate berita tentang kematian ratu elizabeth . BBC yang merupakan stasiun televisi  negeri utama di Inggris tidak akan menyiarkan siaran komedi di channel2 besar mereka. BBC radio hanya akan memutar musik2 yang sesuai dengan tema kematian ratu. Dan para pembawa berita maupun reporter akan mengenakan pakaian serba hitam.

Pembaringan Tubuh Ratu
Sebagai pemimpin  kerajaan, sang ratu akan diberikan pemakaman kenegaraan yang bersifat pribadi dan hanya di hadiri oleh keluarga inti kerajaan di istana Buckingham.  Gerbong senjata yang digunakan dalam prosesi militer pemakaman  akan ditarik oleh para pelaut Angkatan Laut Kerajaan. dan Pada hari tersebut, bank dan Bursa Efek London akan ditutup. Kemudian diprosesi kedua,tubuh ratu elizabeth  akan dipindahkan ke Westminster Hall, di mana ia akan disemayamkan di sana selama empat hari. Sebanyak lebih dari 200 ribu orang diprediksi akan mendatangi parlemen untuk memberikan do’a pada sang ratu.  Dan selama 4 hari tersebut pelayat dari berbagai negara dan berbagai kalangan akan silih berganti memasuki westminster hall untuk memberi penghormatan kepada sang ratu. Para pelayat diizinkan untuk memberi penghormatan selama 23 jam dalam sehari kepada ratu elizabeth II. 

Pemakaman Ratu Elizabeth
Pemakaman ratu elizabeth akan dilakukan 9 hari setelah tanggal kematiannya. Peti mati ratu akan dipindahkan dari westminster hall ke westminster Abbey  pukul 11 siang tepat. Prosesi akan di mulai dan disaksikan oleh 2000 tamu undangan penting dari seluruh dunia termasuk para petinggi dunia dan juga disiarkan di televisi. Sang Ratu kemudian akan dibawa oleh mobil jenazah ke Windsor Castle dan di saksikan oleh rakyat Inggris selama di perjalanannya menuju tempat terakhirnya. Kemudian setelah tiba di windsor castle, tubuh sang ratu akan ditempatkan di royal vault di kapel keluarga kerajaan dalam upacara pribadi dan tertutup. dan saat peti matinya turun, Pangeran Charles akan menjatuhkan tanah merah dari mangkuk perak ke peti mati sang ratu. dan selesailah prosesi pemakamannya.

Logo Perangko, Mata Uang  Inggris, dan lagu kebangsaan akan berubah
Gambar pada mata uang Inggris akan mengikuti siapa pemimpin konstitusional monarki di kerajaan mereka. Jadi Ketika Pangeran Charles menjadi raja menggantikan ratu elizabeth, pecahan uang kertas dan uang logam di Inggris juga akan berubah. Mata uang yang sebelumnya bergambar ratu Elizabeth, akan ditarik dari peredaran dan diubah dengan uang baru bergambar Pangeran Charles. Hal ini mungkin akan butuh waktu yang sedikit lama sebelum semua rakyat Inggris hanya menggunakan uang terbaru mereka. Begitu juga dengan perangko. Perangko yang selama ini bergambarkan sang ratu juga akan di ganti dengan wajah pangeran charles. Tak berbeda halnya dengan lagu kebangsaan inggris atau British National Anthem. Kalimat “God save the Queen” dalam lagu kebangsaan kerajaan, beserta seluruh kata ganti atau “pro noun” dalam lagu tersebut akan berubah disesuaikan dengan nama dan gender pemegang tahta penerus kerajaan yaitu pangeran charles. Jadi Kalimat dalam lagu akan di rubah menjadi God save the King.

Seluruh Posisi Pewaris Tahta akan berubah
Ketika Pangeran Charles menjadi raja maka seluruh titel keluarga inti atau pewaris tahta kerajaan akan berubah ke 1 posisi yang lebih tinggi. Istri Charles, yaitu Camila Rosemary atau yang kini disebut sebagai Duchess Of Cornwall kemungkinan statusnya juga akan diangkat  menjadi ratu. Sedangkan, putra pertama pangeran charles, yaitu Pangeran William akan menggantikan posisinya ayahnya sebagai Prince of Wales. dan Kate Middleton akan meninggalkan gelarnya dari duchess of cambridge menjadi Princess of Wales, yaitu gelar yang sama yg dimiliki oleh mendiang Lady Diana. Sedangkan untuk penerus tahta, Pangeran William berada di posisi utama yang akan meneruskan tahta kerajaan jika ayahnya pangeran charles meninggal. Di posisi kedua tentunya dimiliki oleh putra pertama pangeran William yaitu Prince George of Cambridge. 

Nah, itulah 7 Hal  yang akan terjadi ketika Queen Elizabeth II meninggal
TAG