7 Robot Menakjubkan Di Dunia

Kehadiran robot yang dapat membantu kehidupan manusia membuat para ahli teknologi terus saja mengembangkan berbagai macam jenis robot. Seperti yang ada di film-film yang menyuguhkan kisah dimana robot dapat bergerak dan berpikir seperti manusia. Sempatkah terselip di pikiran Anda, jika robot dapat hidup? jika Anda berfikir itu tidak mungkin. Sepertinya Anda harus melihat beberapa robot berikut ini. Selamat datang di channel terbaik.com dan kali ini kita akan membahas tentang 7 Robot Menakjubkan.
1. JIBO
Jibo disebut-sebut sebagai robot sosial pertama di dunia. Setelah lebih dari tiga tahun melakukan kampanye di Indiegogo, robot ini akhirnya akan dilepas ke pasaran dengan harga sebesar US$ 899 atau sekitar Rp 12 juta rupiah. Robot Jibo memiliki kemampuan untuk mengenali wajah dan suara penggunanya. Robot ini dibekali dengan beragam kemampuan, seperti menceritakan lelucon, mendongeng, termasuk mengingat hal yang disukai dan tidak disukai oleh penggunannya. Berbekal kemampuan tersebut, Jibo disebut sebagai robot yang dapat menjadi teman, tak hanya sekadar asisten. Jibo sendiri dikembangkan oleh Director dari Personal Robots Group di MIT Media Laboratory Cynthia Breazel.

2. Robelf
Robelf adalah robot rumahan yang bisa di bawa kemana-mana. Dengan lensa kamera yang dapat dilepas dan sistem pemantauan yang dapat bergerak. Robot ini juga memiliki kemampuan mengajar untuk anak-anak. Dengan sistem penentuan posisi iBeacon milik Robelf, Anda dapat mengatur waktu patroli untuk Robelf secara otomatis menelusuri rumah Anda. Terkadang pemilik rumah seringkali merasa ketakutan saat meninggalkan rumah mereka sendiri, namun dengan Robelf kekhawatiran Anda akan hilang, Karena rumah Anda akan dipantu selama 24 jam oleh robot ini.

3. Moorebot
Moorebot adalah robot interaktif suara yang dapat disesuaikan sepenuhnya. Robot ini biasanya diletakkan di pertokoan atau di kantor. Selain menjadi robot penjaga berfitur lengkap, Moorebot dapat menghibur dengan sendirinya dan memberikan kenyamanan serta kesenangan bagi pemiliknya. Desainnya yang sederhana bisa muat hampir di mana saja. Dengan platform terbuka, perilaku robot bisa disesuaikan mengikuti gerakan si pemilik.

4. Pillo
Baru-baru ini Tim Developer Pillo Health New York menciptakan robot kecil bernama Pillo yang dibekali dengan kecerdasan yang canggih dan dapat menjaga kesehatan. Untuk mengaktifkan pemberitahuan tentang kesehatan, robot mungil ini juga dapat dihubungkan dengan gadget. Tidak seperti manusia yang harus berpiki dulu untuk menjawabnya, Pillo dibekali fitur yang memungkinkan untuk segera mencari jawaban di internet ketika ada pertanyaan yang ditujukan padanya. Jawaban yang diberikan pun berbobot, ia akan menggunakan informasi dari sumber terpercaya yang tentunya juga up to date. Meskipun hanya robot, tetapi ia dapat mengenali setiap wajah dan suara keluarga di rumah dengan menggunakan teknologi pengenalan wajah. Robot Pillo dilengkapi dengan fitur profesional medis, jadi anda tidak perlu khawatir tentang obat yang kelebihan atau overdosis. Robot Pillo Didistribusikan mulai Juli 2017 lalu. Robot Pillo dijual dengan harga 599 USD atau setara dengan 7,8 juta.

5. NAO 
NAO adalah robot humanoid pendamping interaktif. Tinggi robot ini sekitar 58 cm juga terdapat berbagai sensor di kepala, tangan dan kakinya. Nao memiliki 4 mikrofon dan pengeras suara, NAO berinteraksi dengan manusia dengan cara yang benar-benar alami, robot ini mendengarkan dan berbicara. NAO juga dilengkapi dengan dua kamera yang dapat memfilmkan lingkungannya dalam resolusi tinggi, membantunya mengenali bentuk dan objek.  

6.  Tapia
Tapia adalah perangkat robot yang melayani tugas menjadi teman dan asisten kita. Perangkat ini dapat membantu Anda mengatur jadwal, menginformasikan tentang berita dan cuaca dan bahkan menyediakan akses handsfree ke media Anda. Terlepas dari basicnya yang canggih, anda dapat mengatur kalender, alarm, produk pesanan online, dan bahkan membuat panggilan telepon. Tapia juga pintar melucu, di mana ia akan memberikan percakapan santai dan bereaksi terhadap isi percakapan melalui ekspresi dan tanggapan yang bervariasi. Robot ini juga memiliki kamera tersembunyi untuk video call dan mengambil foto saat diinginkan. Robot ini mampu berbasahaa Jepang, Inggris, Mandarin, dan Korea. Tapia dibanderol dengan harga 1.511 dollar Amerika atau sekitar 20 juta.

7. Pepper
Robot humanoid ini buatan SoftBank Jepang yang di beri nama Pepper. Menurut promosi, robot yang dibuat di prabrik Foxcon ini punya kemampuan untuk mengingat wajah serta diprogram untuk peka terhadap perasaan manusia. Bahkan robot Pepper diklaim memiliki lebih dari 20 motorik penggerak serta lengan-lengan canggih sehingga bisa membantu para lansia serta keluarga dalam urusan rumah tangga. Rencananya akan dijual di Jepang sebanyak 1.000 robot setiap bulannya dengan harga per robotnya kira-kira Rp 21,4 juta. Demikianlah liputan tentang 7 Robot menakjubkan.

TAG