5 Aksi Solidaritas Hebat Pemersatu Umat Beragama Di Dunia

Seiring dengan munculnya para extrimis radikal yang bersembunyi di balik agama mereka masing2, banyak kejadian mengerikan yang terjadi di dunia ini. Dengan berbagai latar belakang dan motif, para ekstrimis ini menyebar kebencian, melakukan tidak kekerasan, dan bahkan bisa menyebabkan adu domba antar umat beragama. Namun solidaritas seluruh umat dan penduduk dunia ternyata masih kuat dan bahkan menunjukkan kepedulian besar antar umat agama yg berbeda2. Seperti apa kisahnya? berikut adalah 5 aksi solidaritas hebat pemersatu  umat beragama di dunia
Marawi
Tahun 2017 silam, Kelompok militan Maute pro ISIS menyerang Kota Marawi, Mindanao, Filipina dan sempat menyandera serta membunuh beberapa warga sipil. Sejak konflik meletup, mereka sudah menyelamatkan ratusan warga pemeluk Kristen dari kepungan militan. warga muslim di Marawi bahu-membahu membantu menyelamatkan atau mengungsikan tetangga mereka yang memeluk Kristen ke daerah lebih aman. Bahkan kabarnya, seorang jaksa muslim berhasil meloloskan 42 warga Kristen yang terjebak di sebuah sekolah yang dibakar pihak militan.

New zealand
Insiden penyerangan masjid di Kota Christchurch, Selandia Baru yang terjadi pada 15 Maret 2019 lalu menyisakan duka mendalam bagi semua umat muslim. seorang ekstremis melakukan penembakan terhadap para jemaat yang tengah beribadah salat jumat dan disiarkan secara live. Akibatnya 50 orang dinyatakan tewas dalam kejadian tersebut. tepat sepekan pasca-kejadian nahas, kaum perempuan di Selandia Baru beramai-ramai memakai jilbab sebagai simbol dukungan. Tak hanya itu, warga Selandia Baru dari berbagai latar belakang agama segera berinisiatif untuk memberikan makanan halal kepada komunitas Muslim. Warga juga sempat menggalang donasi berbentuk uang yang mencapai US$ 2,2 juta (sekira Rp 31,39 triliun) dalam waktu 24 jam pasca-insiden. Dan yang mengagetkan,  warga juga menunjukkan aksi solidaritas dengan beramai-ramai menjaga umat Muslim yang salat di depan salah satu masjid lokasi teror. Sungguh mulia ya.

Bom Surabaya
Pengeboman Surabaya 2018 adalah rangkaian peristiwa meledaknya bom di berbagai tempat di Surabaya dan Sidoarjo, Jawa Timur pada 13–14 Mei 2018. Tiga tempat di antaranya tempat ibadah di Gereja Santa Maria Tak Bercela, GKI Diponegoro, dan Gereja Pantekosta Pusat Surabaya Jemaat Sawahan. Akibat kejadian ini ribuan massa dari sekitae 30 LSM lintas agama dan golongan se surabay berkumpul di Monumen Tugu Pahlawan. Mereka melakukan aksi solidaritas, Bertajuk "Seribu Lilin untuk Surabaya". Mereka mengungkapkan duka mendalam dengan mengenakan pita hitam di lengan serta menyalakan lilin. Kerumunan massa memadati hampir setengah badan jalan sepanjang lebih dari 200 meter. Tak hanya itu Selain ormas agama dan LSM, lebih dari seribu Bonek Mania yang turut serta dalam aksi ini. Mereka berkumpul dan menyerukan suara mereka lewat lagu serta spanduk tulisan.

Palestina
Solidaritas masyarakat dunia untuk Palestina berwujud aksi damai berlangsung di berbagai negara. Di indonesia, Para peserta membawa bendera merah putih dan bendera Palestina, serta spanduk berisi keprihatinan terhadap langkah terkini Trump. Aksi juga diisi oleh orasi dari berbagai pihak, pembacaan sikap serta doa bersama. Di Chicago illinois AS ratusan peserta aksi berkumpul di Federal Plaza Chicago. Mereka melambaikan bendera Palestina dan meneriakkan "Free Palestine". Masih banyak lagi negara yang juga melakukan aksi solidaritas untuk Palestina sperti, India, Malaysia, Ceko, Lebanon, Afrika Selatan dll.

Rohingya
Ratusan pengunjuk rasa dari berbagai elemen masyarakat dan tokoh agama, seperti Islam, Kristen, Hindu, Buddha, Protestan dan Konghucu menggelar aksi solidaritas Rohingya di Batam, Kepulauan Riau 2017 silam. Dalam aksinya, mereka meminta pemerintah Myanmar untuk segera menghentikan kekerasan terhadap etnis Rohingya. Etnis Rohingya yang mendiami wilayah Rakhine di Myanmar diburu dan diusir oleh umat Buddha Myanmar karena berbagai alasan. Alasan2 tsb meliputi, asal usul Rohingya yang dikatakan bukan penduduk asli myanmar, masalah persaingan ekonomi, dan juga hasutan oleh seorang oknum Biksu Budha disana terhadap peran buruk dari keberadaan umat beragama muslim rohingya di myanmar. Nah itu tadi liputan tentang 5 aksi solidaritas hebat pemersatu  umat beragama di dunia. 
TAG