TERNYATA BETULAN ADA! 6 Kota Bawah Tanah Menakjubkan Di Dunia

Pernah liat penampakan kota bawah tanah seperti di film2 hollywood? Nah, tahukah kalian bahwa ternyata terdapat beberapa underground city yang memang nyata di dunia dan pernah di huni oleh ribuan orang loh. Dijamin interiornya super epic deh. kali ini kita akan membahas tentang 6 kota bawah tanah menakjubkan di dunia.
Coober pady
Kota bawah tanah berikut ini terletak di bagian utara Australia dan dibangun untk melindungi penduduknya dari panas yang ekstrem pada musim panas. Tak tanggung-tanggung, panas matahari pada masa itu mencapai 40 derajat Celcius. Mau tau isinya? Selain kamar tidur, toko buku, gereja, dan bahkan bar lengkap di dalam kota bawah tanah ini.

Beijing Underground
Beijing underground adalah tempat perlindungan bom era Perang Dingin yang terdiri dari jaringan terowongan yang terletak di bawah Beijing, Cina. Kota ini dibangun untuk tujuan pertahanan militer dari tahun 1969 hingga 1979.  Beijing underground dimaksudkan untuk mengantisipasi perang nuklir dengan Uni Soviet, ketika hubungan Tiongkok-Soviet memburuk. secara resmi tempat ini dibuka untuk umum pada tahun 2000. Pengunjung diizinkan untuk mengunjungi bagian kompleks, yang telah digambarkan sebagai "gelap, lembab, dan benar-benar menakutkan". 

Karis-e-Kish / Kish Qanat
Kota bawah tanah yang berlokasi di Iran ini sebenarnya adalah saluran air bawah tanah kuno yang dibangun sekitar 1.000 tahun yang lalu untuk distribusi barang dan air ke berbagai bagian pulau. Didalamnya, ada Kanal-kanal kuno yang diperluas, dan sebuah kota bawah tanah, dengan museum, galeri seni, kerajinan tangan, toko teh / kopi tradisional dan modern bermunculan di zaman modern untuk dinikmati wisatawan saat ini. Karena status zona perdagangan bebasnya, Pulau Kish disebut-sebut sebagai surga konsumen, dengan banyak mal, pusat perbelanjaan, tempat wisata, dan hotel resort. Diperkirakan populasi 26.000 penduduk dan sekitar satu juta orang mengunjungi pulau itu setiap tahun.

Burlington Bunker
Inggris ternyata memiliki bunker rahasia berukuran raksasa yang sedianya jadi tempat berlindung pemerintah dan keluarga kerajaan dari serangan bom nuklir saat Perang Dingin pecah di masa silam. Bunker yang dijuluki “kota bawah tanah” ini berada di Corsham, Wiltshire. Kondisi bunker yang berjarak 100 kaki di bawah permukaan tanah ini kini terbengkalai. Bangunan rahasia tersebut bisa menampung 4.000 orang jika perang nuklir benar-benar terjadi.

Tambang Garam Wieliczka 
Tambang Garam Wieliczka yang juga merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO telah berhenti beroperasi pada tahun 2007 setelah lebih dari 700 tahun melakukan aktivitas produksinya. Kini situs ini menjadi objek wisata yang dikunjungi lebih dari satu juta wisatawan dari seluruh dunia setiap tahunnya. Bekas tambang garam ini berada di Cracow, Polandia. Selama berabad-abad, tambang berubah dari serangkaian gua yang gelap menjadi sesuatu yang indah, dengan ukiran, kapel, patung-patung dan monumen semua diukir dari garam. Ada sekitar 300 km terowongan yang terbagi menjadi sembilan tingkat dan hanya tiga tingkat saja yang dibuka untuk wisatawan. Tur akan memakan waktu selam 2 jam untuk menyusuri setiap lorong tambang.

Derinkuyu
Inilah Derinkuyu, pemukiman bawah tanah dengan sistem perencanaan maju. Hingga saat ini, Derinkuyu merupakan kota bawah tanah terbesar yang sudah ditemukan dan diteliti. Di antara sekian banyak kota bawah tanah yang ditemukan di Kapadokia - Turki, Derinkuyu merupakan salah satu yang paling besar dari yang sudah ditemukan. Kota tersebut dapat menampung hingga sekitar 20.000 orang beserta hewan ternak dan bahan makanan mereka. Derinkuyu dirancang dengan sistem tata kota yang terencana. Setiap ceruk di dalam gua bawah tanah memiliki fungsi masing-masing, misalnya galeri, ruang tinggal, sekolah, ruang pertemuan, tempat ibadah, penjara, gudang senjata, sumur, serta kamar mandi. nah itu tadi liputan tentang 6 kota bawah tanah menakjubkan di dunia.
TAG