6 Bendungan Raksasa di Dunia

Bendungan adalah sebuah bangunan besar yang dibuat oleh manusia dengan cara menahan air sungai yang mengalir sehingga membentuk suatu tampungan air untuk menangani bencana alam seperti banjir bandang. Selain itu bendungan juga dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik, kebutuhan air minum masyarakat, dan irigasi pertanian. Kalau kalian liat bendungan di Indonesia udah besar,jangan kaget ngeliat bendungan2 berikut ini ya , karena ukurannya raksasa guys! kali ini kita akan membahas tentang 6 bendungan raksasa di dunia.
Bendungan srisailam, india
Terletak di Sungai Krishna, Bendungan Srisailam dibangun diatas Bukit Nallamala dalam ngarai yang berada sekitar 300 meter di atas permukaan laut guys. Bendungan ini merupakan salah satu dari 12 bendungan penghasil listrik tenaga air terbesar di negara itu ya gengs tetapi khusus dibangun dalam rangka memberikan irigasi untuk distrik Kurnool dan Cuddapah – keduanya 

Bendungan Ataturk, Turki
Selesai dibangun pada tahun 1990, Bendungan Ataturk di Turki adalah bendungan batu yang ditemukan di Sungai Efrat guys. Awalnya bernama Bendungan Karababa, kemudian berganti nama dalam rangka untuk menghormati pendiri Republik Turki, Mustafa Kemal Ataturk. Tinggi bendungan adalah 169 m (554 ft) dengan panjang 1820 m (5970 ft). Bendungan ini berfungsi untuk mengairi daerah dataran serta sebagai pembangkit listrik.

bendungan mangla, pakistan
Bendungan terbesar kedua belas di dunia ini dibangun pada tahun 1967 dan didanai sebagian oleh Bank Dunia guys. Bendungan Mangla terwujud berkat penandatanganan Indus Water Treaty tahun 1960 tentang hak atas air yang ada di sungai Ravi, Beas, dan Sutlej diberikan kepada Pakistan. Sebelum bendungan dibangun sistem irigasi Pakistan bergantung sepenuhnya pada aliran Sungai Indus – yang sebagian besar benar-benar tidak diatur.

Bendungan Robert Bourassa, kanada
Bangunan yang yang membendung Sungai La Grande ini berada di Quebec, Kanada, Amerika Utara. Bendungan yang memiliki panjang dan 2.835 meter dan tinggi 162 meter ini mampu menciptakan tampungan air seluas 2.815 kilometer persegi dengan volume tampungan sebesar 61,7 miliar meter kubik. Bendungan Robert Bourassa dimanfaatkan sebagai pengendali banjir, pembangkit listrik tenaga air, dan irigasi pertanian.

bendungan tucurui, brasil
Bendungan Tucuruí adalah bendungan gravitasi beton di Sungai Tocantins yang terletak di Kabupaten Tucuruí di Negara Bagian Pará, Brasil guys. Tujuan utama bendungan adalah produksi dan navigasi pembangkit listrik tenaga air. Bendungan Ini adalah proyek pembangkit listrik tenaga air skala besar pertama di hutan hujan Amazon Brasil.

Bendungan Three Gorges, china
Bendungan Three Gorges ini disebut juga dengan bendungan Tiga Ngarai guys. Bendungan Three Gorges di China mutlak merupakan bendungan terbesar di dunia. Pembangunan bendungan ini memiliki dampak besar pada kehidupan di Sandouping, sehingga tidak hanya menyebabkan relokasi puluhan desa tetapi juga relokasi monumen-monumen dan pemandangan guys. Panjang bendungan ini mencapai 2,3 kilometer dan menyeberangi Sungai Yangtze, di China.  nah itu tadi liputan tentang 6 bendungan raksasa di dunia. 
TAG